IU : 7 Fakta Seputar Kehidupan yang Membuatnya Sukses Hingga Kini

Rabu 12 Januari 2022, 13:57 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - IU adalah penyanyi solo papan atas yang memulai karirnya di tahun 2008. Sejak kecil, ia memang bercita-cita menjadi seorang penyanyi.

Saat ini, ia bergabung dengan LOEN Entertainment yang kini berubah nama menjadi Kakao M Entertainment.

Lagu debut pertamanya adalah “Good Day” yang merupakan mini album dari ‘Lost And Found’.

Baca Juga :

Perjalanan IU ke puncak karirnya bukan hal yang mudah untuk diraih, lagu debutnya tidak begitu menarik perhatian mancanegara, namun cukup sukses di Korea Selatan.

Real merupakan single utama dari albumnya pada tahun 2010. Album tersebut menjadi kesuksesan pertama UI yang mengantarkan lagu ‘I And You’ menjadi sangat populer di ranah Nasional.

Sejak saat itu, nama panggungnya dikaitkan dengan salah satu judul lagunya yang sukses di Industri Musik Korea I And You yang berarti adalah “kita”.

Sebagai salah satu penyanyi solois yang didominasi oleh grup pria dan wanita, IU dimasukan dalam daftar tahunan Korea Power Celebrity oleh majalah Forbes sejak tahun 2012.

Selain itu, Billboard juga memberi pengakuan kepadanya sebagai penyanyi solo pemimpin sepanjang masa dalam peringkat Korea K-Pop Hot 100 dengan lagu terbanyak dan mendapatkan posisi nomor satu.

Tak Hanya itu, masih banyak lagi penghargaan yang ddapatkannya, namun dalam perjalanan karirnya ada banyak kesulitan yang dihadapi sebelum meraih kesuksesan.

Berikut tujuh fakta seputar kehidupan IU yang mengantarkan kesuksesan hingga kini:

1. Ditolak Oleh Beberapa Agensi

photoDi tolak Beberapa Agensi - (Pinterest)

Sejak kecil, IU memang bercita-cita menjadi seorang penyanyi solo yang handal dan telah mempersiapkan diri untuk mendapatkanya.

Namun, dalam prosesnya tidak semudah yang diharapkan. Ia sempat ditolak oleh agensi-agensi yang ada di Korea Selatan bahkan oleh beberapa agensi besar.

Salah satu agensi yang sempat menolak penyanyi berbakat ini adalah JYP (Jay Park Entertainment) salah satu dari Big Three agensi di Korea Selatan yang menaungi artis dan idol-idol kondang seperti; Bae Suzy, Twice, Got7, Itzy dan lainnya.

Tetapi hal ini tak membuat dirinya patah semangat dan justru membuatnya semakin gencar untuk menjadi penyanyi papan atas.

Sampai akhirnya, pada di tahun 2008 IU merilis sebuah video menyanyinya di portal vidio khusus untuk menarik minat agensi, lalu salah satu label rekaman tertarik dengan video tersebut. 

Ia bergabung dengan Label rekaman EDAM Entertainment (Kakao M) yang menaungi IU sebagai penyanyi, penulis lagu, pencipta musik hingga aktris sampai saat ini.

2. Latar Belakang Keluarga

photoLatar Belakang Keluarga - (Instagram)

IU yang memiliki nama asli Lee Ji Eun ini terlahir dari keluarga bermarga Lee yang lahir pada 16 Mei 1993.

Kehidupan keluarganya yang bermula baik-baik saja, sampai sang ayah terlilit hutang karena pekerjaannya tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga hingga menjadi kesulitan secara finansial.

Karena alasan demikian, orangtuanya terpaksa harus menjual berbagai aset yang dimiliki keluarganya seperti rumah dan beberapa kebun lainnya. Karena itu juga membuat ia dan keluarganya harus tinggal terpisah.

Sejak saat itu pelantun lagu BIBIIB itu tinggal bersama nenek dengan adik laki-lakinya.

Dalam sebuah wawancara variety show di KBS channel, Ia menceritakan kehidupan masa kecilnya dan adik laki-lakinya yang tinggal di sebuah kamar kecil yang banyak kecoanya.

Kehidupan neneknya juga tidak begitu baik, sampai akhirnya IU, nenek dan adik laki-lakinya pindah ke rumah salah satu kerabatnya.

Sejak kepindahannya ke rumah kerabatnya, ia kerap mengalami pembullyan secara verbal dengan adik laki-laki dan neneknya.

Ia, adik serta neneknya selalu mendapatkan kata-kata kasar dari kerabat yang memiliki rumah tersebut dengan keadaan mabuk. UI tetap bertahan dan tetap kuat demi keberlangsungan hidupnya.

3. Mengalami Penipuan

photoMengalami Penipuan - (Pinterest)

Saat ia menjadi trainee dan mencari agensi untuk mengikuti audisi, ia kerap mengalami perampokan dan penipuan.

Ia menceritakan bahwa ia telah ditipu oleh seseorang yang mengaku dari agensi ternama dan meminta sejumlah uang untuk pelatihan dan tampil di program Televisi.

Hal yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa uang yang dipakai untuk itu, didapat dari neneknya yang menabung sedikit demi sedikit dari hasil jualan aksesoris kecil.

4. Tekad yang Kuat

photoTekad yang Kuat - (Pinterest)

Walau berbagai kesedihan menghampirinya. Penipuan, ditolak agensi dan hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya, IU tetap memiliki tekad yang kuat untuk tetap mengejar cita-citanya.

Ia pernah mengatakan, bahwa ia tidak akan menyerah demi memperbaiki kesulitan hidupnya dan keluarganya.

Ia bahkan mengalami gangguan tidur selama menjadi trainee dan terus berfikir untuk bisa mendapatkan audisi yang diharapkannya.

5. Kesuksesan

photoKasuksesan Yang di Raih IU - (Kolase.net)

Dari awal debut sebagai seorang penyanyi, nama panggung IU terus naik di ranah industri musik Korea melalui lagu-lagu hits seperti Marshmallow dan Boo.

Di tahun 2009, ia sudah dapat menabung dan mengembalikan keadaan keluarganya serta mengembalikan uang neneknya dan bahkan dapat membelikan mobil impian sang ayah.

Ia semakin dikenal dan menjadi trending saat bermain dalam drama series berjudul ‘Dream High’. Sejak saat itu, ia mulai kebanjiran tawaran manggung dan banyak merilis lagu dan menjadi hits di berbagai platform musik.

Tak hanya tawaran manggung yang menghampirinya, namun juga tawaran drama yang mulai berdatangan.

6. Memiliki Sifat yang Dermawan

photoMemiliki hati dermawan - (Twitter)

Kesuksesan yang dimiliki tidak membuat dirinya tinggi hati. Dengan pendapatan yang fantastis, IU menyumbangkan sekira 1,3 Miliar untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

Ia juga mendonasikan sebagian penghasilanya untuk mendukung beasiswa di SMA tempat ia berasal, serta selalu menyumbangkan buku ke perpustakaan sekolah menengah dan berdonasi untuk pendidikan lainnya.

Di tahun 2019, ia dikabarkan memberikan hadiah untuk penggemarnya sebanyak 210 Juta Rupiah.

Tak hanya itu, saat ia menggelar konser di Indonesia IU membawakan penggemarnya cemilan khas Korea untuk dibagikan. Hal ini yang membuat ia dijuluki selebritis berhati malaikat.

Ia juga sangat baik terhadap para staf yang bekerja untuknya, ia selalu menaikan gaji stafnya setiap tiga sampai enam bulan sekali serta selalu membelanjakan untuk membuat para bodyguard dan timnya senang.

Dalam kesibukannya, ia selalu memperhatikan para tim dan stafnya.

7. Gangguan Kesehatan

photoGanguan kesehatan IU - (Wikipedia)

Dalam World Tour Konsernya, ia sempat pingsan hingga dilarikan kerumah sakit. Tentunya, kondisi itu membuat fansnya sangat khawatir.

Ia dinyatakan kelelahan dan memiliki gangguan makan, dokter mengatakan bahwa ia harus memiliki waktu untuk dirinya sendiri dan banyak beristirahat.

Di tahun 2019, ia mengatakan bahwa selama setahun dirinya hanya memiliki waktu istirahat seminggu saja. Fans memintanya untuk lebih memperhatikan kesehatan.

Writer: Widiya Novilanti

Koleksi Video Lainnya:

Sukses, Lesti Kejora dan Rizky Billar Geluti Bisnis Ini!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Berikut bacaan doa memohon kebahagiaan hidup kepada Allah SWT yang bisa diamalkan umat muslim.
Ilustrasi - Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production)
Nasional19 Mei 2024, 17:31 WIB

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, 3 Orang Tewas

Pesawat latih jatuh di BSD Tangerang Selatan. Tiga orang dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 17:04 WIB

BPJS Kesehatan Soal Isu Data Fiktif Kepesertaan JKN yang Dikeluhkan Bupati Sukabumi

BPJS Kesehatan angkat bicara terkait isu data fiktif kepesertaan JKN yang dikeluhkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kepala BPJS Kesehatan cabang Sukabumi Dwi Surini. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik19 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Espresso Sabrina Carpenter yang Viral di TikTok

Lagu Espresso Sabrina Carpenter sudah ditonton sebanyak lebih dari 61 juta kali dan banyak dijadikan backsound music video viral di TikTok.
Ilustrasi. Official Video Lagu Espresso Sabrina Carpenter (Sumber : YouTube/SabrinaCarpenter)