Debat Pilpres Nanti Malam Bakal Semakin Panas, Pendukung Capres Siapkan Mental

Minggu 07 Januari 2024, 17:58 WIB
Debat Pilpres ketiga antara Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo | Foto : Sukabumi Update

Debat Pilpres ketiga antara Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Debat Pilpres 2024 sudah memasuki babak ketiga, dimana pada hari ini, Minggu (7/1/2024) pukul 19.00 WIB akan digelar debat untuk calon presiden yang kedua kalinya.

Seperti yang sudah diumumkan oleh KPU sebelumnya, debat capres dan cawapres dijadwalkan dilaksanakan sebanyak lima kali dari bulan Desember sampai Februari mendatang. Di bulan Desember 2023, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sudah mengikuti dua sesi debat dengan tema yang berbeda.

Debat ketiga sekarang akan dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Debat akan berlangsung selama 120 menit dengan enam segmen. Durasi debat seluruhnya akan makan waktu sebanyak 150 menit dengan ditambahkan iklan.

Tema debat ketiga capres yaitu terkait dengan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Masyarakat yang ingin menyaksikan debat ketiga Pilpres 2024 dapat menyaksikannya melalui siaran TV yang ditunjuk KPU antara lain MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV, atau melalui Relay di Youtube Sukabumi Update.

Baca Juga: Wabup Akan Kolaborasi Atasi Jalan Rusak yang Viral di Tegalbuleud Sukabumi

Debat bakal semakin seru

Bila debat pertama (Debat Capres) dan kedua (Debat Cawapres) telah memancing atensi masyarakat luas, bukan tak mungkin debat ketiga ini akan berlangsung lebih seru dan “panas”.

Seru dan panasnya debat dapat memicu potensi kemarahan, lantas bagaimana caranya agar rasa marah atau emosi dapat dikendalikan.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD seperti dipublikasikan KlikDokter, rasa marah adalah respons yang wajar saat seseorang menghadapi situasi yang mengecewakan. Begitu pula ketika debat capres berlangsung sengit dan jagoan dan kamu terpojok.

Dilansir dari Mayoclinic, berikut ini cara-cara yang dapat membantu mengelola marah saat nonton debat calon presiden.

1. Berpikir sebelum berbicara
Saat debat memanas, mudah untuk mengatakan sesuatu yang nantinya akan Kamu sesali, seperti umpatan dan kata-kata kotor. Luangkan beberapa saat untuk berpikir sebelum Kamu mengatakan sesuatu. Pikirkan terlebih dahulu baik dan buruknya, serta dampaknya pada orang lain.

2. Setelah tenang, ungkapkan kemarahan Kamu
Segera setelah Kamu berpikir jernih, ungkapkan kekesalan Kamu dengan tegas, tetapi tidak konfrontatif. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan Kamu dengan jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain atau mencoba mengendalikannya.

Baca Juga: Nekad Tidak Netral, 13 Anggota Pol PP di Garut Disanksi Tak Digaji 3 Bulan

3. Istirahat
Kamu bisa melakukan ini setelah menonton debat. Beristirahatlah beberapa saat untuk menurunkan kadar stres dan emosi Kamu. Istirahat beberapa waktu mungkin membantu Kamu merasa lebih siap menghadapi apa yang akan terjadi tanpa merasa kesal atau marah.

4. Ingat, marah-marah tidaklah berguna
Ingatkan diri Kamu bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apa pun dan hanya akan memperburuknya. Jika segala sesuatunya dilakukan dengan kepala dingin, amarah bisa reda.

5. Jangan menyimpan dendam
Pengampunan adalah “senjata”yang ampuh. Jika membiarkan amarah dan perasaan negatif lainnya menguasai sisi positif, Kamu akan mendapati diri Kamu “tertelan” oleh perasaan ketidakadilan. Untuk menghindari itu, cobalah untuk tenang, jangan terlalu dipikirkan apa yang menjadi kemarahan Kamu. Jangan simpan dendam dan cobalah mengampuni.

6. Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan
Humor adalah salah satu obat mujarab yang dapat membantu meredakan ketegangan. Jika Kamu sedang bersama teman-teman saat menonton debat capres, lemparkan humor untuk membantu Kamu menghadapi apa yang membuat Kamu marah. Dengan begitu, Kamu justru bisa mengurangi ketegangan, bahkan memKamung kritik lewat candaan.

Baca Juga: Berpeci Merah Putih, Puluhan Ribu Jamaah TQN Padati Istiqlal: Zikir Menggema

7. Tarik napas yang dalam agar tenang
Saat amarah Kamu memuncak ketika pasangan calon Kamu terdesak, gunakan keterampilan relaksasi untuk meredakan amarah. Cobalah tarik napas yang dalam, bayangkan hal-hal yang santai atau ulangi kata atau frasa yang menenangkan, seperti "saya harus tenang". Kamu juga dapat mendengarkan musik atau apa pun untuk mendorong relaksasi.

8. Tetap terbuka terhadap berbagai sudut pandang
Cobalah untuk kamu bisa menerima dan memahami perspektif yang berbeda dari pandangan kamu saat menonton debat capres. Ini merupakan salah satu tips penting untuk mengelola emosi kamu agar tidak terlalu terpengaruh oleh perbedaan pendapat yang ada.

Sumber : berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou