Virus Corona Menyebar di Udara, Apakah Face Shield Masih Efektif?

Jumat 17 Juli 2020, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Para ahli sepakat bahwa melindungi area wajah saat di tempat umum penting untuk mencegah penularan virus corona.

Dilansir dari tempo.co, saat ini ada beberapa pilihan pelindung wajah. Selain masker bedah dan masker kain, kini face shield pun banyak dicari. Apakah face shield efektif melindungi, mengingat virus corona kini disebut menyebar di udara? 

David Edwards dari Universitas Harvard, yang juga CEO dan Pendiri Sensory Cloud, mengatakan ada pro dan kontra soal face shield. Meskipun efektif mencegah tetesan pernapasan yang keluar melalui batuk atau bersin, pelindung wajah ini tidak dapat memblokir partikel yang lebih kecil. Sebab, pelindung wajah tidak sepenuhnya menutup muka.

"Partikel yang lebih kecil tidak berjalan seperti peluru, mereka melayang di udara dan di bawah face shield, Anda masih bernapas di udara itu," kata Edwards seperti dikutip People, Kamis, 16 Juli 2020.

Jadi, Edwards tetap merekomendasikan menggunakan masker, baik dipakai bersama dengan face shield atau tidak.

"Dari sudut pandang ilmiah, jika Anda bertanya kepada saya, masker kelas bedah versus face shield, saya akan memakai masker," katanya.

Menurut dia, masker kelas rumah sakit N95 adalah yang terbaik dalam mencegah penyebaran COVID-19. Namun, itu hanya disediakan untuk profesional medis dan pekerja garis depan lainnya.

Sebuah studi baru-baru ini menetapkan bahwa masker kain yang dijahit berlapis-lapis jadi pilihan paling efektif kedua. Menurut Edwards, semakin banyak lapisan maka semakin baik.

"Ilmu pengetahuan di sini sangat mudah. Anda ingin masker berlapis yang memiliki ukuran pori yang sangat kecil, yang pas untuk wajah."

Pilihan lain yang sedang naik daun adalah masker dengan tengah plastik transparan memperlihatkan mulut sehingga sangat berguna saat berkomunikasi, terutama dengan orang-orang yang memiliki gangguan pendengaran. Namun, ini belum diuji keefektifannya.

"Segala jenis integrasi bahan plastik yang jenisnya tidak dapat ditembus partikel, tapi Anda harus memestikan segelnya baik," katanya.

Meskipun saat ini tidak ada data tentang efektivitas topeng dengan tengah plastik, John Whyte, Kepala Medical Officer di WebMD dan koresponden kesehatan MSNBC, mengatakan bahwa masker ini berpotensi menawarkan perlindungan lebih karena dapat mencegah orang melepas masker mereka selama bercakap-cakap.

Sekelompok peneliti di Florida Atlantic University’s College of Engineering and Computer Science belum lama ini menemukan bahwa tanpa masker, tetesan dari batuk menyebar lebih dari 8 kaki (2,4 meter), melebihi jarak sosial yang direkomendasikan 6 kaki (1,8 meter).

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa risiko penularan virus corona turun 85 persen ketika orang mengenakan masker. “Pada poin ini masker sangat penting, mencuci tangan sangat penting, jarak sosial sangat penting. Apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali,” kata Edwards.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel16 Mei 2024, 11:30 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengurangi Stres, 10 Step Simpel dan Gampang!

Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Minum air lemon dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.
Ilustrasi. Coba sesuaikan resep membuat Infused Water Air Lemon sesuai dengan selera pribadi, baik dari segi konsentrasi perasan lemon, tambahan gula, atau penambahan bahan-bahan lain seperti daun mint atau buah lainnya. (Sumber : Pexels/Alleksana)
Sehat16 Mei 2024, 11:15 WIB

3 Obat Alami Untuk Asam Urat yang Bisa Dilakukan dan Dibuat di Rumah

ada beberapa cara yang bisa dilakukan atau dibuat di rumah bagi penderita asam urat agar rasa nyerinya ketika muncul bisa berkurang dengan baik atau bisa dicegah
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Life16 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik, Simpel dan Mudah Loh Bund!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Maka dari itu, Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik Bisa dengan menjadi contoh yang baik pula.
Ilustrasi. Cara Membentuk Karakter Baik Anak yang Bisa Dilakukan Orang Tua (Sumber : Pixabay/JupiLu)
Sehat16 Mei 2024, 10:45 WIB

Asam Urat di Pergelangan Kaki? Lakukan 7 Hal Ini Agar Bisa Cepat Pulih

Ternyata asam urat juga bisa menyerang pergelangan kaki, sudah pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena sakitnya yang begitu menyakitkan. Maka dari itu penting mengetahui hal yang bisa membantu pemulihan asam urat
Ilustrasi asam urat yang menyerang pergelangan kaki, maka 7 hal ini bisa dilakukan agar cepat pulih. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi16 Mei 2024, 10:44 WIB

Balai Kota Sukabumi Jadi Ruang Pembelajaran bagi Anak-anak TK

Kunjungan ini menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh anak-anak.
Balai Kota Sukabumi menjadi ruang pembelajaran bagi anak-anak TK Sejahtera pada Kamis, 16 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat16 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Infused Water untuk Mengurangi Gejala Asam Urat, Salah Satunya Air Lemon

Bisa untuk Mengurangi Gejala Asam Urat, Proses pembuatan Infused Water memungkinkan air menyerap rasa dan nutrisi dari bahan-bahan alami tersebut, menciptakan minuman yang segar dan lezat tanpa tambahan gula atau bahan kimia.
Ilustrasi. Infused Water Air Lemon untuk Mengurangi Gejala Asam Urat. (Sumber : Pexels/AntoniShkraba)
Life16 Mei 2024, 10:15 WIB

5 Kebiasaan Sepele yang Akan Menurunkan Semangat Hidup Anda, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa menjadi sebab semangat hidup menjadi menurun. Hal ini penting diketahui agar mencegah lebih dini
Ilustrasi seseorang akibat kebiasaan yang menurunkan semangat hidup (Sumber : Pexels.com/ @Nicola Barts)
Life16 Mei 2024, 10:00 WIB

11 Makanan dan Minuman Bergizi yang Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Nutrisi dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perkembangan tinggi badan anak.
Ilustrasi. Nutrisi dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perkembangan tinggi badan anak. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat16 Mei 2024, 09:59 WIB

Konferwil ke-3 AMSI Jabar 2024, Memilih Pengurus Baru dan Diskusi Masa Depan Media Siber

Seminar masa depan bisnis media ini menghadirkan tiga narasumber utama.
Ketua Umum AMSI Wahyu Dhyatmika saat memberikan sambutan dalam kegiatan konferensi wilayah (Konferwil) ke-3, di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (16/5/2024). | Foto: SU
Internasional16 Mei 2024, 09:43 WIB

Kontroversi Senator AS, Sarankan Israel Serang Gaza dengan Bom Nuklir

Pernyataannya muncul setelah AS menghentikan pengiriman senjata dalam jumlah besar ke Israel.
(Foto Ilustrasi) Senator AS Lindsey Graham melontarkan pernyataan kontroversial terkait agresi Israel di Gaza. | Foto: Istimewa