5 Tes Kesehatan Dasar: Cek Gula Darah hingga Kolesterol Bisa di Rumah

Jumat 03 Maret 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi. Tes Kesehatan Dasar: Cek Gula Darah hingga Kolesterol Bisa di (Sumber : Freepik/@xb100)

Ilustrasi. Tes Kesehatan Dasar: Cek Gula Darah hingga Kolesterol Bisa di (Sumber : Freepik/@xb100)

SUKABUMIUPDATE.com - Tes kesehatan termasuk salah satu indikator penentu kualitas hidup seseorang. Hasil Tes kesehatan bisa dijadikan acuan untuk perbaikan pola hidup sehat dan pencegahan penyakit.

Tes kesehatan biasanya termasuk satu paket dalam pemeriksaan Medical Check Up (MCU), meskipun ada juga yang terpisah. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri prediksi cuaca yang tidak tepat atau gaya hidup sehat kerap menjadi pemicu Tes kesehatan perlu dilakukan secara rutin.

Hal ini sesuai dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan Pemeriksaan Kesehatan secara rutin tiap tahun. Dianjurkan setiap orang saat usia 40 tahun atau lebih muda, setidaknya pernah melakukan Medical Check Up (MCU) untuk mengecek faktor resiko termasuk Deteksi dini kerusakan pada tubuhnya, dilansir via Suara.com.

Baca Juga: Indonesia Berduka Diguncang Gempa, Jokowi: Peringkat Ke-3 Rawan Bencana

Adapun, 5 Tes kesehatan dasar yang bisa rutin dilakukan dengan tenaga kesehatan datang ke rumah, diantaranya:

1. Pengecekan gula darah

Cek gula darah dilakukan untuk mengukur kadar glukosa (gula) dalam darah. Pada umumnya, tes ini dilakukan bagi penderita diabetes untuk memantau kadar gula dalam tubuh sekaligus mencegah komplikasi penyakit.

Akan tetapi, pemeriksaan ini juga dapat dilakukan siapa saja guna mengetahui kadar gula tubuh. Manfaat lainnya yakni mendeteksi kondisi kesehatan sedari dini dan menentukan tindakan selanjutnya.

Untuk diketahui, kadar gula darah dikatakan normal apabila berada pada tingkat 70-99 mg/dL3.

Ilustrasi. Pengukuran Gula DarahIlustrasi. Pengukuran Gula Darah (Sumber: pixabay.com/SteveUissinne)

2. Pengecekan Asam Urat

Cek asam urat merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kadar asam urat di dalam darah. Pengecekan asam urat dapat dilakukan kapan saja dan kerap digunakan untuk mengetahui pemicu dari beberapa kondisi medis tertentu, misalnya nyeri sendi.

Bahaya asam urat jika tidak diobati dapat mengakibatkan batu ginjal. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh akan membentuk kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal.

3. Tes kadar kolesterol

Tes kadar kolesterol dilakukan untuk mengukur jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah yang perlu dilakukan secara berkala. Ada beberapa macam pemeriksaan kolesterol yang diperiksa, namun yang umum adalah kolesterol total, kolesterol LDL dan kolesterol HDL.

Kadar kolesterol total bisa dikatakan normal apabila berada pada tingkat di bawah 200 mg/dL.

Lebih lanjut, pemeriksaan kadar kolesterol bertujuan agar seseorang dapat mengelola resiko Penyakit Kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Yaitu dengan mengambil langkah awal untuk menurunkan dan mempertahankan kadar kolesterol pada kadar yang diinginkan (<200 mg/dL).

4. Tes Urine Lengkap

Tes Urine atau urinalisis adalah pemeriksaan menggunakan spesimen urine (kencing). Tujuannya yaitu untuk mengetahui kondisi terkait ginjal dan saluran kencing karena urine ini mengandung sisa metabolisme.

Pemeriksaan urine juga bisa menggambarkan beberapa kondisi metabolisme, terutama glukosa. Umumnya dilakukan untuk melihat adanya infeksi pada saluran kencing, kerusakan pada ginjal, dan juga pada penderita diabetes.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Sedap Malam, Tanda Mahluk Halus hingga Kesukaan Nyi Roro Kidul

5. Cek Kadar Vitamin D pada Tubuh

Pemeriksaan kadar vitamin D pada tubuh dilakukan untuk memeriksa persediaan vitamin D dalam tubuh yang diperiksa melalui spesimen darah. Pemeriksaan kadar vitamin D dilakukan untuk mengetahui kondisi metabolisme tulang, kadar mineral dalam darah, fungsi paratiroid, hingga hormonal seseorang.

Tes kesehatan ini termasuk ke dalam pemeriksaan umum yang dapat dilakukan secara berkala oleh orang-orang dengan kemungkinan kekurangan vitamin D. Metabolisme Vitamin D dipengaruhi oleh sinar matahari, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di daerah tropis juga ternyata masih banyak yang kekurangan vitamin D.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)
Sukabumi26 April 2024, 18:55 WIB

3 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Sukaraja Sukabumi, 5 Orang Luka-luka

Berikut kronologi tabrakan beruntun yang melibatkan minibus Daihatsu Sigra dan dua angkot di Sukaraja Sukabumi.
Tabrakan beruntun di Sukaraja Sukabumi ini melibatkan dua angkot dan satu minibus. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)