Ciri-ciri Autis Pada Anak Perempuan, Yuk Perhatikan

Sabtu 04 November 2023, 17:30 WIB
Ciri-ciri Autis Pada Anak Perempuan (Sumber : pexels.com/ @Alex Green)

Ciri-ciri Autis Pada Anak Perempuan (Sumber : pexels.com/ @Alex Green)

SUKABUMIUPDATE.com - Autisme pada anak perempuan berbeda dibandingkan pada anak laki-laki. Kadang-kadang, pengasuh dan bahkan penyedia layanan kesehatan mungkin meragukan bahwa seorang anak perempuan menderita autis karena mereka tidak menunjukkan ciri-ciri yang biasanya dikaitkan dengan autisme.

Hal ini karena sifat-sifat ini sebagian besar didasarkan pada penelitian yang hanya berfokus pada anak laki-laki. Ciri-ciri autisme yang umum terjadi pada wanita, terutama mereka yang meliputi:

  • Mengandalkan orang lain untuk membimbing atau berbicara mewakili mereka
  • Memiliki kepekaan yang tidak biasa terhadap tantangan sensorik
  • Memiliki minat yang penuh gairah tetapi terbatas
  • Tantangan dalam menjalin dan mempertahankan teman
  • Melakukan percakapan terbatas pada topik yang mereka minati
  • Perbedaan dengan komunikasi sosial (yang meningkat seiring bertambahnya usia)
  • Memilih perilaku yang terkesan pemalu, pendiam, atau sangat pasif
  • Memiliki gejala kecemasan atau kondisi kesehatan mental lain yang terjadi bersamaan
  • Tantangan dalam mengendalikan emosi
  • Riwayat serangan epilepsi

Baca Juga: 8 Teori Salah Penyebab Autisme, Yuk Simak Faktanya!

Memang benar bahwa ciri-ciri autisme pada anak perempuan tidak selalu sama dengan ciri-ciri autisme pada anak laki-laki. Artinya, anak perempuan mungkin baru terdiagnosis autisme di kemudian hari.

Ciri-ciri Autisme pada Anak Perempuan

Tidak ada satu sifat pun yang dapat menentukan diagnosis autisme, terlepas dari jenis kelamin seseorang saat lahir atau identitas gendernya. Namun ada beberapa karakteristik autisme yang dapat membantu penyedia layanan membuat diagnosis.

Meskipun demikian, anak perempuan autis mungkin tidak menunjukkan beberapa ciri "klasik" yang lebih sering terlihat pada anak laki-laki. Kadang-kadang, anak perempuan belajar cara menutupi ciri-ciri autis atau memberikan kompensasi yang berlebihan agar terlihat lebih neurotypical atau tampak normal di mata orang lain. Inilah beberapa ciri seorang anak autis pada perempuan:

Baca Juga: Kaitan Antara Autis Pada Anak dan Masalah Tidur, Simak Yuk Bunda!

  • Andalkan anak-anak lain untuk membimbing dan berbicara mewakilinya selama hari sekolah
  • Memiliki minat yang penuh gairah tetapi terbatas: Daftar hal-hal yang menarik minatnya dipersempit. Misalnya, seorang anak autis mungkin berbicara tanpa henti tentang karakter, lokasi, alat peraga, atau aktor acara TV, namun hanya tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang acara itu sendiri (misalnya alur cerita).
  • Lakukan percakapan yang terbatas pada topik yang dia minati: Dia mungkin berbagi fokusnya pada minat tertentu dengan Anda, namun tetap tidak tertarik pada respons orang lain. Hal ini mungkin mengganggu kemampuannya untuk bergabung dengan kelompok atau berteman.
  • Sangat peka terhadap tantangan sensorik seperti suara keras, cahaya terang, dan bau yang menyengat (sifat umum pada orang autis, apapun jenis kelaminnya).
  • Memiliki tingkat frustasi yang rendah dan sulit mengelola perasaan ketika dia sedang frustasi: Dia mungkin mempunyai ledakan emosi yang tidak sesuai dengan usianya—kadang-kadang disebut krisis autis . Perilaku mengganggu di sekolah dapat mengakibatkan penahanan atau bahkan skorsing.
  • Memiliki perilaku yang berbeda di rumah dan di sekolah: Beberapa anak autis mungkin menghabiskan begitu banyak energi untuk mencoba mengatasi dan mencoba mengikuti apa yang diharapkan dari mereka di sekolah dan kemudian melepaskannya dengan kehancuran di rumah. Anak-anak lain mungkin berhasil dalam rutinitas di rumah dan kemudian.
  • Mengalami depresi, kecemasan, atau gejala kesehatan mental lainnya: Anak autis dari segala usia seringkali mengalami kondisi kesehatan mental yang bersamaan, termasuk gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dan gangguan makan.

Baca Juga: 6 Kondisi Kesehatan yang Umum Terjadi pada Anak Autisme, Bunda Yuk Simak

Beberapa ciri autisme dapat dianggap sebagai bagian dari kepribadian seorang anak, atau sekadar "keanehan" dalam cara dia berhubungan dengan orang lain.

Faktanya, berikut adalah ciri-ciri yang tidak terlihat namun luput dari perhatian anak perempuan autis, yaitu :

  • Anak autis kesulitan menjalin atau mempertahankan teman : Dia mungkin tampak melewatkan isyarat sosial non verbal atau menunjukkan ketidak berhubungan dengan perilaku gadis-gadis di sekitarnya.
  • Anak Autis disebut "pendiam" atau "pemalu" di sekolah dan situasi sosial lainnya: Anak autis memiliki kemampuan bahasa yang bervariasi, namun beberapa tantangan dapat mempersulit anak untuk langsung berbicara dengan teman, mengangkat tangan di kelas, atau merespons dengan cepat dalam lingkungan sosial.
  • Anak Autis Sangat Pasif: Bersikap pasif bisa menjadi tanda bahwa dia tidak yakin apa yang harus dilakukan dalam suatu situasi dan telah memutuskan bahwa pilihan teraman adalah tidak melakukan apa pun.Beberapa anak autis sebenarnya cukup asertif, namun anak perempuan mungkin belajar bahwa bersikap pasif akan lebih mudah diterima atau dihargai, terutama di sekolah.
  • Anak Autis Biasanya berkembang: Seorang anak akan mulai merasa komunikasi sosial semakin sulit saat dia memasuki masa remajanya. Gadis autis sering kali menemukan cara untuk menutupi dan mengatasi perbedaan mereka sejak dini. Namun, ketika ekspektasi sosial menjadi lebih kompleks di awal masa remaja, tantangannya terhadap perilaku neurotypical bisa menjadi lebih jelas dan lebih sulit untuk dikelola atau disembunyikan.
  • Anak Autis menderita serangan epilepsi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa epilepsi lebih sering terjadi pada anak perempuan dibandingkan anak laki-laki.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Autis dan Epilepsi, Yuk Simak!

Ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa anak perempuan autis mungkin tidak mudah mengidentifikasi norma gender konvensional dan memiliki tingkat varians gender yang lebih tinggi. Misalnya, mereka mungkin tidak mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan atau mungkin lebih cenderung merasa negatif terhadap kelompok gender yang ditugaskan kepada mereka.Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Sumber : verywell health

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Kecantikan14 Mei 2024, 08:00 WIB

Rutin Eksfoliasi, 8 Cara Mengatasi Tekstur Wajah Kulit Jeruk dengan Aman

Tekstur wajah kulit jeruk bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk jerawat, bekas jerawat, kerutan, atau bahkan paparan sinar matahari yang berlebihan.
Ilustrasi. Perawatan wajah. Rutin Eksfoliasi Termasuk Salah Satu Cara Mengatasi Tekstur Wajah Kulit Jeruk dengan Aman | Foto: Freepik/@wayhomestudio
Life14 Mei 2024, 07:00 WIB

8 Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Jika Anda melihat anak menunjukkan ciri-ciri stres karena sering dimarahi atau merasa lelah, penting untuk memberikan dukungan emosional dan membantu mereka mengatasi stres.
Ilustrasi - Ciri Anak Stres Karena Lelah Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : unsplash.com/Chinh Le Duc)
Sehat14 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Simpel Banget Ternyata! Begini Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi. Daun kelor. | Simpel Banget! Cara Membuat Air Rebusan Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : Istimewa)
Science14 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Mei 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Selasa 14 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)