Industri Padat Karya Di Sukabumi Banyak Ditutup, Begini Solusi Ayep Zaki

Rabu 11 Oktober 2023, 07:05 WIB
Industri Padat Karya Di Sukabumi Banyak Ditutup, Begini Solusi Ayep Zaki (Sumber : Istimewa)

Industri Padat Karya Di Sukabumi Banyak Ditutup, Begini Solusi Ayep Zaki (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Satu persatu pabrik garmen di sukabumi ditutup, terbaru PT Manito World yang ada di Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Tentunya penutupan ini merupakan akibat dari situasi dari krisis ekonomi yang melanda dunia yang berdampak pada ekonomi Indonesia , yang secara otomatis berdampak kepada pabrik-pabrik yang ada di Sukabumi dan di berbagai daerah lainnya.

Ini merupakan permasalahan global yang tidak dapat dihindari. Namun, kita sebagai masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Sukabumi jangan terlalu merasa khawatir yang berlebihan, karena negara kita Indonesia memiliki lahan yang sangat luas, seperti diketahui lahan dataran yang ada di Indonesia kurang lebih memiliki lahan seluas 190 juta hektar dan di Kabupaten Sukabumi memiliki lahan kurang lebih 419.000 hektar.

“Saya selaku penggiat ekonomi kerakyatan dan penggiat sektor pertanian dengan pengalaman selama belasan tahun, memberikan solusi atas permasalahan ini, mari kita bersama-sama saling bahu membahu antara para stakeholder, baik eksekutif maupun legislatif untuk fokus pada sektor pertanian.” Jelas Ayep.

Baca Juga: Panen Melon di Sukabumi, Ayep Zaki Bahas Manfaat Greenhouse untuk Petani

“Di satu sisi kita sebagai manusia pasti membutuhkan pangan seperti jagung, padi dan tanaman lainnya, di sisi lain kita juga diuntungkan dengan tersedianya lahan yang sangat luas, tinggal bagaimana ketersediaan bibit dan pupuk yang berkualitas sehingga kita dapat mengolah lahan tersebut secara optimal, bersama-sama kita bersatu padu membangun ekosistem pertanian, yang pastinya saya siap terjun secara langsung untuk itu.” tambah ayep.

Pembangunan ekosistem pertanian ini menjadi jawaban atas situasi yang rumit dengan banyaknya pabrik yang ditutup dengan mengalihkannya ke sektor pertanian, mari kita duduk bersama-sama, kita cari solusi, bukan lagi mencari gagasan dan pemikiran yang terbaik tapi kita mulai implementasi perencanaan yang matang, kontrol yang baik, dan implementasi di lapangan.

(ADV)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 23:45 WIB

Mengenal Neng Susi: Anggota DPRD Sukabumi yang Menginspirasi Berjuluk Ibu Boti

Neng Susi adalah satu-satunya anggota fraksi Partai Nasdem di DPRD Kabupaten Sukabumi untuk periode 2019-2024. Lahir di Sukabumi pada 23 Oktober 1982, ia berhasil terpilih dari Dapil 2 Kabupaten Sukabumi.
Neng Susi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Food & Travel16 Juli 2024, 23:43 WIB

Adu Bagong Hingga Mentang Langlayangan Meriahkan Event GCS ke-3 Mandrajaya Sukabumi

Event Geopark Ciletuh Spektakuler ke-3 ini bakal digelar di Pantai Citireum, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas Sukabumi.
Event Geopark Ciletuh Spektakuler (GCS) ke-3 di Mandrajaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 23:12 WIB

Geger Mayat Telanjang di Hutan Situ Gunung Sukabumi, Kondisinya Mengenaskan

Mayat di Situ Gunung Sukabumi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dengan kepala yang sudah menjadi tengkorak dan terpisah dari badannya.
Penemuan mayat telanjang dengan kondisi mengenaskan di Hutan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang