Jangan Sampai Ketiak Basah Rusak Momen Liburan, Cegah dengan 7 Tips Ini

Selasa 24 Desember 2019, 12:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketiak basah dapat menganggu penampilan. Tak hanya itu, rasa percaya diri pun menurun apalagi saat sedang seru beraktivitas bersama teman-teman sehingga Anda tidak lagi bebas berekspresi. Tentunya, Anda tidak ingin hal ini merusak momen liburan. 

Beberapa hal dapat menyebabkan keringat berlebih, salah satunya adalah hiperhidrosis, kondisi yang bisa menyebabkan Anda berkeringat lebih, bahkan sampai baju basah, walau tidak melakukan aktivitas berat. Kondisi keringat berlebih di ketiak disebabkan oleh hiperhidrosis aksila. Tanda bahwa Anda telah mengidap hiperhidrosis aksila adalah, menurunnya keinginan untuk menggunakan baju yang berwarna cerah. Sebab, baju dengan warna yang terang, bisa membuat ketiak basah jadi terlihat.

Berikit ini 7 tips ampuh agar bisa bebas dari ketiak basah.

1. Gunakan antiperspiran topikal (oles)

Jika deodoran biasa tidak mampu mengatasi ketiak basah, maka kini saatnya Anda beralih ke antiperspiran topikal. Deodoran mungkin bisa menghilangkan bau ketiak, tapi tidak dirancang untuk menghentikan produksi keringat di ketiak. Sementara antiperspiran diciptakan untuk menghilangkan bau ketiak dan secara aktif menutup kelenjar keringat agar tidak memproduksi keringat di ketiak. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi ketiak basah.

Bagi sebagian orang, antiperspiran dengan kandungan alumunium klorida yang rendah, belum mampu mengatasi masalah ketiak basah. Jika hal ini terjadi, kalian bisa meminta resep dokter, agar mendapatkan antiperspiran dengan kadar alumunium klorida yang lebih tinggi.

Jangan asal memakainya. Ada sejumlah cara menggunakan antiperspiran topikal yang tepat, agar fungsinya semakin efektif. Oleskan antiperspiran hanya ketika kulit ketiak kering dan bersih. Jangan pernah mengoleskannya saat ketiak basah karena keringat, atau sehabis mandi.

Gunakan antiperspiran pada malam hari, setelah mandi. Hal ini membuat alumunium klorida yang dikandungnya, bekerja lebih efektif. Cukurlah rambut ketiak Anda. Sebab, rambut bisa mengurangi efektivitas antiperspiran. Setelah mencukur rambut ketiak, jangan langsung mengoleskan antiperspiran, karena kulit Anda bisa teriritasi. Manfaat antiperspiran tidak bisa langsung dirasakan, Anda harus menunggu sampai empat hari untuk bisa merasakan manfaat antiperspiran sesungguhnya.

2. Cukur rambut ketiak

Keberadaan rambut di ketiak Anda, memberikan kelembapan yang bisa menyebabkan keringat muncul. Jika ketiak basah sudah membuat Anda sampai malu dan tidak percaya diri, ada baiknya mencukur rambut ketiak secara rutin. Selain menghilangkan ketiak basah, mencukur rambut ketiak juga bisa membantu Anda terhindar dari bau ketiak yang tidak menyedapkan.

3. Berikan jeda waktu antara mandi dan berpakaian

Jika mandi dengan air hangat, apalagi tinggal di tempat yang lembap, ada baiknya Anda memberikan jeda waktu antara mandi dan berpakaian. Tujuannya, untuk memberikan waktu pada tubuh Anda untuk kembali ke temperatur normalnya, sehingga keringat belebih bisa dihindari dan ketiak basah tidak akan terjadi.

4. Hindari makanan dan minuman pemicu keringat

Tahukah Anda bahwa pola makan juga berpengaruh pada keringat? Percaya tidak percaya, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan tubuh lebih banyak berkeringat. Misalnya, makanan bersodium tinggi alias asin, yang memicu sering buang air kecil dan berkeringat.

Lebih lanjut, makanan dan minuman yang dapat mengundang produksi kelingat berlebih adalah makanan yang diproses, bir, bawang merah dan putih, makanan berlemak tinggi, kafein, makanan pedas yang disajikan panas serta es krim. Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut, jika ingin menghindari keringat berlebih yang berujung pada ketiak basah.

5. Konsumsi air dengan cukup

Minum banyak air dan mengonsumsi makanan yang mengandung air, bisa mempertahankan temperatur badan yang sejuk. Hal ini membuat tubuh tidak berkeringat dan terhindar dari ketiak basah.

6. Gunakan pakaian yang longgar

Mengenakan pakaian yang ketat, ternyata bisa membuat Anda lebih berkeringat. Maka dari itu, gunakan pakaian yang lebih longgar dan dapat menyerap keringat, seperti berbahan katun sehingga tubuh Anda bisa “bernapas”. Dengan begitu, ketiak bisa merasakan angin yang masuk ke dalam pakaian, sehingga menjadi sejuk. Selamat tinggal ketiak basah!

7. Berhenti merokok

Mungkin Anda tidak pernah berpikir bahwa merokok bisa menyebabkan keringat berlebih. Selain merusak paru-paru dan meningkatkan risiko kanker, merokok juga bisa menyebabkan keringat berlebih. Sebab, nikotin yang terkandung di dalamnya, bisa meningkatkan temperatur tubuh, menyebabkan jantung berdetak dengan cepat, dan mengakibatkan kelenjar keringat jadi bekerja lebih keras. Berhenti merokok menjadi opsi terbaik bagi Anda yang tidak ingin mengalami ketiak basah

Perubahan gaya hidup dan kebiasaan dalam diri Anda, memengaruhi keringat yang tubuh hasilkan. Segera berkonsultasi dengan dokter jika ketujuh cara menghilangkan ketiak basah di atas, tidak efektif. Sebab, ada beberapa kondisi medis yang bisa memicu ketiak basah dan keringat berlebih, seperti leukimia, HIV/AIDS, menopause, hingga stres.

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich