Diantar Apdesi Jabar, Kades Deden Lengkapi Berkas Maju Pilkada Sukabumi di Demokrat

Rabu 24 April 2024, 19:21 WIB
Deden Deni Wahyudin saat menyerahkan berkas pendaftaran bcalon kepada daerah ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ilyas Supendi

Deden Deni Wahyudin saat menyerahkan berkas pendaftaran bcalon kepada daerah ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin di antar sejumlah fungsionaris Apdesi Kabupaten Sukabumi dan Apdesi Jawa Barat menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 ke DPC Partai Demokrat di Jalan Raya Ciawun, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Rabu (25/04/2024).

"Alhamdulillah hari ini saya melengkapi berkas pendaftaran ke Partai Demokrat, ini mungkin bentuk keseriusan saya untuk maju di Pilkada Sukabumi. (Untuk target) nanti kita lihat perjalanan politiknya, apakah memang saya dimungkinkan maju untuk F1 (calon Bupati), atau maju untuk F2 (calon wakil bupati)? Tidak jadi masalah tergantung partai yang mengajukan," ujar Deden kepada sukabumiupdate.com.

Sebagai bagian dari ikhtiar politiknya, kata Deden yang masih aktif menjadi Kepala Desa Sukakersa itu mengaku dirinya selain mendaftar ke Partai Demokrat, juga turut mendaftar di Partai Amanat Nasional (PAN).

"Ini adalah salah satu ikhtiar politik ya, karena hari ini kan masih dinamis, artinya kita masih menjalin silaturahmi dengan beberapa partai yang mungkin bisa mengusung kita," jelasnya.

Deden mengatakan keikutsertaannya dalam Pilkada merupakan kejadian pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Sukabumi, dimana seorang kades ikut dalam perhelatan pemilihan Bupati/Wakil Bupati.

Baca Juga: 4 Pelaku Investasi Bodong Gadai Rumah di Sukabumi Jadi Tersangka, Korban Capai 186 Orang

"Iya betul, ini baru pertama kali di Kabupaten Sukabumi, saya mewakili aspirasi teman-teman kades untuk ikut di kontestasi Pilkada Sukabumi di tahun 2024 ini," kata dia.

Adapun terkait adanya jajaran Apdesi yang ikut mengantarnya ke kantor DPC Partai Demokrat, Deden menyebut hal itu hanyalah dukungan moral dan bukan bentuk keterlibatan politik.

Dan nanti, pada saatnya sudah memasuki tahapan kampanye Pilkada, ungkap Deden, mereka-mereka (para kades) akan kembali kepada posisi mereka sebagai kepala desa sesuai yang diatur oleh undang-undang Nomor 6 Tahun 2014.

“Ya mungkin antara sesama kades mereka memberikan support moril, ada yang berangkat maju pilkada dari kepala desa, mungkin sebatas itu saja," terangnya.

Sekretaris Apdesi Jawa Barat, Jaenal mengatakan bahwa dirinya sangat mensupport adanya kepala desa yang ikut serta dalam pemilihan kepala daerah seperti di Kabupaten Sukabumi. Karena menurutnya kepala desa sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yang ada diwilayah desanya.

Apalagi seandainya terpilih menjadi kepala daerah sudah barang tentu bisa memahami kondisi yang ada di wilayah desa yang ada di Kabupaten Sukabumi ini.

Baca Juga: Komunitas Ojol Bentuk Relawan Dukung Deden Deni Wahyudin di Pilkada Sukabumi

”Kami sangat mendukung terhadap majunya Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi dalam pencalonan bupati / wakil bupati Sukabumi, karena dianggap sudah memahami kondisi akar rumput yang ada di wilayah desa. Dengan kata lain "berangkat dari desa, berjuang untuk rakyat desa, dan didukung oleh para kepala desa",” tuturnya.

Sementara itu, Bendahara DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi, Asep Saepudin Khalik mengatakan, sejak dibuka pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati hingga saat ini sudah ada 7 orang bakal calon yang mendaftar.

"Yang melakukan tahapan pengambilan formulir itu total ada 7 orang bakal calon bupati dan bakal wakil calon bupati, tetapi sampai hari ini menyerahkan formulir pendaftaran berikut syarat-syarat itu udah 5 orang, salah satunya Deden Deni Wahyudin," kata Khalik.

Khalik menyebut ke lima calon yang telah memenuhi syarat itu yakni, Iyos Somantri, Jaenul, Rastia, Dede dan Bambang Topan Firmansyah. "Sedangkan dua kandidat yang belum memenuhi syarat yakni Habib Mulki Dan Wibowo," jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik06 Mei 2024, 17:00 WIB

OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara!

Dikabarkan Rizky Febian dan Mahalini menikah sesuai dat Bali pada Minggu, 5 Mei 2024 dan Ijab Qobul di Jakarta pada Rabu, 8 Mei 2024.
Foto Cover Latar Biru OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara. Sumber: YouTube/@Rizky Febian
Life06 Mei 2024, 16:30 WIB

Terapkan Yuk Bund! 5 Cara Mendidik Anak yang Suka Melawan Tanpa Perlu Emosi

Sifat melawan dan membantah merupakan bagian dari tumbuh kembang anak, bentuk pertahanan dirinya terhadap situasi mengancam yang tidak ia sukai.
Ilustrasi. Orang tua memberi contoh yang baik. Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto
Motor06 Mei 2024, 16:00 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Lexi LX 155 Terbaru Mei 2024

Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS.
Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS. (Sumber : yamaha-motor.co.id).
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 14:38 WIB

Botram Bareng Ayep Zaki, Bangun Hubungan Erat Antar Calon Pemimpin dan Masyarakat

Bacalon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki sosialisasikan visi dan misinya lewat botram bareng masyarakat.
Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki botram bareng warga, sampaikan visi dan misinya dalam memberantas kemiskinan. (Sumber : Istimewa)
Life06 Mei 2024, 14:30 WIB

Begini 7 Cara Ampuh Melerai Pertengkaran Anak, Yuk Lakukan!

Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka dicintai secara setara dan istimewa, terlepas dari bagaimana mereka bertindak.
Ilustrasi. Cara ampuh memisahkan pertengkaran anak. Sumber : pexels.com/@Vika Glitter
Inspirasi06 Mei 2024, 14:22 WIB

Media Lokal Harus Naik Kelas, SMS 2024 Cetak Sejarah

Kick Off program yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin (6/5/2024), ini dibuka secara simbolis oleh Editor in Chief sekaligus CEO Suara.com Suwarjono.
Sumatera Media Summit (SMS) 2024, mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Andalas. (Sumber: SMS 2024)