Bupati Sukabumi Berharap Durian Kalapanunggal Lebih Dikenal Masyarakat Luas

Senin 13 Februari 2023, 16:49 WIB
Kunjungan Bupati Sukabumi dan Sekertaris Dinas Pertanian ke Festival Durian Kalapanunggal | Foto Ibnu Sanubari

Kunjungan Bupati Sukabumi dan Sekertaris Dinas Pertanian ke Festival Durian Kalapanunggal | Foto Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Festival Durian yang digelar pada 13-18 Februari 2023 di Agro Mina Wisata Kampung Babakan Jaya Wangi RT 31/10, Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, dihadiri Bupati Sukabumi, Marwan Hamami

Marwan menilai, Sukabumi memiliki kekayaan alam, salah satunya durian. Sehingga pada kesempatan ini, lebih mengenalkan varietas durian untuk dipromosikan dan dikenal masyarakat luas, bahwa durian lokal Sukabumi memiliki kualitas dan cita rasa tersendiri.

Kegiatan yang digelar untuk kedua kalinya ini juga akan memamerkan kontes durian, produk UMKM, produk pertanian, produk peternakan, produk perikanan, talkshow prospek bisnis durian, hingga seminar budidaya durian.

Ketua Pelaksana, Ujang Hamdan mengatakan, pada dasarnya dengan kegiatan yang dimulai pada hari Senin (13/02/2023), untuk mengangkat potensi lokal, dengan tema utama durian dan berkolaborasi dengan Pasar Leuweung.

"Kita coba dukung UMKM, khusunya prodak lokal yang ada di pedesaan, jadi dengan moment seperti ini diharapkam, pengunjung atau buyer bisa langsung berinteraksi dengan pedesaan," ujarnya

Menurut Ujang, selain varietas buah durian, lantaran tema besar durian, semua prodak UMKM dari mulai pertanian, perikanan, peternakan dan prodak hutan, ditampilkan pada acara tahunan ini.

"Kegiatan ini mulai dari tanggal (13/02) - (18/02) setiap harinya, hingga sore nanti hingga malam, akan diisi dengan kegiatan kesenian rakyat, tarian tradisional, live musik, lomba karaoke. Kemudian karena bertepatan moment rajab, ada tabligh nya juga," ungkapnya.

Ia berharap, semua terangkul, berawal dari momentum ini. "Kita jadikan moment tahunan. Dari Dinas Pertanian juga sudah menjadikan moment ini menjadi agenda tahunan dan menjadi salah satu aset daerah Kalapanunggal.

"Sementara itu, tujuannya untuk mengenalkan potensi durian lokal, adapun kemarin kan acaranya di Pelabuhan Ratu. Tentunya hari ini berbicara daerah utara juga memiliki potensi durian, yang di Kalapanunggal dan Parakansalak," tandasnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska mengatakan, acara diprioritaskan untuk buah Durian, lantaran Sukabumi potensi duriannya sangat banyak dan potensial, tanpa mengesampingkan buah lainnya, karena ada beberapa buah yang ditampilkan, pada acara festival durian, namun tidak menjadi acara kontes.

"Pihaknya ingin menggali potensi dan memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa di Sukabumi memilik potensi buah durian hebat, khususnya durian lokal, tidak semua daerah memliki potensi ini, sehingga kita angkat durian ini, untuk lebih terekpos," ujarnya.

Menurut Denis, tujuan lain dari festival durian ini, bertujuan untuk menginformasikan terhadap masyarakat luas, bahwa Sukabumi memilik banyak varian durian yang unggul, tentunya akan menjadikan durian lokal Sukabumi, memiliki ciri khas tersendiri.

"Jadi orang mana mana, kalau ke Sukabumi. Tidak hanya mencari moci, nantinya yang dicari itu durian, untuk selatan bisa ke Cikakak, Utara bisa kesini, saya kira itu. Selain itu dengan harapan perkonomian terbantu, yang tadinya petani durian hanya sampingan, sehingga nantinya akan lebih fokus," tuturnya.

Ia menjelaskan, durian unggulan yaitu, sibola dan sikembar, yang sudah habis, karena tidak berbuah, sehinggga pada kesempatan festival durian ini tidak ditampilkan. "Hari ini kita mencari nama nama lokal baru, untuk tahun sekarang kita melihat kriteria khusus dari aroma, tekstur, kepadatan daging dan rasa yang menjadi beberapa aspek kriteria," ungkapnya.

"Intinya semoga durian semakin berkembang, semakin terangkat, banyak petani yang menanam dan mudah mudahan kedepan perekonomian masyarakat ikut terbantu," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)