Kondisi Terkini Palabuhanratu dan Geopark Ciletuh Sukabumi Usai Disapu Hujan Angin

Sabtu 31 Desember 2022, 16:21 WIB
Tangkapan layar panggung acara Geopark Ciletuh Spektakuler di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, diterjang hujan disertai angin kencang pada Sabtu (31/12/2022). | Foto: Istimewa

Tangkapan layar panggung acara Geopark Ciletuh Spektakuler di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, diterjang hujan disertai angin kencang pada Sabtu (31/12/2022). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hari terakhir 2022 atau menjelang malam tahun baru 2023, hujan deras disertai angin kencang menerjang kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) Kabupaten Sukabumi, terutama wilayah Palabuhanratu dan Pantai Palangpang di Kecamatan Ciemas.

Sejumlah peristiwa bencana terjadi akibat hujan dan angin kencang tersebut. Pertama, pohon tumbang lalu menutup jalan terjadi di Jalan Raya Sukawayana tepatnya di Kampung Karangnaya, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu siang (31/12/2022) sekira pukul 11.30 WIB.

Beruntung kejadian pohon tumbang itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka. Tetapi, pohon sempat menutup setengah bahu jalan dan arus lalu lintas tersendat. Evakuasi material pohon tumbang langsung dilakukan P2BK Cikakak, kepolisian, TNI, dan unsur lainnya termasuk masyarakat sekitar.

Baca Juga: Pohon Tumbang, Hujan Angin Juga Terjang Panggung Acara di Pantai Palangpang Sukabumi

Kedua, beredar video berdurasi sembilan detik yang menampilkan cuplikan angin kencang terjadi di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Angin kencang ini mengakibatkan acara Geopark Ciletuh Spektakuler berhenti. "Hujan angin, acara terhenti, sound system jebol, panggung rusak," tulis caption dalam video yang viral di grup wartawan Sukabumi tersebut.

Warga di sekitar Pantai Palangpang, Anugerah (25 tahun), mengabarkan hingga Sabtu pukul 13.24 WIB, kondisi angin di lokasi acara masih terasa kencang, namun tak sekencang embusan angin yang pertama.

“Ketebalan angin pertama menyebabkan robohnya beberapa stan UMKM yang berada di area Palangpang. Bahkan panggung acara spektakuler Geopark diturunkan setengah tiang. Adapun baliho atau layar hiasan panggung beterbangan cukup dahsyat sehingga robek. Selain itu juga bangku-bangku plastik berserakan,” ujarnya. “Sebagian pengunjung di area lokasi sudah berpulang. Hanya beberapa orang yang berkepentingan saja,” imbuh Anugerah.

Baca Juga: Longsor-Pohon Tumbang di Cisarakan Tutup Jalur Cikidang-Palabuhanratu Sukabumi

Ketiga, longsor disertai pohon tumbang hingga menutup jalan juga terjadi di wilayah Cisarakan, Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu sekira pukul 11.30 WIB. Ini terjadi saat wilayah itu diguyur hujan deras dan angin kencang. Petugas Satlantas Polres Sukabumi dipimpin Kanit Gakkum Ipda M Yanuar Fajar bersama warga langsung berusaha mengevakuasi pohon.

Sejumlah batang pohon karet yang menutup jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu itu masih terus dibersihkan. "Hujan deras yang cukup lama menjadi penyebab pohon tumbang di wilayah ini," kata Yanuar Fajar kepada wartawan.

Menurut dia pihaknya masih mengupayakan agar batang pohon yang menutupi jalan dapat disingkirkan sehingga tidak menghambat arus lalu lintas. Yanuar Fajar mengimbau warga yang melintasi jalur itu supaya mengambil jalur alternatif Cikeong Cimanggu.

“Untuk sementara karena material longsoran menghalangi jalan, maka arus lalu lintas kita arahkan menuju jalur-jalur alternatif (yang lain),” katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)