Kenali 5 Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan, Bantu Cerahkan dan Segarkan Kulit

Selasa 31 Oktober 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - Apel adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Sumber : Pixabay.com/@pasja1000).

Ilustrasi - Apel adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Sumber : Pixabay.com/@pasja1000).

SUKABUMIUPDATE.com - Buah apel adalah buah yang berasal dari pohon apel. Buah ini berwarna merah, hijau, atau kuning dan memiliki rasa manis atau asam. Apel adalah salah satu buah yang paling populer di dunia dan tersedia di sepanjang tahun.

Apel mengandung banyak nutrisi, termasuk serat, vitamin C, dan kalium. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan kalium membantu menjaga tekanan darah. Apel juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Namun tahukah kamu bahwa apel memiliki manfaat bagi kecantikan kulit? Ya apel memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Maka dari itu, berikut ini akan dibagikan informasi seputar beberapa manfaat buah apel untuk kecantikan yang dikutip via Yoursay.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

1. Mencerahkan dan Menyegarkan Kulit

Manfaat buah apel untuk kecantikan yang pertama adalah untuk mencerahkan dan juga menyegarkan kulit. Sebagai informasi, apel diketahui mengandung vitamin C yang dapat membantu merangsang produksi kolagen.

Kolagen dapat membantu dalam memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Dengan mengonsumsi apel secara teratur, kamu dapat mengurangi noda hitam, menjaga kulit tetap segar, serta memberikan kilau alami pada kulit wajah.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Kandungan antioksidan dalam apel ternyata dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan memicu timbulnya jerawat. Selain itu, apel juga mengandung asam malat alami yang membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Munafik, Salah Satunya Tidak Bertanggung Jawab

Dengan mengonsumsi apel atau menggunakan masker wajah dengan menggunakan apel, kamu dapat mengurangi jerawat dan mengatasi masalah kulit lainnya, lho!

3. Bantu Menjaga Kelembapan Kulit

Buah apel mengandung banyak air, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembut dan elastis. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan jus apel sebagai toner alami untuk menghidrasi kulit dan memberikan nutrisi penting.

4. Melawan Tanda-tanda Penuaan

Antioksidan dalam apel membantu melawan kerusakan sel dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan juga kerutan. Dengan mengonsumsi apel secara teratur, kamu dapat memperbaiki elastisitas kulit dan menjaga kulit tampak lebih muda dan juga segar.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

5. Mengurangi Mata Panda

Bagi kamu yang sering mengalami mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata, apel mungkin dapat menjadi sebuah solusi yang alami. Nantinya kamu dapat mengiris apel dingin dan menempelkannya di area mata selama beberapa menit di setiap harinya.

Sebagai informasi, kandungan antiinflamasi di dalam apel ternyata diketahui membantu mengurangi pembengkakan serta memberikan efek mencerahkan pada area mata.

Itulah sejumlah manfaat buah apel untuk kecantikan. Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, ternyata buah apel juga merupakan sebuah sumber serat yang baik, yang diketahui dapat membantu membuang racun dari tubuh.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Dikucilkan Lingkungan Teman Sebaya, Kamu Salah Satunya?

Sumber: Yoursay (Portal Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram