8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Kamis 20 Juni 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)

Ilustrasi - Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat umumnya menyerang satu sendi dalam satu waktu, namun jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyerang sendi lainnya. Beberapa gejala paling umum yang terkait dengan asam urat termasuk pembengkakan, nyeri sendi yang menusuk yang menyebabkan peradangan.

Gejala asam urat dapat dikenali dari kemerahan yang biasa terlihat pada jari kaki, pergelangan kaki, jari tangan, pergelangan tangan, dan lutut. Untungnya asam urat dapat diatasi dengan cara-cara alami.

Alam telah menganugerahkan kepada kita bahan-bahan luar biasa yang bekerja secara ajaib dalam meringankan gejala-gejala yang berhubungan dengan asam urat. Dihimpun dari laman netmeds, berikut ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan pembengkakan dan nyeri sendi akibat asam urat.

5 Makanan Super Untuk Meredakan Asam Urat

1. Ceri

Kandungan antosianin dan askorbat yang besar dalam ceri memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat sehingga menurunkan risiko serangan asam urat. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Universitas Boston, penderita asam urat yang mengonsumsi buah ceri selama 2 hari memiliki risiko serangan asam urat 35% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Disarankan mengonsumsi tiga porsi buah ceri atau ekstrak ceri untuk meminimalkan risiko serangan asam urat (satu porsi mengandung 10-12 buah ceri).

2. Pepaya

Kebaikan enzim papain dan chymopapain pada pepaya memiliki efek antiinflamasi yang kuat sehingga membantu meredakan peradangan dan mengurangi pembengkakan pada persendian. Ini juga membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh dengan meningkatkan alkalinitas.

Selain itu, pepaya mengandung antioksidan beta-karoten dan vitamin C yang membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada persendian.

3. Biji Seledri

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam biji seledri seperti zat besi, mangan, kalsium dan senyawa bioaktif lainnya mendukung penyembuhan asam urat. Senyawa tanaman terkenal luteolin, 3-n-butylphthalide dan beta-selinene dalam seledri mengurangi kadar asam urat dalam darah dan menurunkan produksi oksida nitrat inflamasi yang memperburuk serangan asam urat.

Tambahkan biji seledri ke dalam makanan dalam bentuk jus, ekstrak atau biji-bijian.

4. Jahe

Jahe adalah ramuan serbaguna yang terkenal karena khasiat obat dan kulinernya yang manjur. Efek anti-inflamasi yang kuat dari jahe mengurangi peradangan, pembengkakan dan menurunkan kadar asam urat darah serta memberikan kelonggaran terhadap serangan asam urat.

5. Lemon

Vitamin C dan antioksidan dalam jumlah banyak dalam lemon mengurangi peradangan, memecah timbunan asam urat dalam darah dengan meningkatkan pH urin dan membantu membersihkan asam urat. Anda cukup mengonsumsi jus lemon 2-3 kali sehari untuk meredakan nyeri asam urat.

6. Alpukat

Salah satu buah yang paling padat nutrisi, alpukat kaya akan lemak sehat, Vitamin B6, dan potasium selain mengandung senyawa anti-inflamasi seperti senyawa fenolik, karotenoid, vitamin C dan E. Semua ini efektif dalam mengurangi peradangan dan membatasi asam urat. suar.

7. Kopi

Kopi adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan asam urat dari sistem Anda. Asupan kopi berkafein secara teratur dapat membantu menurunkan risiko asam urat.

8. Pisang

Sebagai sumber potasium yang tinggi, pisang rendah purin dan tinggi vitamin C, menjadikannya salah satu sumber makanan ideal jika asam urat Anda tinggi. Mengonsumsi satu buah pisang setiap hari dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah, sehingga mengurangi risiko serangan asam urat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 23:57 WIB

Tangis Histeris Pedagang Tahu di Sukabumi Diduga Jadi Korban Hipnotis, Uang Rp3 Juta Raib

Seorang pria paruh baya pedagang tahu keliling menangis histeris usai diduga jadi korban hipnotis di Nagrak Sukabumi.
Engkos menangis histeris karena uang hasil jualannya raib dibawa pelaku. Dugaan penipuan modus hipnotis ini terjadi di Nagrak Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi18 Juli 2024, 22:25 WIB

Pemkot Sukabumi Terbitkan Buku Data Statistik Sektoral Daerah, Cek Akses Bacanya di Sini

Berikut link buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 yang diterbitkan Diskominfo Kota Sukabumi.
Kepala Diskominfo Kota Sukabumi Rahmat Sukandar saat menyerahkan buku Data Statistik Sektoral Daerah tahun 2024 kepada Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. (Sumber : @diskominfo_sukabumikota)
Sukabumi18 Juli 2024, 20:59 WIB

Pengacara Terlapor Hargai Proses Hukum Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu

Kuasa Hukum SRP buka suara terkait kasus pelecehan seksual finalis putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi yang kini naik ke tahap penyidikan.
Gedung Satreskrim Polres Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola18 Juli 2024, 20:20 WIB

Adam Alis Resmi Jadi Pemain Baru Persib Bandung

Adam Alis didatangkan Persib Bandung dari Borneo FC dengan status pinjaman dengan opsi kontrak permanen.
Persib Bandung umumkan Adam Alis sebagai pemain baru. (Sumber : Medsos Persib)
Jawa Barat18 Juli 2024, 20:20 WIB

Kecam Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu, Kohati Badko Jabar Minta Pelaku Dihukum Berat

Korps HMI Wati Badan Koordinasi (Kohati Badko) Jawa Barat memberikan perhatian serius terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga melibatkan Ketua Panitia Hari Nelayan Palabuhanratu 2024.
(Foto Ilustrasi) Unit PPA Polres Sukabumi menangani kasus dugaan pemerkosaan salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juli 2024, 20:01 WIB

Target Rampung 75 Hari, Dinas PU Perbaiki Jalan Caringin-Cidahu Sukabumi

Proyek ini merupakan bagian dari upaya Dinas PU Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Cidahu.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi mulai perbaiki ruas jalan Caringin-Cidahu di Desa Pondokkaso Tengah. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Mengelola Strategi Perilaku ADHD Pada Anak Anda

Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi - Ada Beberapa Strategi Terbaik untuk Mengelola Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : Pixabay.com/@SarahRichterArt)
Sukabumi18 Juli 2024, 19:29 WIB

Bocah 10 Tahun di Cidadap Sukabumi Lumpuh Sejak Balita, Butuh Biaya Pengobatan

Ali yang berusia 10 tahun tidak bisa berinteraksi atau bermain dengan anak-anak seusianya. Berat badannya hanya berkisar antara 8 hingga 9 kilogram, setara dengan berat badan anak usia lima tahun.
Muhamad Ali Mursali (10 tahun) dan sang ibu, Solihat, warga di Cidadap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena18 Juli 2024, 19:13 WIB

Peslalom Asal Sukabumi Naik Podium di Autokhana Championship Kejurnas 2024

Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024.
Bikin bangga, pembalap asal Sukabumi raih juara 2 di event Autokhana Championship Kejurnas 2024. (Sumber : Istimewa).
Sehat18 Juli 2024, 19:00 WIB

3 Gejala ADHD Pada Anak yang Umum Terjadi, Orang Tua Perlu Mengetahuinya

Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua.
Ilustrasi -  Ada Beberapa Ciri Perilaku ADHD Pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).