Pusing Saat Bangun Tidur di Pagi Hari? 7 Penyebab dan Cara Anda Mengatasinya

Senin 15 April 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi - Saat bangun tidur pusing bisa terjadi karena berbagai sebab, yang sebagian besar tidak serius secara medis. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Saat bangun tidur pusing bisa terjadi karena berbagai sebab, yang sebagian besar tidak serius secara medis. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Semua orang mungkin pernah mengalami sakit kepala saaat bangun dari tidurnya. Penyebab pusing saat bangun tidur bermacam-macam, namun seringkali, hal ini tidak menunjukkan sesuatu yang serius, terutama jika pusingnya ringan dan cepat sembuh.

Anda mungkin mengalami dehidrasi atau rentan terhadap tekanan darah rendah. Namun, pusing di pagi hari juga bisa menjadi tanda dari banyak kondisi medis lainnya, beberapa di antaranya lebih serius dibandingkan yang lain.

Apa itu Pusing?

Pusing dapat memiliki arti yang berbeda. Berikut beberapa gejala yang termasuk dalam kategori “pusing”.

  • Sakit kepala ringan: Merasa perlu duduk dan jika tidak, Anda mungkin pingsan
  • Ketidakseimbangan: Merasa tidak bisa mendapatkan keseimbangan atau menginstruksikan gerakan seperti biasanya.
  • Vertigo: Perasaan seolah-olah dunia berputar di sekitar Anda atau seolah-olah Anda berputar ketika dunia diam

Terkadang, Anda mungkin merasa pusing dalam situasi psikologis tertentu, seperti jika Anda sedang mengalami banyak stres atau kecemasan atau jika Anda merasa sangat kesakitan.

Apa Penyebab Pusing di Pagi Hari?

Apapun yang membatasi sirkulasi darah atau glukosa darah dapat menyebabkan sakit kepala ringan sementara. Masalah pada telinga bagian dalam seringkali dapat menyebabkan vertigo, sedangkan masalah pada sistem saraf dapat menyebabkan berbagai jenis pusing.

Dihimpun dari verywellhealth, berikut ini membahas beberapa penyebab umum dan penting dari rasa pusing saat bangun tidur, meskipun penyebab lain juga mungkin terjadi.

1. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan pusing di pagi hari pada beberapa orang. Bibir kering dan berkurangnya keinginan untuk buang air kecil saat bangun tidur mungkin mengindikasikan dehidrasi.

Ketika Anda tidak minum cukup cairan, volume darah yang bersirkulasi ke seluruh tubuh Anda menjadi lebih sedikit. Hal ini menurunkan sirkulasi ke otak Anda, yang dapat menyebabkan pusing pada beberapa orang.

Dehidrasi terkadang juga dapat menyebabkan kelainan pada elektrolit (partikel bermuatan dalam darah Anda), yang terkadang juga dapat menyebabkan pusing.

2. Tekanan Darah Rendah

Dehidrasi mungkin lebih menjadi masalah jika Anda memiliki tekanan darah yang relatif rendah. Memiliki tekanan darah rendah umumnya merupakan hal yang baik (mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung).

Namun, dehidrasi semakin menurunkan tekanan darah. Orang dengan tekanan darah rendah umumnya lebih rentan mengalami pusing jika mengalami dehidrasi, terutama jika tekanan darah istirahatnya sekitar 90/60 milimeter air raksa (mmHg) atau lebih rendah

3. Gula Darah Rendah

Gula darah rendah (glukosa darah rendah atau hipoglikemia ) dapat menyebabkan pusing di pagi hari. Penderita diabetes mungkin terbangun dengan perasaan pusing akibat rendahnya gula darah yang disebabkan oleh satu atau beberapa perilaku, seperti berikut ini, sebelum tidur:

  • Mengonsumsi terlalu banyak insulin
  • Berolahraga lebih dari biasanya
  • Tidak makan cukup karbohidrat
  • Minum alkohol

Jika Anda menderita diabetes dan mengalami pusing saat bangun tidur, periksa kadar glukosa darah Anda. Jika kadarnya antara 55 dan 69 miligram per desiliter (mg/dL), konsumsilah 15 gram (g) karbohidrat (misalnya, setengah cangkir jus) dan periksa kembali glukosa darah Anda.

4. Vertigo

Vertigo adalah sensasi pusing berputar yang dapat disertai dengan mual, muntah, dan rasa tidak seimbang. Penyebab paling umum dari vertigo adalah vertigo posisional paroksismal jinak (BPPV).

Kristal dapat menumpuk di saluran setengah lingkaran di dalam telinga bagian dalam Anda. Jika ini terjadi di malam hari, Anda mungkin terbangun dengan perasaan pusing.

5. Masalah Jantung

Irama jantung yang tidak normal dapat menyebabkan jantung Anda tidak memompa seefektif yang seharusnya, sehingga menyebabkan sakit kepala ringan. Misalnya, hal ini mungkin terjadi sementara pada seseorang dengan masalah irama jantung yang disebut fibrilasi atrium, di mana ruang pertama jantung tidak berkontraksi secara efisien.

Orang yang mengalami gagal jantung , dimana jantung tidak dapat memompa darah seefektif yang seharusnya, sering kali rentan mengalami pusing. Mereka mungkin memiliki tekanan darah rendah, dan lebih rentan terhadap masalah irama jantung.

6. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Ketika Anda kekurangan sel darah merah, otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

7. Obat-obatan

Berbagai obat dapat menyebabkan pusing . Orang yang berisiko lebih tinggi mengalami pusing karena usia lanjut atau kondisi medis lebih rentan mengalami pusing akibat obat-obatan tertentu.

Cara Berhenti Merasa Pusing di Pagi Hari

Tergantung pada penyebab yang mendasarinya, Anda mungkin dapat mengambil langkah-langkah seperti berikut untuk mengurangi rasa pusing di pagi hari:

  • Jika Anda pusing karena dehidrasi, pastikan Anda minum cukup cairan sepanjang hari. Mengurangi asupan kafein dapat membantu.
  • Bangun secara perlahan dan jangan terburu-buru.
  • Minum air putih 1 gelas sebelum tidur.
  • Hindari minum minuman yang mengandung alkohol dan kafein sebelum tidur.
  • Usahakan konsumsi makanan yang bergizi setiap hari.
  • Berolahraga.
  • Jangan stres.

Jika pusing di pagi hari terus berlanjut, jangan diabaikan. Bekerjasamalah dengan penyedia layanan kesehatan untuk mencari tahu cara terbaik mengelolanya.

 

 

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring