Khasiat Lemon dari Air Hingga Kulitnya untuk Kesehatan Jantung dan Pencernaan

Kamis 20 Februari 2020, 01:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Buah lemon kaya nutrisi dan manfaat mulai dari airnya, bulirnya, hingga kulitnya. Dilansir dari tempo.co, manfaat buat sitrus ini pun tak main-main, termasuk menjaga kesehatan jantung hingga baik untuk kulit.

Lemon merupakan buah yang bernutrisi. Satu buah lemon dengan berat sekitar 58 gram mengandung nutrisi berikut ini:

Energi: 16,8 kalori (kkal)

Karbohidrat: 5,41 gram, dengan 1,45 gram adalah gula

Kalsium 15,1 miligram

Zat besi: 0,35 miligram

Magnesium: 4,6 miligram

Fosfor: 9,3 miligram

Kalium: 80 miligram

Selenium: 0,2 mikrogram

Vitamin C: 30,7 miligran

Folat: 6,4 mikrogram

Kolin: 3,0 mg

Vitamin A: 0,6 mikrogra

Lutein + zeaxanthin: 6,4 mikrogram.

Selain nutrisi di atas, lemon juga mengandung beberapa zat gizi lain dalam jumlah kecil, seperti tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), piridoksin (vitamin B6), asam pantotenat (vitamin B5), tembaga, dan mangan.

Buah lemon memiliki kandungan asam yang tinggi. Dengan begitu, konsumsi airnya atau jusnya bisa jadi memengaruhi beberapa individu dengan gangguan medis seperti sariawan atau Gastroesophageal reflux disease (GERD).

Berikut ini manfaat lemon untuk kesehatan jantung sampai kulit

1. Menjaga kesehatan jantung

Lemon merupakan sumber vitamin C. Dalam satu buahnya saja, lemon bisa memberikan 51 persen dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan. Berbagai studi menemukan, mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tak hanya vitamin C yang dilaporkan bermanfaat untuk jantung. Kandungan serat pangan dan senyawa tumbuhan dalam buah nan cantik ini juga dilaporkan dapat menurunkan risiko faktor penyakit jantung secara signifikan. Misalnya, senyawa tumbuhan dalam lemon berupa hesperidin dan diosmin disebutkan mampu menurunkan kolesterol.

2. Mencegah batu ginjal

Lemon mengandung asam sitrat. Asam ini digadang-gadang dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan menaikkan nilai pH pada urine. Akan tetapi, studi lanjutan diperlukan untuk mengonfirmasi terkait manfaat lemon untuk pencegahan batu ginjal ini.

3. Melawan anemia

Anemia defisiensi zat besi merupakan kondisi medis yang umum terjadi. Penyakit ini terjadi apabila kita kekurangan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Lemon membantu mencegah anemia karena buah ini mengandung vitamin C dan asam sitrat. Kedua nutrisi ini berperan penting karena membantu penyerapan zat besi yang lebih optimal di dalam tubuh.

4. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi rutin buah-buahan dengan rutin diyakini dapat menurunkan risiko kanker. Untuk buah lemon, walaupun temuan risetnya masih belum sepenuhnya jelas, orang yang rajin mengonsumsi buah sitrus (seperti lemon) dikabarkan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kanker.

Studi lain juga menyebutkan kandungan dalam lemon, seperti limonene dan naringenin, memiliki efek antikanker. Studi pada hewan juga menyebutkan D-limonene, kandungan pada minyak lemon, juga memiliki sifat untuk melawan kanker. Meski demikian, temuan-temuan menarik ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk benar-benar memastikan manfaat lemon terhadap penyakit kanker.

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Lemon mengandung jenis serat yang disebut pektin, yaitu serat larut dalam air, dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat larut dalam air disebutkan dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Hal ini pun dapat berujung pada pengendalian gula darah. Meski demikian, manfaat lemon ini bisa kita dapatkan apabila kita turut mengonsumsi ampas lemon saat mengolahnya menjadi jus. Mengonsumsi jus lemon tanpa ampasnya akan menghilangkan manfaat dari serat tersebut.

6. Mengendalikan tekanan darah

Sebuah studi di Jepang yang dimuat dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, partisipan wanita di Jepang yang rutin mengonsumsi lemon setiap hari diiringi dengan berjalan kaki, memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Temuan ini menarik walau diperlukan kajian lebih lanjut untuk mencari tahu pengaruh lemon dalam pengendalian tekanan darah.

7. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C, seperti yang terkandung dalam buah lemon, memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen. Studi pada hewan mengungkapkan bahwa konsumsi vitamin C dalam bentuk aslinya atau mengoleskan secara topikal dapat mencegah kerusakan kulit.

8. Memelihara kesehatan mulut

Semua bagian buah lemon memberikan manfaat kesehatan, termasuk kulitnya. Kulit lemon disebutkan ahli mengandung senyawa antibakteri yang dapat memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Studi uji tabung menemukan bahwa ekstrak kulit lemon dapat menghambat aktivitas Streptococcus mutans, bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan infeksi pada gusi.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)