TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Gunakan HP Saat Berkendara Dominasi Pelanggaran Lalu Lintas di Sukabumi

Penulis
Jumat 14 Okt 2022, 22:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Operasi Zebra Lodaya 2022 memasuki hari ke 11 hingga Kamis, 13 Oktober 2022 sejak operasi ini dimulai 3 Oktober 2022. Dalam operasi ini, sebanyak 5.644 teguran dilayangkan kepada pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Sukabumi.

Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Bagus Yudo Setyawan mengatakan, teguran tersebut dilayangkan kepada pengendara roda dua yaitu sebanyak 5.537 kendaraan.

“Berbeda dengan roda empat yang hanya 107 kendaraan” ujar Yudo kepada sukabumiupdate.com, Jumat (14/10/2022).

Yudo menuturkan, pelanggaran lalu lintas paling banyak ditemukan pada pengguna jalan yang menggunakan handphone saat berkendara.

Baca Juga :

.
Setelah aksi saling lempar tanggung jawab antara PT LIB, PSSI, Panpel dan stasiun TV, kini sebuah pernyataan yang kontroversial muncul dari anggota Exco PSSI Sonhadji.
.
Usai diperiksa di Kantor Komnas HAM pada Kamis (13/10/2022), tiba-tiba ia mengatakan kalau peristiwa yang telah menewaskan 132 orang dan ratusan orang luka-luka itu adalah kehendak Tuhan.
.
"Tentunya ini di luar kehendak kita semua, jadi tidak ada yang ke dalam bagaimana, ini maksudnya ya kehendak Allah lah," kata Sonhadji di Kantor Kommas HAM, Jakarta Pusat.
.
Ia menjelaskan, bahwa tida ada satupun pihak yang mengingin peristiwa usai laga Arema FC versus Persebaya Surabaya itu terjadi.
.
Ia juga menegaskan, selama ini PSSI selalu berupaya menciptakan pertandingan sepak bola yang aman dan nyaman untuk semua penikmat olah raga di Indonesia.
.
Siapakah sosok Sonhadji yang telah mengeluarkan pernyataan kontroversial tersebut?
.
Pria kelahiran Brebes, Jawa Tengah ini merupakan lulusan Akademi Militer pada 1984 dan berpengalaman di bidang Artileri Medan.
.
Jabatan terakir jenderal bintang dua ini di militer adalah Pangdam VI/Mulawarman pada 2017-2018. Dan pada 2018, ia adalah salah satu perwira tinggi yang dimutasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjano.
.
Setelah dimutasi, Sonhadji memilih menjadi pengajar di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mulai 9 Maret 2018. Di sana ia mengajar bidang Geostrategi dan Ketahanan Nasional.
.
Meski memiliki latar belakang militer, Sonhadji dekat dengan Mochammad Iriawan atau Iwan Bule yang datang dari latar belakang kepolisian.
.
Usut punya usut, ternyata kedekatan itu terjadi karena keduanya merupakan sesama rekan pengajar di Lemhanas." />

Tercatat ada sebanyak 2.404 pengendara roda dua dan sebanyak 43 pengendara roda empat yang terkena teguran petugas karena berkendara sambil menggunakan handphone.

Sedangkan untuk jenis pelanggaran lalu lintas lainnya berupa melawan arus, didominasi pengendara roda sebanyak 1.043 teguran kemudian roda empat sebanyak 16 teguran.

“Beberapa pengendara roda empat melawan arus, mengingat mungkin ada beberapa yang tidak mengetahui jalur Sukabumi, khususnya orang luar,” kata Yudo.

Lalu berdasarkan jenis kendaraan, pengendara roda dua juga banyak yang melanggar batas kecepatan yakni sebanyak 704 teguran, kemudian tidak menggunakan helm SNI sebanyak 692 teguran dan berkendara di bawah umur sebanyak 457 teguran.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x