7 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Kucing ke Manusia, Hati-hati Ya!

Selasa 09 Mei 2023, 15:15 WIB
Inilah deretan penyakit yang bisa ditularkan kucing kepada manusia dan harus diwaspadai | Foto: Pixabay/TeamK

Inilah deretan penyakit yang bisa ditularkan kucing kepada manusia dan harus diwaspadai | Foto: Pixabay/TeamK

SUKABUMIUPDATE.com - Kamu memelihara kucing di rumah? Hati-hati dengan risiko penyakit yang bisa ditularkan kucing ke manusia. Kamu harus serius dalam menjaga kesehatan peliharaanmu di rumah serta diri sendiri.

Seperti diketahui jika kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara manusia. Selain karena jinak, kucing juga dianggap sebagai hewan lucu dan menggemaskan.

Selain itu, hewan satu ini banyak berkeliaran bebas di sekitar lingkungan rumah dan berbaur dengan manusia.yang biasa disebut dengan kucing liar.

Berbeda dengan kucing peliharaan, kucing liar ini lebih sulit dijaga kesehatannya sehingga sangat rentan menularkan penyakit pada manusia.

Baca Juga: Hati-hati Bekas Cakaran Kucing Bisa Bawa Penyakit Serius, Ini Cara Mengatasinya

Apalagi orang yang memiliki masalah imunitas atau sedang mengalami kehamilan, usia lanjut lebih mudah terancam penyakit menular dari kucing.

Melansir dari Tempo.co, berikut nama-nama penyakit menular dari kucing yang cukup masih asing bagi sebagian orang namun tetap harus diwaspadai karena bisa berbahaya.

1. Infeksi Bakteri Salmonella

Medis menyebutkan bakteri Salmonella cukup umum dialami oleh para pemelihara kucing. Orang yang tertular bakteri ini akan memiliki gejala ringan seperti demam, diare, dan sakit perut. Namun, imunitas yang rendah berpotensi menimbulkan gejala lain.

Selain itu, bakteri salmonella juga ditemukan dalam daging ayam dan telurnya. Lalu, pada burung dan hewan-hewan lain. Menjaga kebersihan kucing dan lingkungan Anda adalah kunci pencegahan yang lebih baik.

Baca Juga: Benarkah Bulu Kucing Bisa Sebabkan Kemandulan? Cek Faktanya!

2. Rabies Kucing

Tidak hanya anjing, kucing juga bisa menularkan penyakit rabies lewat gigitannya. Namun, rabies yang disebabkan oleh spesies inang adalah peringatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Gejala rabies mudah menyerang sistem saraf pusat. Karena bahayanya ini, undang-undang di negara-negara luar memusatkan perhatian tentang vaksinasi pada kucing.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Bisa Obati Masalah Pernapasan

3. Kudis Kucing

Kudis adalah infeksi kucing yang dihasilkan oleh parasit eksternal tungau kudis Sarcoptes scabiei. Kucing pengidap parasit ini akan mengalami lesu yang membuatnya terganggu karena benjolan gatal.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat tertular penyakit ini yaitu segera gunakan salep topikal dan jaga kucing mendekati ruang-ruang vital Anda seperti kamar tidur dan dapur.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Jadi Tanda Kucing Akan Mati, Salah Satunya Bulu Berantakan

4. Toxoplasmosis

Penyakit satu ini disebabkan oleh sebuah parasit bernama protozoa toxoplasma gondii. Parasit ini rentan hidup di ibu hamil yang berpotensi menularkan pada anaknya. Ditambah jika sistem imunitas ibu sedang lemah.

Untuk mencegahnya, Anda perlu mencegah kucing peliharaan di rumah agar mengonsumsi makanan kucing kemasan saja, bukan hewan-hewan pengerat seperti burung.

Jaga juga kebersihan kucing Anda dari bermain di area yang terkena kotoran hewan lain. Hal yang perlu diwaspadai adalah gejala penyakit yang hingga saat ini belum jelas.

Pada kucing biasanya akan menunjukan gejala 2 mingguan. Parasit protozoa toxoplasma gondii juga mampu hidup di lingkungan-lingkungan kotor berbulan-bulan termasuk di kotak pasir kucing. Mulailah sekarang untuk membiarkan kucing Anda berada di kandang luar rumah agar tidak menyebarkan infeksi parasit ini.

Kemudian, hindari konsumsi daging dan sayuran mentah atau setengah matang serta mencuci sayuran hingga tanah yang menempel benar-benar hilang. Gejala ini bisa Anda deteksi layaknya orang sedang flu, demam, nyeri otot, diare, kejang, hingga muntah.

Baca Juga: Demi Rich People, Wanita Ini Pilih Hemat Ekstrem dengan Konsumsi Makanan Kucing

5. Infeksi Cacing Tambang

Infeksi jenis cacing tambang hookworm mampu bertahan hidup di sepanjang usus kucing dan anjing serta menyebar melalui telurnya.

Karena di dalam usus, telur cacing tambang akan keluar bersama feses kucing dan anjing. Pada manusia yang terkontaminasi hookworm, bisa mengalami pendarahan hingga gatal yang luar biasa. Gunakanlah obat anti parasit untuk melawan infeksi cacing ini.

Baca Juga: Hasil Riset: Covid-19 Varian Wuhan Ditemukan pada Kucing Jalanan

6. Bartonellosis Henselae

Kemudian, penyakit menular kucing sangat parah juga mengancam kelenjar getah bening manusia. Bartonellosis atau cat scratch disease ini akibat bakteri Bartonella henselae menular dari gigitan atau cakaran kucing peliharaan maupun liar yang terinfeksi.

Kelenjar getah bening akan bengkak di bagian-bagian tubuh tertentu seperti kepala hingga kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Anabul Lovers Sudah Tahu? Meong Congkok hingga Macan Akar, Ini 5 Kucing Asli Indonesia

7. Gejala Demam Q

Demam Q dari bakteri coxiella burnetii pernah terjadi di Amerika Serikat tercatat sejarah pada tahun 2017. Demam Q akibat penyakit kucing disebut juga pelik terjadi dan tidak menunjukkan gejala spesifik.

Namun, lambat laun berbahaya bagi jantung dan paru-paru. Di mana katup jantung akan terinfeksi dan paru-paru mengalami pneumonia. Bakteri ini mudah menular melalui udara.

Itulah beberapa penyakit yang bisa ditularkan kucing kepada manusia yang harus diwaspadai saat terjadi gejala-gejalanya.

Sumber: Tempo.co/Nia Heppy | Alfi Muna Syarifah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp