Lonceng Gereja Sidang Kristus Sukabumi: Buatan Belanda, Sepabrikan Notre Dame de Paris

Jumat 24 Februari 2023, 16:08 WIB
Lonceng di Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Andreas Tedjo/Pendeta Gereja Sidang Kristus

Lonceng di Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Andreas Tedjo/Pendeta Gereja Sidang Kristus

SUKABUMIUPDATE.com - Lonceng itu masih tersimpan apik di lantai tiga Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. Ukiran tulisan "Nederlandschefabriek van Torenuurwerken" pada genta tersebut mengisyaratkan lonceng ini adalah salah satu produk pabrik jam menara terbesar di Belanda bahkan dunia ketika itu.

Lonceng di Gereja Sidang Kristus dibuat pada 1914 oleh Bonaventura Eijsbouts (perusahaan ini didirikan pada 1872 di Asten, Belanda). Uniknya, lonceng di gereja yang terletak di Jalan Masjid, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, itu satu pabrikan dengan lonceng di katedral Notre Dame de Paris, Prancis.

Tulisan pada lonceng di Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Andreas Tedjo/Pendeta Gereja Sidang KristusTulisan pada lonceng di Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Andreas Tedjo/Pendeta Gereja Sidang Kristus

Pendeta Gereja Sidang Kristus Andreas Tedjo mengatakan lonceng yang tersambung dengan jam dinding di gereja itu saat ini sudah tidak difungsikan. Tak menjelaskan sejak kapan, namun Andreas mengungkapkan penghentian fungsi lonceng ini dilakukan akibat adanya protes lantaran bunyi lonceng bisa sampai radius 2 kilometer.

"Ada di gereja (keberadaan lonceng). Sudah tidak difungsikan karena ada yang protes terlalu kencang bisa sampai 2 kilometer suaranya," kata Andreas kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (24/2/2023). Tetapi, lonceng ini masih bisa dibunyikan ketika ada pernikahan atau upacara kematian di gereja.

Baca Juga: Jam Gereja di Sukabumi Lebih Tua dari Jam Gadang, Loncengnya Sepabrikan Notre Dame de Paris

Penjelasan soal lonceng dan jam dinding Gereja Sidang Kristus sebelumnya disampaikan pengamat sejarah Sukabumi, Irman Firmansyah. Dia mengatakan gereja ini merupakan salah satu bangunan heritage ikonik yang masih tersisa di Kota Sukabumi. Gereja ini pun menjadi simbol keberagaman lantaran letaknya yang berdekatan dengan Masjid Agung.

Irman mengatakan pada awalnya Gereja Sidang Kristus dibangun atas dasar kepentingan warga Protestan yang saat itu kurang terorganisir di Kota Sukabumi. Pasalnya, zending Kristen Protestan ketika itu terfokus di wilayah Pangharepan Cikembar sebagai desa Kristen di Sukabumi.

Sementara di Kota Sukabumi, gereja Katolik berdiri megah sejak awal di Jalan Grote Postweg (sekarang BJB Jalan Ahmad Yani). Kondisi ini cukup beralasan, mengingat banyak anggota jemaat Kristen Protestan di Kota Sukabumi yang mendukung gerakan antipribumi. Ini juga akhirnya yang menyebabkan kepemilikan rumah sakit gemeente (sekarang RSUD R Syamsudin SH) diserahkan kepada misi Kristen Protestan berdasarkan rapat anggota dewan gemeente, bukan kepada misi zending Protestan.

Irman mengungkapkan gereja Protestan di jalan alun-alun utara atau Jalan Masjid (kini Gereja Sidang Kristus) berdiri atas bantuan Lenne, pemilik lahan yang juga pemilik Hotel Selabintana. Dalam catatan resminya, gereja ini berdiri sejak 1911, namun sebenarnya dalam berita kebaktian sudah muncul sejak 1905.

"Tetapi belum dipastikan apakah lokasinya sama atau tidak, mengingat tahun 1900 foto-foto area alun-alun utara belum menunjukkan keberadaan gereja tersebut. Ditengarai pembangunan gereja yang awalnya disebut Protestantsche Kerk itu memang sekitar 1911. Ini terkonfirmasi dari keberadaan lonceng tua bertuliskan Soekaboemi 1914," kata Irman pada Selasa, 21 Februari 2023.

Baca Juga: Jelang Natal, Gereja-gereja di Sukabumi Disterilisasi Tim Penjinak Bom

Selain bangunan, keberadaan jam dinding pada Gereja Sidang Kristus menjadi keunikan tersendiri karena lebih tua daripada Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Irman menyebut jam dinding Gereja Sidang Kristus dibuat pada 1911, dipasang bersamaan dengan berdirinya bangunan. Sementara jam dinding pada Jam Gadang dibuat 1926.

Tak berbeda dengan Jam Gadang, jam dinding Gereja Sidang Kristus juga menuliskan angka IV romawi dengan IIII yang sering kali menjadi misteri.

Konon, kata Irman, dalam sejarahnya, IIII memang angka empat romawi sebelum diubah ke IV, karena angka IV adalah singkatan dari dewa Romawi, Jupiter, yang ditulis IVPPITER. Ini kemudian menyebabkan Raja Louis tidak suka dan meminta untuk mengubah (tulisan angka empat romawi).

Mesin jam dinding di Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Andreas Tedjo/Pendeta Gereja Sidang KristusMesin jam dinding di Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Andreas Tedjo/Pendeta Gereja Sidang Kristus

Irman yang juga Ketua Yayasan Dapuran Kipahare mengatakan jam dinding di Gereja Sidang Kristus disambungkan dengan lonceng (dibuat 1914) secara mekanik yang diproduksi oleh perusahaan asal Asten, Belanda. Perusahaan produsen lonceng ini didirikan pada 1872 oleh Bonaventura Eijsbouts.

"Yang luar biasa, produsen ini juga pembuat lonceng di katedral Notre Dame de Paris, Prancis. Tampak tulisan Soekaboemi 1914 menjadi ciri yang membedakan lonceng ini dengan lonceng di Notre Dame de Paris," ujar Irman.

Pada mulanya, lonceng tersebut berbunyi setiap jam dan setiap ada kegiatan di gereja. Kegiatan-kegiatan besar seperti peringatan tahun baru masehi juga kerap diadakan di gereja ini dengan mengundang pengkhotbah dari luar seperti Batavia dan Malang. Acara pernikahan juga sering dilakukan di Gereja Sidang Kristus.

Dalam kegiatan pemerintah pun, sering kali iringan para pejabat dan pawainya melewati gereja ini serta Masjid Agung, mengingat jalan masjid pada awalnya melintasi Masjid Agung (sekarang menjadi teras masjid bagian timur). Ini ditengarai sebagai legitimasi terhadap konsep spiritual karena alun-alun sendiri memiliki konsep macapat di mana sebelah barat adalah lokasi ibadah.

Nama Protestantsche Kerk masih digunakan hingga 1941 terhadap Gereja Sidang Kristus. Namun, terjadi peralihan pengurus jemaah dari orang Belanda ke orang Tionghoa. Salah satu tokoh Tionghoa yang mengurusi gereja ini adalah Pouw Boun Giok. Kemudian gereja ini disebut juga Gereja Protestan Tionghoa (Chinese Protestant Kerk) yang disebut Cih Tuh Ciao Hui. Nama Tionghoa ini sempat terukir pada dinding Menara yang sekarang sudah seluruhnya dicat putih.

Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK SukabumiGereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi

Baru pada 17 September 1941, melalui Staatsblad Hindia Belanda Nomor 395, bangunan tersebut namanya resmi diubah menjadi Gereja Sidang Kristoes--kekinian menjadi Kristus. Untuk mempermudah, alamatnya sering disebut di Jalan Grote Postweg, meski sebenarnya di Jalan Masjid yang bersambung ke Grote Postweg.

Menurut Irman, ketika Jepang masuk, banyak tempat ibadah non-muslim yang dijadikan bangunan serbaguna seperti gudang. Termasuk Gereja Sidang Kristoes yang juga tak lagi diisi aktivitas peribadatan. Selain karena banyak orang Belanda yang ditahan di kamp interniran, orang Tionghoa pun tidak disukai Jepang akibat perang Jepang Cina.

Sementara masjid-mesjid masih difungsikan karena Jepang membutuhkan dukungan kaum muslimin untuk membantu berperang melawan sekutu.

Saat proklamasi berkumandang dan terjadi pengambilalihan kekuasaan di Sukabumi, Gereja Sidang Kristoes difungsikan kembali sebagai tempat ibadah. Gereja ini dikelola oleh ordo kristus dengan badan hukum Yayasan Gereja Sidang Kristus. Ketika Belanda melakukan agresi, gereja ini menjadi gereja yang luput dari bumi hangus kota karena para pejuang menghormati tempat ibadah sehingga gereja itu masih berdiri hingga sekarang.

"Gereja Sidang Kristus menjadi ciri toleransi yang berdampingan tak jauh dari Masjid Agung Kota Sukabumi. Di atas menara gereja, terdapat kaca bundar yang bisa melihat Masjid Agung yang anggun dari menara Gereja Sidang Kristus," kata Irman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan07 Mei 2024, 12:15 WIB

Kurang Nutrisi, Berikut 6 Penyebab Kuku Mudah Patah

kuku yang sering patah bukanlah masalah sepele. Bagi banyak orang, kuku yang rapuh dan mudah patah bukan hanya menjadi sumber frustasi.
Ilustrasi kuku yang mengalami patah (Sumber : pixabay.com/@ziounail)
Sukabumi07 Mei 2024, 12:10 WIB

Jadi Tuan Rumah Healthy Cities Summit (HCS) 2024, Kabupaten Sukabumi Bersiap

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan rakor ini untuk menyelaraskan pemahaman. Sehingga antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat selaras dan seirama.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami memimpin rapat koordinasi terkait suksesnya penyelenggaraan HCS ke 6 tingkat nasional tahun 2024 di Kabupaten Sukabumi,bertempat di Pangrango Resort (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Bola07 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Punya Catatan Kurang Baik Saat Lawan Bali United, Marc Klok: Kami Akan Ubah Itu!

Persib Bandung akan berusaha keras untuk memperbaiki catatan buruk kala berjumpa Bali United.
Persib Bandung akan berusaha keras untuk memperbaiki catatan buruk kala berjumpa Bali United. (Sumber : Persib.co.id)
Kecantikan07 Mei 2024, 11:45 WIB

Perempuan Wajib Tahu, Ini 7 Cara Merawat Kuku Setiap Saat Agar Sehat dan Bersih

Sebagai perempuan penting sekali untuk mengetahui cara menjaga dan merawat kuku setiap saat. Karena perlu diketahui agar kuku bisa sehat dan bersih
Ilustrasi kuku bersih (Sumber : pixabay.com/ @keynee2)
Sehat07 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat

Sayuran panggang atau rebus seperti wortel, kacang polong, kembang kol, dan kacang panjang adalah pilihan camilan yang rendah kalori dan rendah lemak.
Makanan Rebus untuk Diet. | Rekomendasi Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat. Foto : Pixabay
Sukabumi07 Mei 2024, 11:04 WIB

Literasi Digital, Pemkot Sukabumi Gelar EdukAsyik dengan Pendekatan Komunikasi Pribadi

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada pengguna internet.
Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo menggelar EdukAsyik Literasi Digital di Hotel Balcony, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life07 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Tips Hidup Bahagia Meski Menghadapi Banyak Masalah, Ayo Lakukan!

Habiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai dan hargai agar hidup bahagia meski banyak masalah.
Ilustrasi. Sahabat Baik. Tips Hidup Bahagia Meski Menghadapi Banyak Masalah, Ayo Lakukan! | (Sumber : Pixabay.com/Dimhou)
Sukabumi07 Mei 2024, 10:33 WIB

Diserahkan Kusmana, 1.070 KPM di Limusnunggal Sukabumi Terima Bantuan Beras

Bantuan ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk membantu masyarakat.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyerahkan bantuan pangan beras secara simbolis kepada KPM di Kelurahan Limusnunggal, Selasa (7/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi07 Mei 2024, 10:30 WIB

Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman

Berikut Informasi Lengkap tentang Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Info Lowongan Kerja Lulusan S1 untuk Pelamar Berpengalaman (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Nasional07 Mei 2024, 10:04 WIB

Deklarasi Oposisi! Tiga Poin Ganjar Pranowo untuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sambutan kepada TPN Ganjar-Mahfud.
Ganjar Pranowo menyatakan oposisi terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Istimewa