Cerita Keluarga Guru Susan di Sukabumi, Membaik Setelah Lumpuh Usai Vaksinasi Covid-19

Jumat 11 Juni 2021, 14:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Setelah lama tidak ada kabar, Susan Antela (31 tahun) guru honorer SMAN 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi kembali muncul dengan kondisi yang jauh lebih membaik. Dia bahkan memberi pesan kepada masyarakat melalui sebuah unggahan video agar tidak takut untuk di vaksinasi Covid-19.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Susan sempat mengalami kelumpuhan dan gangguan penglihatan akibat Guillain-Barre Syndrome (GBS), sehingga dia hanya bisa terbaring lemas di atas tempat tidurnya. Susan mengalami penyakit tersebut usai menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Yayu (26 tahun), adik dari Susan mengabarkan perkembangan kondisi terkini kesehatan kakaknya setelah mendapat pengobatan. Menurut Yayu, Susan sudah kuat berdiri, lancar berbicara, serta penglihatannya sudah tak lagi buram.

Baca Juga :

"Sekarang Alhamdulillah semakin banyak perbaikannya, sudah kuat berdiri sendiri walaupun belum sampai jalan, mata juga sudah mulai tipis blurnya walaupun kekontrasan warna belum tajam," ujar Yayu saat dihubungi sukabumiupdate.com, Kamis (10/6/2021).

"Bicaranya sekarang juga udah lancar, secara keseluruhan perbaikan kesehatannya udah banyak dari awal sampai sekarang, tadi juga bikin video ajakan vaksin ke masyarakat, tadi kata mamah ada petugas ke sini meminta bikin video itu," tambahnya.

Yayu mengungkapkan, bahwa kakaknya sudah beberapa kali melakukan kontrol terapi ke dokter di RSUD Palabuhanratu dan saraf di RSUD Sekarwangi. 

"Yang diseringkannya untuk terapi 3x dalam satu minggu, dan 1x dalam 1 minggu, untuk kontrol ke Poli saraf di RS Palabuhanratu, serta cek ke dokter spesialis, terapi 1 bulan sekali ke RS Sekarwangi," kata Yayu.

Dijelaskan Yayu, meski belum bisa berjalan dan penglihatannya belum setajam dulu, tapi dokter sangat mengapresiasi semangat Susan untuk sembuh.

"Jadi ngeliat yang warna coklat jadi krem gitu, jadi belum pas, setiap kontrol juga dokternya bilang bagus nih bu Susan semangat sembuhnya, selalu ada perbaikan katanya," pungkas Yayu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi02 Mei 2024, 13:52 WIB

Rumah Panggung Ambruk Milik Janda Di Kalibunder Sukabumi Akan Dibangun Swadaya

Rumah tidak layak huni, milik seorang janda dengan dua orang anak perempuan, di Kampung Cisaat Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi ambruk karena konsidinya sudah reyot.
Forkopimcam Kalibunder dan tagana saat cek lokasi | Foto : Ragil Gilang
Jawa Barat02 Mei 2024, 13:47 WIB

Silaturahmi LP3H EWI Jawa Barat dengan Satgas Halal Kemenag RI Provinsi

LP3H EWI Provinsi menyampaikan rencana kerja secara umum dan berharap kiprahnya dapat berkontribusi positif bagi suksesnya WHO24 khususnya di Provinsi Jawa Barat.
Pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke Satgas Halal Kemenag RI Provinsi Jawa Barat. | Foto: Istimewa