Polisi Amankan CCTV dan Periksa Saksi, Kasus Mayat di Sungai Cipelang Sukabumi

Senin 30 Januari 2023, 11:20 WIB
Tangkapan layar rekaman CCTV, Cici P Lestari (24 tahun) sedang berjalan melewati kantor Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Rabu, 25 Januari 2023, sekira pukul 08.30 WIB. | Foto: Istimewa

Tangkapan layar rekaman CCTV, Cici P Lestari (24 tahun) sedang berjalan melewati kantor Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Rabu, 25 Januari 2023, sekira pukul 08.30 WIB. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi terus menyelidiki kematian Cici P Lestari (24 tahun), wanita yang ditemukan meninggal tanpa busana di Sungai Cipelang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Rabu, 25 Januari 2023 pukul 11.00 WIB. Rekaman beberapa kamera CCTV sudah diamankan untuk mengungkap kasus ini.

Hal itu dikatakan Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin. Tidak hanya rekaman CCTV, Zainal juga menyebut pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi untuk membongkar kematian perempuan beranak dua asal Kampung Balandongan, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, tersebut.

"CCTV sudah kita amankan untuk melengkapi keterangan saksi yang mengetahui keberadaan almarhumah sebelum ditemukan di Sungai Cipelang. Ada beberapa orang (saksi yang diperiksa). Identitas tidak bisa kita buka. Yang jelas kita fokus membuat terang seperti apa kronologi peristiwa ini," kata Zainal, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Ciri dan Fakta Pria Misterius Bersama Cici, Mayat Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi

Diketahui, dua kamera CCTV merekam aktivitas Cici, beberapa jam sebelum ditemukan meninggal di Sungai Cipelang, tepatnya di Kampung Pasir Kaliki, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Kedua kamera tersembunyi itu terpasang di dua tempat berbeda di Kelurahan Sudajaya Hilir.

Kamera CCTV pertama terpasang di Masjid Ad-Da'wah, tempat Cici akan ikut pengajian (100 meter dari rumah Cici). Kemera kedua di rumah warga, depan kantor Kelurahan Sudajaya Hilir (200 meter dari rumah Cici). Lokasi Masjid Ad-Da'wah dan kantor Kelurahan Sudajaya Hilir berada di jalan yang sama.

Kamera CCTV di Masjid Ad-Da'wah pada Rabu hari kejadian sekira pukul 08.30 WIB, merekam Cici sedang berjalan mengenakan pakaian atas warna putih, celana merah, dan kerudung oranye. Cici berjalan melewati masjid sambil memangku guling.

Anehnya, Cici tidak masuk ke masjid, sesuai rencana awal yang dia sampaikan kepada ayahnya saat pamit dari rumah untuk mengikuti pengajian (Rajaban). Dia terlihat terus berjalan hingga sekitar 100 meter dari masjid, Cici terekam CCTV rumah warga depan kantor Kelurahan Sudajaya Hilir.

Baca Juga: CCTV Rekam Cici, Beberapa Jam Sebelum Ditemukan Tewas di Sungai Cipelang Sukabumi

Sementara di lokasi lain di hari yang sama, sejumlah saksi sempat melihat Cici bersama pria misterius menyusuri Jalan Lingkar Selatan menuju Jembatan Sungai Cipelang. Jembatan ini ada di Jalan Lingkar Selatan dan berjarak kurang lebih 1 kilometer dari rumah Cici di Kampung Balandongan, Kelurahan Sudajaya Hilir.

Keluarga menyebut Cici dalam kondisi kejiwaan yang tidak terlalu sehat. Bahkan Cici baru pulang dari pengobatan depresi akibat sejumlah kejadian yang dialaminya.

Guling yang digendong menggunakan kain corak batik tersebut juga ternyata ditinggalkan Cici di sebuah minimarket di Jalan Pelabuhan II, tepatnya di kawasan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, sekira pukul 09.00 WIB. Ini berdasarkan pengakuan pegawai dan rekaman CCTV di minimarket itu.

Kesaksian kunci kemudian muncul dari sejumlah pemilik warung di sepanjang Jalan Lingkar Selatan. Di sana mereka melihat perempuan diduga Cici tidak sendiri, melainkan bersama seorang pria. Namun, Cici terlihat sudah tidak mengenakan jilbab dan memakai baju yang berbeda dari rekaman CCTV sebelumnya.

"Baju hijau motifnya enggak tahu batik atau bunga-bunga. Enggak pakai kerudung, rambut memang pendek kayak cowok," ungkap salah satu pemilik warung.

Sejumlah saksi mengatakan perempuan diduga Cici itu mendatangi warung untuk membeli sebatang rokok atas suruhan pria yang bersamanya. Pria itu disebutkan tidak ikut ke warung melainkan menunggu dari jarak kurang lebih 100 meter.

Baca Juga: Misteri Pakaian Korban, Polisi Soal Otopsi Mayat Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi

Pemilik warung lainnya juga mengaku sempat didatangi perempuan mirip Cici dengan pria yang dimaksud. Keduanya datang ke warung untuk mengamen. Saksi ini juga menegaskan saat itu perempuan mirip Cici sudah tidak menggunakan jilbab. Rambut pendek dan kuku jarinya diwarnai hijau atau menggunakan pewarna.

Dua hari pascapenemuan mayat Cici, polisi terlihat di Jembatan Cipelang, Jalan Lingkar selatan. Tim Inafis Polres Sukabumi Kota dan Polsek Warudoyong fokus mencari dan mengambil banyak foto di bawah kolong Jembatan Cipelang.

Saat itu Plh Kapolsek Warudoyong AKP Iman Retno mengatakan tim gabungan menemukan baju yang diduga milik Cici. "Baju agak mirip-mirip, tapi kita enggak tahu ya, masih kita kembangkan lagi. Iya (ditemukan) di bawah jembatan," kata dia.

Polisi belum memastikan dugaan pembunuhan dalam kasus kematian Cici. "Belum bisa memastikan. Nanti yang lainnya sama Inafis. Nanti kita sampaikan segamblang-gamblangnya," imbuh AKP Iman Retno.

Kolong jembatan lokasi ditemukan pakaian dengan lokasi penemuan korban berjarak sekitar 1 kilometer, aliran Sungai Cipelang.

Baca Juga: Polisi Temukan Baju, 1 Km dari Titik Mayat Tanpa Busana di Sungai Cipelang Sukabumi

Sejak jenazah Cici ditemukan di Sungai Cipelang, pihak keluarga sudah merasa ada yang janggal dengan kematian itu. Puncaknya, keluarga meminta polisi melakukan autopsi pada jasad Cici. Autopsi pun dilakukan tim dokter forensik di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi pada Kamis, 26 Januari 2023.

Hasil autopsi mengungkap banyak fakta. Dokter forensik RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Nurul Aida Fathia, membeberkan sejumlah luka pada tubuh korban alias Cici, termasuk tungkai atas paha yang patah. Aida juga memastikan Cici masih berusaha bernapas saat berada di dalam air (Sungai Cipelang).

Penyebab kematian memang masih diteliti sambil menunggu hasil uji laboratorium dari sejumlah sampel yang diambil dari tubuh Cici. Belum ada jawaban pasti soal kematian Cici dari sisi medis, termasuk dugaan ada pemerkosaan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi28 Maret 2024, 15:55 WIB

Apresiasi Pengesahan UU Desa, Apdesi Sukabumi Siap Kawal Pembentukan Regulasi Turunannya

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPR dan Pemerintah.
Deden Deni Wahyudin, Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi | Foto : dok.Sukabumi Update
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel