Selain Ganjar, Jokowi Sempat Beri Kode Dukungan ke Prabowo; Ini Kata Sekjen Gerindra

Minggu 23 April 2023, 21:20 WIB
Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Solo, 22 April 2023 | Foto : Ist

Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Solo, 22 April 2023 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Prabowo Subianto bertandang ke kediaman Presiden Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah pada Sabtu 22 April 2023. 

Dilansir dari tempo.co, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut bahasan mengenai politik tak bisa dihindari saat Ketua Umum Prabowo Subianto bersua dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi di Solo pada momen lebaran, kemarin. Musababnya, kata dia, Jokowi adalah Presiden yang merupakan tokoh politik, sementara Prabowo merupakan Menteri Pertahanan yang juga calon presiden usungan Partai Gerindra.

Oleh sebab itu, Muzani menyebut obrolan seputar politik pasti dibahas oleh keduanya. Tak hanya itu, Muzani menyebut Prabowo dan Jokowi turut membahas hal-hal ringan, seperti gelaran lebaran dan tempat melangsungkan salat Idul Fitri.

“Bahwa kemudian keduanya membicarakan persoalan politik, itu tak bisa dihindari,” kata Muzani di kawasan Jakarta Selatan, Ahad, 23 April 2023.

Pertemuan Prabowo dan Jokowi itu diadakan tak lama setelah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari partai itu. Jokowi diketahui kemudian pulang bareng Ganjar ke Solo dengan pesawat kepresidenan.

Seperti diketahui, sebelum PDIP mengumumkan Ganjar, Presiden Jokowi sempat memberi kode soal calon presiden berikutnya yang berambut putih dan ada kerutan di wajahnya. Belakangan, Jokowi pun tampak memberi sinyal dukungan untuk Prabowo. Bahkan terakhir, Jokowi mempertemukan Ganjar dan Prabowo dalam sebuah panen raya di Jawa Tengah.

Meski telah diusung sebagai calon presiden, Ganjar hingga kini belum memiliki bakal calon wakil presiden. Beberapa nama pun disebut cocok mendampinginya. Jokowi menyebut nama Erick Thohir hingga Prabowo cocok jadi calon wakil presiden Ganjar.

Adapun dalam pertemuan dengan Jokowi kemarin, menurut Muzani tak ada pembicaraan soal cawapres bagi Prabowo. Kendati demikian, ia mengaku pernah ada obrolan ihwal Prabowo yang ditawarkan sebagai cawapres bagi Ganjar.

“Kemarin tidak dibicarakan (soal Prabowo cawapres). Tapi bahwa pernah ada omongan seperti itu, kami tidak menampik,” kata dia.

Di tengah mencuatnya nama Prabowo sebagai cawapres Ganjar, Muzani menegaskan Partai Gerindra tetap menjagokan Menteri Pertahanan itu sebagai capres. Kader partai disebut Muzani terus mendorong dan menyiapkan diri demi memperjuangkan Prabowo maju sebagai calon RI 1.

“Pak Prabowo adalah capres yang ditetapkan oleh Partai Gerindra dalam rapat pimpinan nasional. Keputusannya adalah Pak Prabowo capres, bukan cawapres,” kata Muzani.

Prabowo Ungkap Obrolannya dengan Jokowi

Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan isi pembicaraannya dengan Jokowi saat bertandang ke kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Sabtu kemarin. Ia mengaku tidak ada pembicaraan terlalu politis dengan Jokowi.

“Tidak ada pembicaraan yang terlalu politis. Ya kalaupun ada tidak mungkin saya ceritakan kepada kalian," kata Prabowo usai bertemu Jokowi, Sabtu, 22 April 2023.

Prabowo menjelaskan, kunjungannya ke Jokowi dalam rangka silaturahmi Idul Fitri. Ia menyebut sudah menjadi tradisi bahwa anak buah, yakni dirinya, sowan kepada pimpinan alias Jokowi.

Dalam persamuhan itu, Prabowo menyebut dirinya juga melaporkan perkembangan mengenai situasi keamanan dan pertahanan. Ia mengatakan hal itu merupakan tugasnya sebagai Menteri.

"Dalam pembicaraan tadi ya saya juga laporan terkait perkembangan saat ini. Hal itu sebagaimana tugas saya. Seperti halnya saya juga sempat bertemu waktu beliau di Eropa saya juga di Eropa, saya laporkan perkembangan yang ada," kata Prabowo.

sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio