Sederet Penghargaan untuk Pemerintah Kota Sukabumi Selama 2022

Rabu 04 Januari 2023, 18:30 WIB
Wali Kota Achmad Fahmi. Sepanjang 2022 banyak penghargaan diberikan atas kinerja Pemkot Sukabumi dan jajarannya (Sumber: dokpim)

Wali Kota Achmad Fahmi. Sepanjang 2022 banyak penghargaan diberikan atas kinerja Pemkot Sukabumi dan jajarannya (Sumber: dokpim)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi dibawah kepemimpinan Walikota Achmad Fahmi dan Wakil Walikota Andri Setiawan Hamami terus menorehkan banyak prestasi, sebagai bukti atas keseriusan kinerja mereka dalam membangun Kota Sukabumi.

Dengan jargon "Sukabumi Renyah" (Religius, Nyaman, Sejahtera), merujuk  sukabumikota.go.id, Kota Sukabumi sedikitnya menerima 142 penghargaan, di antaranya tahun 2018-2019 sebanyak 82 penghargaan, tahun 2020 sebanyak 24 penghargaan, dan tahun 2021 hingga 20 September 2022 sebanyak 36 penghargaan.

Berikut adalah sederet raihan penghargaan yang diterima Pemkot Sukabumi selama tahun 2022 ;

Tanggal 8 Maret 2022, Kota Sukabumi meraih dua penghargaan dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat. Dua penghargaan tersebut diraih Kota Sukabumi berkat capaian Peserta Keluarga Berencana (KB) baru Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) lebih 100 persen Tahun 2021 sebagai terbaik ke-3. Dan capaian peserta KB baru metode operasi pria (MOP) lebih dari 100 persen tahun 2021 sebagai terbaik ke-2.

Kemudian, pada 9 Maret 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi meraih dua penghargaan sekaligus dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan atas kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi sebagai penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik predikat A- tahun 2021.

Pada 2 Juni 2022, Pemerintah Kota Sukabumi menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas keberhasilannya sebagai peringkat kedua pemerintah daerah dengan Realisasi Belanja Daerah Tertinggi tahun 2021 untuk kategori kota.

Selanjutnya pada 21 Juli 2022, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK. Penghargaan diberikan kepada Fahmi sebagai kepala daerah yang telah berkomitmen dan peduli pada pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Secara kelembagaan, Pemerintah Kota Sukabumi juga mendapat peringkat pertama pada kategori Kota Sedang dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2021.

Pada waktu yang sama, DPRD Kota Sukabumi pun mendapatkan peringkat pertama kategori Kota Sedang yang langsung diberikan kepada Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman.

Pencapaian ini diberikan karena DPRD Kota Sukabumi dinilai sebagai institusi yang mendukung perencanaan pembangunan berbasiskan lingkungan.

Baca Juga: Ada 20, Koleksi Penghargaan yang Diterima Pemkab Sukabumi di Tahun 2022

Memasuki semester 2, yakni pada 22 Juli 2022, Kota Sukabumi kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 dengan predikat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kemudian, pada 19 Agustus 2022, Pemerintah Kota Sukabumi meraih penghargaan dari Provinsi Jawa Barat dalam penilaian kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab/Kota Se-Jawa Barat “Adminduk Juara” dengan predikat terbaik 1 pada kategori penduduk kecil Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Pada 14 September 2022, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sekaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi menerima penghargaan Darma Bakti yang disematkan Gubernur Jabar sekaligus Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jabar

Mengulangi prestasi sebelumnya, pada 2 November 2022, Pemerintah Kota Sukabumi meraih penghargaan dari pemerintah pusat atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) yang diserahkan di Balai Kota Sukabumi

Kota Sukabumi juga meraih penghargaan atas capaian opini WTP minimal lima kali berturut turut untuk laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2017 sampai 2021. Kota Sukabumi tercatat meraih WTP sebanyak delapan kali berturut-turut.

Penghargaan berupa piagam dan plakat dari Menteri Keuangan Republik Indonesia ini diserahkan Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Jabar Abdul Rahman

Dan pada 6 Desember 2022, Kota Sukabumi menerima Predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) untuk Puskesmas Sukabumi

Berikutnya, pada 8 Desember 2022, Pemerintah Kota Sukabumi menerima penghargaan kemenpan-RB atas indek performa birokrasi. Dan Penghargaan dari KASN terkait penerapan sistem merit dalam manajemen ASN dengan predikat baik.

Pada 10 Desember 2022, Penghargaan Pemkot Sukabumi atas penilaian perpustakaan kelurahan terbaik nasional.

Sedangkan pada 15 Desember 2022, Walikota Sukabumi menerima Penghargaan kategori Growth Dana Hibah Tertinggi serta Kategori Kepala Daerah Peduli Baznas. Penyerahan penghargaan dilakukan Ketua Baznas Jabar Anang Jauharuddin.

Ditanggal yang sama, yakni 15 Desember 2022, Pemerintah Kota Sukabumi menerima penghargaan Top Digital Award 2022 dalam penyelenggaraan penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pada 23 Desember 2022, Pemerintah Kota Sukabumi meraih penghargaan sebagai Kota Terinovatif dalam ajang Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dan terakhir, 27 Desember 2022, Pemerintah Kota Sukabumi mendapat empat penghargaan sekaligus. Piala dan penghargaan diberikan oleh Ketua TP PKK Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Sekda Jabar.

Empat penghargaan itu yakni Anugrah Posyandu Award Jawa Barat tahun 2022 dan Juara 2 Posyandu tingkat Jabar Kelurahan Cipanengah. Selain itu Juara Harapan 3 Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Jabar Kelurahan Karangtengah dan Penghargaan Perempuan berjasa dan berprestasi bidang Pertanian tingkat Jabatan Ibu Hj Titin.

Writer: Bah Rowi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin