Pemkot Sukabumi Beri Tips Cegah Kenakalan Remaja, Termasuk Pola Asuh saat Ramadan

Rabu 12 April 2023, 12:26 WIB
(Foto Ilustrasi) Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan DP2KBP3A mengajak para orang tua memperhatikan pola asuh untuk menghindarkan anak terlibat berbagai kasus kenakalan. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan DP2KBP3A mengajak para orang tua memperhatikan pola asuh untuk menghindarkan anak terlibat berbagai kasus kenakalan. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengajak para orang tua memperhatikan pola asuh untuk menghindarkan anak terlibat berbagai kasus kenakalan. Ini disampaikannya dalam Safari Ramadan di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Selasa, 11 April 2023.

Mengutip website resmi Pemerintah Kota Sukabumi, Fahmi menambahkan bulan Ramadan merupakan momen yang tepat untuk kembali menguatkan jalinan keluarga dan pola asuh melalui implementasi ibadah Ramadan. Pasalnya, kata dia, sejatinya tugas mendidik anak merupakan tanggung jawab orang tua.

Senada dengan Fahmi, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada DP2KBP3A Kota Sukabumi Yani Fitriyani mengatakan pola asuh anak yang terpenting adalah dari orang tua. Sebab, sambung Yani, tanpa bimbingan dan dukungan orang tua, remaja rentan terjerumus dalam pergaulan yang buruk, meski di sekolah mereka sudah diajarkan hal-hal yang baik.

"Tetapi peran penting tetap ada pada orang tua. Menurut saya dan referensi lainnya, ada beberapa cara untuk mencegah kenakalan remaja yang bisa dilakukan orang tua," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Cegah Stunting, DP2KBP3A Kota Sukabumi Gelar Semarak Ramadhan Kampung Berkualitas

Adapun beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tanamkan nilai-nilai baik sejak dini, ajarkan anak-anak sopan santun, saling menolong, menghargai, dan tidak melakukan kekerasan atau merugikan orang lain.

2. Beri tahu konsekuensinya ketika anak remaja melakukan kenakalan. Jangan membentak atau memberi hukuman fisik, tetapi beri tahu konsekuensi dari tindakannya untuk dirinya sendiri dan orang lain.

3. Jaga komunikasi tetap terbuka. Usahakan orang tua memiliki waktu berkualitas bersama, entah makan bersama, nonton, atau lainnya.

4. Dorong anak untuk mengikuti kegiatan positif misalkan olahraga, aktivitas keagamaan, dan kegiatan lainnya.

5. Bersikap tegas. Berikan hukuman yang sewajarnya sambil memberi tahu harapan orang tua agar anak dapat memperbaiki perilakunya.

Sementara tips pola asuk anak saat Ramadan menurut Yani adalah sebagai berikut:

1. Biasakan buka puasa bersama keluarga.

2. Salat tarawih bersama. Jika anak laki-laki bersama ke masjid dengan ayah. Perempuan ajak tarawih bersama ibu di rumah.

3. Biasanya di sekolah ada kegiatan pesantren kilat atau kegiatan keagamaan lain. Dorong agar anak bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

4. Ajarkan berbagi. Apabila orang tuanya memiliki perekonomian lebih, ajak anak untuk membuat takjil atu makanan untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Itulah sejumlah cara dan tips mencegah kenakalan remaja menurut Yani Fitriyani dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)