Hari Sklerosis Ganda Sedunia, Mari Mengenal Penyakit Autoimun Berbahaya Ini

Selasa 30 Mei 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi. 30 Mei diperingati sebagai Hari Sklerosis Ganda Sedunia untuk lebih menyadarkan tentang bahayanya penyakit autoimun tersebut | Foto: Pixabay/qimono

Ilustrasi. 30 Mei diperingati sebagai Hari Sklerosis Ganda Sedunia untuk lebih menyadarkan tentang bahayanya penyakit autoimun tersebut | Foto: Pixabay/qimono

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Sklerosis Ganda Sedunia adalah sebuah peringatan yang diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 30 Mei untuk meningkatkan kesadaran tentang sklerosis ganda (SG) di seluruh dunia.

Tujuan dari diperingatinya Hari Sklerosis Ganda Sedunia yaitu untuk mengedukasi masyarakat tentang sklerosis ganda, mendukung penderita SG, dan mengadvokasi untuk penelitian dan perawatan yang lebih baik.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui Sklerosis Ganda atau Multiple Sclerosis (MS). Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Papiledema, Penyakit Kurnia Meiga Mantan Kiper Timnas Indonesia

Apa Itu Sklerosis Ganda?

Sklerosis ganda juga dikenal sebagai multiple sclerosis merupakan penyakit autoimun yang mempengaruhi sistem saraf pusat, terutama otak dan sumsum tulang belakang.

Pada sklerosis ganda, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel saraf dan melapisi yang disebut mielin, yang berfungsi sebagai pelindung dan isolator untuk serat saraf.

Akibat serangan autoimun ini, terjadi peradangan, kerusakan, dan penghancuran mielin. Proses ini dapat menyebabkan berbagai gejala neurologis yang bervariasi, tergantung pada area otak atau sumsum tulang belakang yang terpengaruh.

Baca Juga: 9 Tips Memelihara Kucing Agar Selalu Sehat Bebas dari Penyakit

Gejala sklerosis ganda dapat meliputi kelemahan otot, kesulitan koordinasi dan keseimbangan, gangguan penglihatan, kesemutan atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu, kelelahan, kesulitan berbicara, gangguan memori, dan masalah pada fungsi kognitif.

Sklerosis ganda merupakan penyakit kronis yang bersifat progresif, yang berarti bahwa gejala dapat berkembang seiring waktu dan kondisi dapat memburuk.

Namun, perjalanan penyakit ini sangat bervariasi antara individu, dan sulit untuk memprediksi bagaimana SG akan berkembang pada setiap penderita.

Baca Juga: Kebotakan dan Kerontokan Rambut Jadi Tanda Penyakit Sifilis? Ini Penjelasannya

Penyebab Sklerosis Ganda

Penyebab pasti sklerosis ganda belum diketahui dengan pasti, tetapi diduga merupakan kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dikaitkan dengan sklerosis ganda, termasuk riwayat keluarga dengan penyakit ini, paparan infeksi tertentu, merokok, kekurangan vitamin D, dan faktor-faktor lingkungan lainnya.

Diagnosis sklerosis ganda didasarkan pada anamnesis medis, pemeriksaan fisik, dan hasil tes seperti resonansi magnetik (MRI) otak dan sumsum tulang belakang, serta pemeriksaan cairan tulang belakang.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Lupus dalam Peringatan Hari Lupus Sedunia 10 Mei

Pengobatan Sklerosis Ganda

Meskipun belum ada obat yang dapat menyembuhkan sklerosis ganda, terdapat berbagai metode perawatan yang tersedia untuk mengendalikan gejala, memperlambat perkembangan penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup penderita.

Pengobatan dapat melibatkan penggunaan obat-obatan, terapi fisik dan rehabilitasi, serta perubahan gaya hidup seperti pengelolaan stres dan perawatan diri yang baik.

Itulah ulasan mengenai Sklerosis Ganda yang merupakan penyakit autoimun berbahaya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)