Cocok Untuk Diet dan Kaya Nutrisi, Berikut 5 Manfaat Menarik Chia Seeds

Jumat 19 November 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Chia Seeds merupakan biji-bijian yang berasal dari salah satu jenis tanaman mint yaitu Salvia Hispanica. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Walaupun ukurannya sangat kecil, namun makanan organik ini mengandung berbagai nutrisi.

Seperti karbohidrat, protein, serat, omega-3 dan omega-6. Lebih dari itu, chia seeds juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, zat besi, kalium dan magnesium yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga :

Secara historis, orang-orang di peradaban Aztec dan Maya menggunakan biji dalam makanan mereka, serta untuk tujuan pengobatan, ritual keagamaan, dan kosmetik. Saat ini, biji chia banyak dinikmati orang-orang dalam bentuk pudding, salad, smoothie dan minuman. 

Dilansir dari kanal Healthline, berikut lima manfaat chia seeds untuk kesehatan yang akan kamu dapatkan apabila mengonsumsinya.

1. Bergizi Tinggi

Faktanya, hanya dalam 1 ons atau setara dengan 2 sendok makan chia seeds mengandung: 138 kalori, 4.7 gram protein, 8.7 gram lemak, 14% kalsium, 23% magnesium,15% vitamin B1, 16% vitamin B3.

Baca Juga :

2. Kaya akan Antioksidan

Chia seeds merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Tidak hanya melindungi lemak dalam biji chia agar tidak tengik, antioksidan juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak senyawa sel apabila menumpuk pada tubuh.

Antioksidan yang terkandung dalam biji chia yaitu asam klorogenat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan asam caffeic yang memiliki efek anti inflamasi.

3. Mendukung Penurunan Berat Badan

Serat dan protein yang terdapat dalam biji chia dikenal dapat bermanfaat bagi mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Dua sendok makan biji chia memiliki hampir 10 gram serat makanan, yang berarti mereka mengandung 35 persen serat.

Sebagian besar serat yang terkandung dalam biji chia adalah serat larut. Serat ini menyerap air kemudian berubah bentuk menjadi gel dan mengembang di perut Anda untuk memperlambat pencernaan dan membantu Anda merasa kenyang setelah makan. Selain itu, protein dalam biji chia dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan. 

photoIlustrasi penyakit jantung - (Pixabay)</span

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Karena kandungannya yang tinggi akan serat dan omega-3, mengonsumsi chia seeds dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa biji chia dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung tertentu, termasuk trigliserida tinggi dan tingkat stress oksidatif. 

Sebuah penelitian pada manusia juga menemukan bahwa suplemen biji chia secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko kuat terjadinya penyakit jantung. 

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengonsumsi chia seeds dapat membantu mengatur gula darah pada tubuh. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa biji chia dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan. 

Baca Juga :

Selain itu, sebuah penelitian pada tahun 2010 dan 2013 yang melibatkan orang dewasa mengonsumsi roti yang mengandung biji chia diketahui dapat membantu menurunkan kenaikan gula darah pasca makan dibandingkan dengan makan roti tanpa biji chia. 

Untuk mendapatkan manfaat chia seeds dengan maksimal, Anda perlu mengolahnya dengan tepat dan mengonsumsinya dengan hati-hati. Karena sifatnya yang mudah menyerap air, sehingga chia seeds yang dikonsumsi kering seringkali menyebabkan penyumbatan pada kerongkongan. Anda bisa menambahkan chia seeds ke makanan atau minuman, seperti es buah, oatmeal, yoghurt, jus dan salad.

KONTRIBUTOR : AURA ALYA KAUTSAR

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa