Kaya Akan Vitamin C! Inilah Cara Tanam Jeruk Lemon California

Selasa 06 Juli 2021, 07:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jeruk Lemon California memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 48 mg dari 100 Gram Jeruk. Vitamin C sendiri merupakan salah satu zat atau kandungan yang dibutuhkan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh.

Apalagi di masa pandemi saat ini, kekebalan tubuh sangat harus diperhatikan, salah satu caranya dengan banyak mengkonsumsi Vitamin C

Lalu, bagaimana cara menanam Jeruk Lemon California?

photoJeruk Lemon California mengandung banyak sekali Vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh - (Via klikdokter.com)</span

Pembibitan Jeruk Lemon California memiliki dua opsi, yang pertama adalah dengan teknik pencangkokan. 

Melansir dari Kampus Tani, terlebih dahulu pastikan Anda memilih induk pohon terbaik yang akan digunakan untuk pencangkokan. Hal ini untuk memastikan pohon jeruk hasil cangkokan dapat tumbuh baik seperti induk pohonnya.

Cara mencangkoknya yaitu dengan membelah bagian kulit dahan, bentuk melingkar berukuran dua hingga tiga sentimeter, kerik bagian dahan yang telah dikupas kulitnya hingga kering.

Setelah dahan siap, siapkan tanah yang sudah diberikan pupuk kompos ke dalam plastik, kemudian bungkus dahan tadi dengan kompos yang sudah disediakan. 

Ikatlah yang kuat agar tanah tetap di posisi yang sama sampai akar cangkokan keluar.

Akar cangkokan Jeruk Lemon California akan tumbuh antara satu sampai setengah bulan selanjutnya, terhitung dari pertama pencangkokan.

Baca Juga :

Opsi kedua bisa dilakukan dengan cara Bekong atau memasukan biji jeruk pada sebuah alat yang terbuat dari daun pisang dan dibentuk melingkar.

Bekong tersebut lalu diberi tanah dan pupuk kandang, proses Bekong biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa hari sampai biji jeruk mengeluarkan daun dan akar sebelum disebar ke kebun atau tempat yang lebih luas.

Namun, jika kedua opsi tersebut terlalu rumit untuk dilakukan, Anda bisa membeli bibit yang sudah siap tanam dan perhatikan cara perawatan selanjutnya berikut ini:

Cara menanam 

Cara menanam Jeruk Lemon California metodenya sama dengan menanam pohon pada umumnya. Namun, yang harus diperhatikan adalah jarak pada pohon yang satu dengan yang lainnya. 

Agar pertumbuhan akar pohon tumbuh normal, disarankan memberikan jarak 1x1 meter dengan pohon di sekitarnya. 

Jika terlalu dekat, akan berpengaruh pada pertumbuhan akar hingga mempengaruhi kualitas buahnya. 

Pemberian pupuk

Pemberian pupuk bertujuan agar pohon Jeruk Lemon California lekas berbuah. Perlu diketahui, tidak semua ranting atau cabang yang tumbuh dapat menghasilkan buah. 

Pupuk yang diberikan adalah pupuk kandang dan urea (NPK). Pemberian pupuk dilakukan saat penanaman pertama. 

Jika diperlukan untuk kebutuhan panen buah, pemberian pupuk bisa dilakukan secara berkala.

Pencegahan dari hama

Ada dua jenis hama yang sering menyerang pada tanaman jeruk. Pertama adalah ulat peliang daun, hama ini menyerang pada daun-daun yang masih muda. Tanaman yang terserang hama ini, daunnya akan terlihat menggulung, berkerut dan keriting. 

Untuk memusnahkan hama jenis ulat ini bisa dengan cara menyemprotkan insektisida pada bagian batang tanaman.

Kedua, hama yang juga sering menyerang tanaman jeruk adalah hama tungau karat jeruk. Hama ini memangsa buah muda yang masih berukuran sebesar biji kacang hingga berukuran kelereng. 

Cara pengendalianya, Anda bisa menyemprotkan pestisida akarisida. Penyemprotan bisa dilakukan sejak tanaman jeruk nampak berbunga.

Penyiraman

Penyiraman tanaman Jeruk Lemon California sangatlah mudah. Jika musim kemarau, penyiraman cukup dilakukan sekali per tiga hari. 

Saat musim hujan, Anda cukup memberikan pupuk dan melakukan pembersihan ilalang rumput di sekitar tanaman agar tak menghambat pertumbuhan pohon Jeruk Lemon California.

Panen 

Sebelum panen, Anda harus memperhatikan tingkat kematangan jeruk. Jika terlalu matang, kualitas kandungan jeruk akan berkurang, demikian juga sebaliknya, jika buah jeruk belum matang maka jumlah daging buahnya masih sedikit.

Idealnya, umur buah Jeruk Lemon California dapat dipanen saat berumur delapan bulan, terhitung dari kuncup bunga yang terlihat sudah bermekaran.

Akan tetapi, dalam satu pohon tidak semua buah jeruk siap dipanen bersamaan. Setiap buah jeruk yang dipanen harus tetap diperhatikan tingkat kematangannya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist