Kick Off Penyusunan RKPD 2024, Bappelitbangda: Dongkrak Kualitas Pembangunan Sukabumi

Selasa 06 Desember 2022, 11:31 WIB
Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Kick off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Bale Pangripta Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Senin 5 Desember 2022.

Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Kick off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Bale Pangripta Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Senin 5 Desember 2022.

SUKABUMIUPDATE.com - Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Kick off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 bertempat di Bale Pangripta Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Senin 5 Desember 2022.

Dibuka oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasit didampingi oleh Sekretaris Bappelitbangda Aep Najmudin yang juga sebagai Narasumber dengan peserta bimtek yang terdiri dari Sekretaris Perangkat Daerah dan Kecamatan atau yang mewakili.

“Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sukabumi Tahun 2024 mendatang,” kata Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi, Agus Surya Manggala.

Baca Juga: Bappelitbangda Sukabumi: Pemda Diharapkan Membangun Quality Tourism

Dalam sambutannya, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasit mengatakan keberhasilan pembangunan daerah sangat ditentukan oleh perencanaan yang berkualitas.

Untuk mewujudkannya, lanjut Asep, dapat dimulai dari proses penyusunan perencanaan yang melibatkan semua pihak terkait, didasarkan atas analisis data dan informasi yang akurat, serta sejalan dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati sukabumi yang telah tercantum dalam dokumen RPJMD.

“Di samping itu, perencanaan yang berkualitas harus pula selaras dengan hasil musyawarah pembangunan yang dilaksanakan dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama meningkatkan perhatian dan mencurahkan segenap pemikiran, serta menguatkan semua upaya, agar tersusun dokumen perencanaan tahun 2024 yang berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga: Bappelitbangda Sukabumi: Penelitian untuk Kualitas Perencanaan Pembangunan

Menurut Asep, dalam penyusunan dokumen RKPD dan rencana kerja (renja) perangkat daerah berpedoman pada RPJMD kabupaten sukabumi tahun 2021-2026 yang sudah ditetapkan melalui peraturan daerah nomor 4 tahun 2021.

“Yang artinya, kita telah menetapkan mimpi dan tujuan kita bersama untuk kita wujudkan di kabupaten sukabumi selama lima tahun ke depan, yaitu terwujudnya kabupaten sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin.
Dengan demikian, diperlukan upaya sumber daya di pemerintah daerah kabupaten sukabumi, baik anggaran ataupun sumber daya manusia akan diarahkan untuk mewujudkan mimpi kita tersebut,” kata dia.

“Hal ini tentu akan menimbulkan konsekuensi bagi kita semua, sehingga untuk program, kegiatan ataupun sub kegiatan yang kurang berkaitan langsung dengan upaya mewujudkan visi misi daerah, akan kita kesampingkan, dan kita alihkan kepada program, kegiatan atau sub kegiatan yang memiliki daya ungkit maksimal dalam mewujudkan visi misi daerah,” tambahnya.

Baca Juga: Top 15 Lomba Inovasi Daerah Lolos Tahap Wawancara, Ini Pesan Bappelitbangda Sukabumi

Dalam kesempatan tersebut, Asep kemudian meminta perangkat daerah maupun Kecamatan untuk memikirkan formulasi kegiatan atau sub kegiatan yang terbaik, serta inovatif untuk mengakselerasi dan meningkatkan efektivitas upaya pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan, diantaranya pencapaian target indikator makro, standar pelayanan minimal (SPM), indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja kunci (IKK).

“Tahun 2024 merupakan tahun ke tiga dalam pelaksanaan RPJMD kabupaten sukabumi tahun 2021-2026 sebagai kelanjutan pembangunan pada tahun 2023 yang akan segera kita laksanakan, kita telah menetapkan tema pembangunan kabupaten sukabumi tahun 2024, yaitu pemantapan daya saing ekonomi melalui peningkatan infrastruktur daerah, tema pembangunan tersebut merupakan fokus kita bersama sebagai upaya meningkatkan daya saing ekonomi daerah,”ujarnya.

“Upaya tersebut akan kita optimalkan dengan meningkatkan infrastruktur bagi masyarakat melalui projek-projek strategis, yang difokuskan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ekonomi daerah, serta meningkatkan dan menguatkan reformasi birokrasi melalui implementasi e-government,” sambungnya.

Baca Juga: Realisasi Investasi Sukabumi Capai Rp3 T, Bappelitbangda: Bisa Serap 4 Ribu Pekerja

Asep berharap dengan fokus tersebut, ekonomi kabupaten sukabumi akan semakin baik, sehingga tentunya hal tersebut akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sesuai amanat peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 pasal 16 yang menyatakan bahwa salah satu tahapan penyusunan dokumen perencanaan adalah tahapan persiapan. Kegiatan kickoff meeting ini masuk dalam tahapan persiapan yang menandai dimulainya proses penyusunan dokumen RKPD dan renja perangkat daerah tahun 2024. Oleh karenanya, saya meminta kepada perangkat daerah dan kecamatan, setelah kegiatan ini untuk segera mengkonsolidasikan dengan semua jajarannya untuk memulai proses penyusunan dokumen rencana kerja perangkat daerah tahun 2024,” tuturnya.

Lebih lanjut Asep menuturkan, proses tersebut dimulai dengan membentuk tim penyusun renja perangkat daerah yang ditetapkan melalui surat keputusan bupati sukabumi, sehingga setelah itu tim tersebut dapat mulai bekerja mengumpulkan data dan informasi serta memformulasikannya dalam bentuk dokumen rancangan awal renja perangkat daerah tahun 2024.

Baca Juga: Kendaraan Bunga Hias Bappelitbangda Jadi Favorit Bupati Sukabumi

“Diharapkan dalam proses penyusunan renja perangkat daerah semua tahapan atau proses yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan dapat dilaksanakan secara optimal. Hal yang tidak kalah penting adalah seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa integrasi hasil usulan musrenbang desa atau kecamatan kedalam dokumen renja yang disusun sangat penting, hal itu dapat dilaksanakan melalui forum perangkat daerah, sehingga melalui forum tersebut dapat dibahas usulan prioritas desa atau kecamatan yang berhubungan dengan program prioritas perangkat daerah,” ujarnya.

“Semoga dengan kita melaksanakan semua tahapan yang telah ditetapkan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan dapat mewujudkan dokumen perencanaan yang berkualitas,” tandasnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)