Cegukan Saat Puasa Tak Nyaman, Ini 8 Cara Ampuh Mengatasinya

Senin 27 April 2020, 10:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pernahkah Anda mengalami cegukan saat puasa? Hal ini tentu sangat menganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Melansir dari tempo.co, apalagi Anda tidak bisa minum banyak air untuk mengatasi cegukan karena sedang puasa. Tak perlu khawatir, ada banyak cara lain yang bisa Anda coba sebagai cara mengatasi cegukan saat puasa.

Cegukan dapat terjadi akibat otot-otot diafragma mengalami kejang, kontraksi, atau peregangan. Otot diafragma adalah salah satu jenis otot yang berbentuk seperti kubah dan tersekat di antara ulu hati dan di atas perut.

Otot diafragma yang berkontraksi akan memaksa udara untuk masuk ke tenggorokan. Pada saat itulah udara yang dipaksa masuk terkena kotak suara dan membuat pita suara Anda secara tiba-tiba menutup. Penutupan pita suara yang terjadi secara mendadak mengakibatkan suara “hik” cegukan yang sering didengar.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab cegukan saat puasa, di antaranya, makan berlebihan saat sahur, makan terlalu cepat saat sahur, minum minuman bersoda saat sahur, banyak menelan udara, serta perubahan suhu yang mendadak Namun, Anda bisa juga mengalami cegukan saat puasa karena otak bereaksi terhadap emosi tertentu. Misalnya, merasa gugup, cemas, stres, atau terlalu bersemangat. Emosi yang meluap-luap dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.

Cegukan bukan suatu kondisi medis yang membahayakan. Bahkan, cegukan dapat hilang sendiri tanpa pengobatan apa pun. Namun, dalam beberapa kasus, cegukan dapat berlangsung sangat lama sehingga Anda akan merasa terganggu dan tidak nyaman, apalagi bila sedang berpuasa. 

Berikut ini cara mengatasi cegukan saat puasa

1. Menahan napas

Menahan napas menjadi salah satu cara mengatasi cegukan yang paling populer. Berikut adalah cara menahan napas untuk mengatasi cegukan saat puasa. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung Anda, lalu tahan napas kira-kira selama 10 detik. Kemudian, hembuskan pelan-pelan dan ulangi lagi sampai 3-4 kali. Ulangi langkah-langkah ini setiap 20 menit apabila cegukan yang Anda alami tak kunjung hilang.

2. Bernapas dalam kantong kertas

Cara mengatasi cegukan saat puasa berikutnya adalah menggunakan kantong kertas. Anda bisa menggunakan kantong kertas kosong yang cukup tebal, seperti paper bag. Lalu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Tempelkan leher kantong kertas ke area mulut dan hidung Anda, jangan ke seluruh wajah.

- Pastikan seluruh area mulut dan hidung Anda sudah tertutupi oleh kantong kertas.

- Bernapaslah dalam kantong kertas tersebut.

Bernapas dalam kantong kertas membuat Anda lama kelamaan akan menghirup karbon dioksida. Akibatnya, otot-otot diafragma yang sebelumnya berkontraksi akan melemas kembali. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan kantong plastik karena justru akan menempel di mulut dan hidung saat Anda mengambil napas.

3. Duduk memeluk lutut

Duduk memeluk lutut juga menjadi cara mengatasi cegukan saat puasa yang bisa dicoba. Caranya:

- Duduklah dengan posisi kedua kaki ditekuk ke atas.

- Kemudian, peluk lutut Anda seraya mencondongkan badan ke depan, seperti mau meringkuk.

- Tahan posisi tersebut selama kira-kira 2 menit. Posisi ini akan memberikan tekanan pada area diafragma Anda sehingga udara yang terjebak di dalamnya bisa keluar.

4. Memijat area ulu hati

Cara mengatasi cegukan saat puasa lainnya adalah dengan memijat area ulu hati. Ya, cobalah memijat area ulu hati Anda karena otot-otot diafragma letaknya tepat di bawah ulu hati atau di atas perut. Beri tekanan lembut pada area tersebut menggunakan ujung jari-jari Anda selama 20-30 detik.

5. Memijat pembuluh darah di leher

Anda memiliki pembuluh darah di kedua sisi leher yang dikenal dengan nama arteri karotis. Arteri karotis berfungsi untuk mengantarkan darah ke otak dan kepala. Jika disentuh, Anda akan merasakan denyut nadi di leher Anda. Cara melakukannya, Anda cukup berbaring di atas sofa atau tempat tidur. Kemudian, putar kepala ke kiri dan pijatlah pembuluh arteri karotis di sisi kanan leher dengan gerakan memutar selama 5-10 detik. 

6. Memijat telapak tangan

Anda juga bisa mencoba cara mengatasi cegukan saat puasa dengan memijat telapak tangan. Caranya, tekan telapak tangan Anda menggunakan ibu jari tangan Anda lainnya. Anda juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jika tekanan di telapak tangan tersebut menimbulkan sedikit rasa sakit, ini berarti adanya gangguan yang memengaruhi sistem saraf. Lakukan beberapa kali agar cegukan dapat hilang sepenuhnya.

7. Menutup kedua telinga

Cara mengatasi cegukan saat puasa lainnya adalah menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Atau Anda juga bisa menekan area lunak di belakang cupang telinga, tepat di bawah pangkal tengkorak. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal “rileks” melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.

8. Menarik lidah

Jika cara mengatasi cegukan saat puasa yang disebutkan sebelumnya tidak kunjung berhasil, cobalah menarik lidah Anda. Menarik lidah dapat membantu merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Caranya, pegang ujung lidah menggunakan tangan yang sudah dicuci bersih, kemudian tarik lidah secara perlahan ke depan sebanyak 1-2 kali.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update