Menengok Kesiagaan Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Jelang Idul Fitri

Kamis 06 April 2023, 08:30 WIB
Kantor Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak | Foto : Ibnu Sanubari

Kantor Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi cabang Parakansalak, memastikan pelayanan menjelang lebaran aman dan lancar. Demi memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan.

Pasalnya, menjelang hari raya idul fitri atau lebaran, biasanya terjadi peningkatan. Banyak warga yang mudik ke kampung halaman. "Pelayanan sampai saat ini masih relatif aman. Kami juga terus mengantisipasi menjelang Idul Fitri dan setelah hari raya," ujar Kepala Urusan Administrasi dan Keuangan, Wisnu Adinegara.
 
Wisnu mengatakan, akan mempersiapkan tenaga teknis untuk standby di lapangan. Guna memastikan, pelayanan tak terkendala, lantaran pada saat mudik lebaran, tekanan air bisa meningkat.

"Potensi kerusakan pasti ada. Dan harus dipersiapkan, karena pada saat rumah kosong, banyak keran yang tidak dibuka, sehingga tekanan air kencang. Itu bisa terjadi pecah pipa," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, pada Rabu

Ia menuturkan, distribusi air yang berasal dari dua sumber, meliputi Tonjong (dengan pengolahan) yang mengaliri Kampung Pajagan, Desa Parakansalak sampai Desa bojong longok, dengan kapasitas Water Treatment Plant (WTP) 23 liter/detik tetap kondusif.

"Sementara, distribusi Cibuntu (mata air) yang mengaliri Cipanengah, Desa Bojongenteng sampai dengan Desa Sundawenang, Parungkuda, dengan kapasitas WTP 34 liter/detik juga diharapkan tanpa masalah," terangnya.

Menurut Wisnu, ketika terjadi kebocoran dapat menghambat pelayanan mengganggu kenyamanan para konsumen. Makanya, aspek kehati-hatian dan kesiapsiagaan dilakukan oleh pihaknya "Intinya, kami managemen sudah mengantisipasi. Agar pelayanan tetap maksimal," ucapnya.
 
Wisnu, menjamin semua pelanggan, dapat terlayani dengan baik. Berbagai skema pelayanan pun sudah dilakukan. Terutama, untuk memenuhi kebutuhan konsumen

"Kami juga berharap, konsumen bisa bersinergi, misalnya ketika mudik lebaran, konsumen bisa menutup keran di water meter, guna mencegah potensi kebocoran," kata Ia.
 
Lebih lanjut, di Perumda TJM Sukabumi Parakansalak sudah menyiapkan 57 liter per detik dari Water Treatment Plant (WTP), meliputi dua sumber air. "Kami meyakini, dengan volume air yang kami siapkan, akan memenuhi kebutuhan, sehingga masih aman," kata Ia.

Selain itu, demi kepuasan pelanggan dan menghindari terjadinya kebocoran, managemen sudah menginstruksikan agar tim terus melakukan monitoring jaringan.

"Kebetulan, untuk monitoring itu sudah menjadi rutinitas kami. Terlebih menjelang Idul Fitri. Pasti kami lakukan ekstra. Kita akan tetap standby," jelasnya.
 
Wisnu menyebutkan jika daerah kesulitan air berangsur cukup lama, pihaknya menyediakan mobil tangki, sesuai dengan kebutuhan. "Namun hal itu diupayakan tidak terjadi, biasanya kalau ada bencana, baru perbaikan berangsur lama," terangnya.

"Intinya kalau sekarang, kita tetap siaga, karena banyak pemudik pulang kampung. Hal itu menjadi perhatian kami. Pelayanan pasti kita maksimalkan. Kita siapkan di saat Lebaran tetap aman," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Life29 April 2024, 19:53 WIB

7 Cara Membuat Anak yang Keras Kepala Jadi Patuh kepada Orang Tuanya

Anak yang keras kepala terkadang tidak patuh saat diperintah, dinasihati atau dimintai tolong orang tuanya. Maka penting mengubahnya menjadi patuh.
Ilustrasi. Cara membuat anak keras kepala menjadi patuh kepada orang tua. | Sumber foto : Pexels/ Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 19:28 WIB

Sodikin Optimis Timnas Indonesia Menang Lawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Terkait prediksi skor, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Sodikin sebut yang paling penting adalah timnas Indonesia bisa meraih kemenangan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Sodikin (Sumber : akun fb PKS Kabupaten Sukabumi)
Keuangan29 April 2024, 19:00 WIB

7 Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Hati-hati, Jangan Tiru Gaya Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi. Orang Miskin Banyak Gaya (Sumber : Pexels/LizaSummer)
Keuangan29 April 2024, 18:54 WIB

Awal Triwulan II 2024, Realisasi Belanja di KPPN Sukabumi Capai Rp6,4 Triliun

Realisasi belanja negara yang disalurkan melalui KPPN Sukabumi berhasil mencapai Rp6,4 triliun di awal Triwulan II 2024.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Life29 April 2024, 18:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Mental Semakin Kuat dan Matang, Yuk Terapkan!

Menerapkan kebiasaan tertentu akan membantu diri memiliki mental yang kuat dan tidak mudah rapuh dalam menjalani kehidupan yang keras.
Ilustrasi. Memiliki kebiasaan yang membuat mental kuat. Sumber foto : Pexels/ Nothing Ahead
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
Hasil pertemuan di teras muara Palabuhanratu, PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)