8 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dengan Bahan-bahan Rumahan

Rabu 28 Februari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi. Batuk | Ada banyak pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk. (Sumber : Freepik/@beenzoix)

Ilustrasi. Batuk | Ada banyak pengobatan rumahan untuk mengatasi batuk. (Sumber : Freepik/@beenzoix)

SUKABUMIUPDATE.com - Pengobatan rumahan untuk batuk seperti jahe dan akar marshmallow, serta bentuk pereda lain seperti uap dan kunyit. Meskipun penelitian ilmiah yang mendukung pengobatan ini terbatas, beberapa di antaranya mungkin bermanfaat bagi Anda.

Pengobatan rumahan untuk batuk ini termasuk pengobatan herbal. Banyak di antaranya yang sudah lama digunakan, namun bukti ilmiah mengenai efektivitasnya cenderung terbatas. Namun, tidak ada salahnya mencoba pengobatan ini jika Anda ingin sembuh tanpa obat.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengobati batuk, dikutip dari verrywellhealth.

Baca Juga: Teh Peppermint untuk Kesehatan, Atasi Sakit Perut dan Penyakit Lainnya

1. Madu

Madu tidak hanya bisa menjadi tambahan yang lezat untuk minuman dan makanan penutup, tetapi juga merupakan obat yang sudah lama dikenal untuk sakit tenggorokan. Konsistensinya yang kental melapisi tenggorokan Anda dan membantu menenangkannya.

Coba tambahkan 2 sendok teh madu dan perasan lemon ke dalam air hangat atau teh herbal. Anda juga bisa mengambil sesendok madu saja. Anak-anak di bawah usia 1 tahun tidak boleh diberikan madu karena risiko botulisme.

2. Akar Marshmallow

Akar marshmallow ( Althaea officinalis ) telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Ini bersifat penawar rasa sakit, yang berarti membentuk lapisan pelindung tipis di atas selaput lendir, membantu meredakan peradangan dan iritasi.

Baca Juga: Buah Pepaya: Nutrisi dan Manfaat Kesehatan untuk Tubuh Manusia

Seperti banyak tanaman obat penawar rasa sakit, akar marshmallow dapat membantu meringankan batuk kering. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tablet hisap dan sirup akar marshmallow berhasil meredakan batuk kering, biasanya dalam waktu 10 menit.

Herbal penawar rasa sakit membantu menenangkan jaringan yang meradang dengan membentuk lapisan seperti gel di atas selaput lendir, melindunginya dari iritasi lebih lanjut. Tanaman obat penawar rasa sakit lainnya yang dikenal dapat membantu meredakan batuk termasuk akar licorice ( Glycyrrhiza glabra) dan elm licin ( Ulmus rubra ).

Akar marshmallow paling baik disiapkan menggunakan air dingin. Cukup rendam 1 sendok makan akar kering yang diparut (bukan bubuk) dalam dua gelas air dingin. Diamkan semalaman atau setidaknya empat jam di lemari es. Saring, lalu minum teh Anda sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pisang dan Nutrisi Kesehatan yang Terkandungnya

3. Jahe

Jahe , bahan umum di sebagian besar dapur, memiliki sifat antiinflamasi dan antitusif (penekan batuk) yang membantu meredakan batuk. Bumbu aromatik ini memecah dan mengeluarkan lendir dari paru-paru sehingga mengurangi batuk.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika dimasukkan ke dalam nebulizer, jahe yang dimurnikan membantu mengendurkan saluran udara dan mengurangi batuk, khususnya batuk kering yang berhubungan dengan asma.

Anda bisa membuat teh jahe di rumah dengan mengupas dan mengiris tipis satu potong jahe lalu menambahkannya ke dalam tiga cangkir air mendidih. Rebus selama kurang lebih 10 menit, saring, lalu minum dengan sedikit madu dan irisan lemon.

4. Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang dapat menenangkan tenggorokan dan membantu memecah lendir sehingga membuat batuk Anda lebih produktif.

Peppermint sering ditambahkan ke produk pereda flu yang dijual bebas seperti teh herbal dan obat batuk peppermint. Anda mungkin menemukan produk ini berguna untuk meredakan batuk Anda, atau Anda bisa mencoba menghirup uap dari air yang direbus dengan sedikit minyak peppermint.

5. Kunyit

Ada sejumlah obat batuk berbeda yang menggunakan kunyit , bumbu populer yang terbuat dari akar Curcuma longifolia. Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Banyak pengobatan rumahan yang melibatkan merebus bubuk kunyit dalam air dan menambahkan madu serta rempah-rempah lain seperti lada hitam, yang membantu tubuh Anda menyerap kurkumin.

Pengobatan lain menyarankan untuk mencampurkan bubuk kunyit ke dalam segelas susu panas atau menambahkannya ke obat kumur air garam.

6. Uap

Uap adalah obat batuk yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Cobalah duduk di kamar mandi yang beruap sambil mandi air panas, atau gunakan pelembab udara di kamar tidur Anda. Kelembapannya membantu melembutkan lendir di tenggorokan dan paru-paru, sehingga lebih mudah dibersihkan.

7. Kumur Air Asin

Air garam hangat juga dapat membantu meringankan gejala batuk. Coba larutkan 1/2 sendok teh garam meja ke dalam 8 ons air. Berkumurlah dengan itu di bagian belakang tenggorokan Anda selama beberapa detik, lalu keluarkan. Untuk hasil terbaik, lanjutkan hingga seluruh gelas habis.

8. Teh Herbal atau Kaldu Hangat

Cairan panas seperti teh herbal atau kaldu bening dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan. Untuk hasil terbaik, minumlah teh yang terbuat dari obat batuk herbal seperti peppermint atau jahe dan tambahkan madu.

Meskipun pengobatan alami ini mungkin bisa meredakan batuk dengan segera, satu-satunya cara untuk benar-benar mengobati batuk adalah dengan mengatasi penyebab utamanya. Karena batuk adalah gejala dari berbagai penyakit dan kondisi, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika batuk Anda mengkhawatirkan.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist