Mulai Banyak Nyamuk? Usir dengan 5 Aroma Bahan Alami Ini

Minggu 14 April 2019, 22:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nyamuk membawa begitu banyak penyakit, dari demam berdarah, kaki gajah, sampai malaria. Dan yang menyebalkan, serangga jenis ini sangat sulit diberantas. Apalagi di musim panas. Ketika ada air yang tidak mengalir, mereka lebih leluasa untuk berkembang biak.

Saking sebalnya pada nyamuk, banyak orang akhirnya menggunakan antinyamuk. Umumnya orang menggunakan antinyamuk yang dioleskan ke tubuh atau yang disemprotkan ke ruangan. Padahal, ada lo antinyamuk alami yang berasal dari tanaman. Jenis tanaman ini dapat mengusir nyamuk karena baunya yang tidak disukai serangga itu. Apa saja?

1. Bawang putih

Jika digunakan untuk memasak, bawang putih berbau harum. Tapi rupanya bau bawang putih mentah begotu tidak disukai nyamuk. Bahkan, memakan siung bawang putih diyakini dapat mengusir serangga pengisap darah ini.

2. Basil atau selasih 

Pernah memakan selasih yang katanya mpuh untuk panas dalam. Nah, kali ini coba gunakan daunnya untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat ditanam dengan mudah di rumah Anda. Minyak yang diekstrak dari daunnya dikenal sangat efektif untuk mengusir nyamuk.

3. Daun mint

Jangan menggunakan daunt mint hanya untuk menambah aroma dan rasa di minuman the atau virgin mojito. Ketahuilah manfaat daun  yang punay rasa segar ini. Selain untuk minuman dan permen penyegar napas, ekstrak daun mint dapat mengusir nyamuk.

4. Serai

Lagi-lagi bumbu dapur. Tanaman berbau khas ini bukan hanya menambah lezat makanan atau menambah nikmati minuman, tapi juga bisa mengusir serangga.  Ekstrak serai atau minyak serai dikenal untuk mengusir nyamuk. Ekstrak serai banyak digunakan untuk campuran produk sabun atau minyak telon antinyamuk.

5. Daun neem atau intaran

Daun neem, yang dikenal sebagai daun intaran atau mumba di Indonesia, juga jadi pilihan untuk menjaga tubuh dari gigitan nyamuk. Baunya tidak terlalu meneyngat sehingga cenderung aman untuk hidung. Kini, ekstrak daun neem banyak dijual sehingga memudahkan Anda mendapatkannya.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 18:38 WIB

Ketahui 6 Tanda Orang Tua yang Gagal dalam Mendidik Anak, Ini Buktinya

Tidak semua orang tua berhasil dalam mendidik anak. Sebagian di antara mereka justru gagal mendidik anak oleh sebab kesalahan pola asuhnya
Orang tua yang gagal dalam mendidik anak | Foto : Pexels/ Kampus Production
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Piala AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)