bankbjb

Dokter Ungkap Fakta Dibalik Mitos Anak Pilek Diobati dengan Bawang Merah

Mitos yang cukup banyak beredar di kalangan masyarakat pula bahwa bawang merah dapat mengobati batuk pilek. Lantas benarkah hal itu?

Jumat 25 Nov 2022, 13:30 WIB
Dokter Ungkap Fakta Dibalik Mitos Anak Pilek Diobati dengan Bawang Merah

SUKABUMIUPDATEc.om - Mitos seputar dunia kesehatan sampai saat ini masih kerap kali beredar dikalangan masyarakat.

Tidak hanya obat untuk mengobati penyakit langsung menjadi sembuh, terkadang mitos-mitos itu malah berbahaya, apalagi yang berkaitan dengan kesehatan anak.

Salah satu mitos yang cukup banyak beredar di kalangan masyarakat pula bahwa bawang merah dapat mengobati batuk pilek. Lantas benarkah hal itu?

Baru-baru ini Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr. Puni Oktisari Sp.A., menjelaskan bahwa bawang merah dapat mengobati batuk pilek anak sebenarnya adalah mitos, karena batuk pilek pada anak bisa disebabkan alergi dan infeksi

"Ini adalah mitos bahwa-bawang merah dapat menghilangkan flu pilek pada anak. Tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu, memberikan bawang hanya membantu memberi kehangatan dan kenyamanan sementara pada anak. Dan Fakta yang benar bahwa batuk pilek pada bayi atau anak, yang tidak diobati segera, dapat beresiko Pneumonia," ungkap Puni Oktisari seperti melansir dari Suara.com.

Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr. Puni Oktisari Sp.A., juga menjelaskan bahwa konsultasi secara berkelanjutan kepada dokter spesialis anak guna persiapan kehamilan dan proses kelahiran pertama merupakan hal penting bagi calon ibu.

"Konsultasi secara teratur membantu ibu hamil agar tetap fokus dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan lahir. Banyak hal yang harus disiapkan calon ibu dan atau para orang tua. Misalnya keadaan lingkungan sekitar, seputar Air Susu Ibu (ASI) hingga kebutuhan nutrisi yang disampaikan disaat konsultasi", ungkap dr. Puni Oktisari Sp.A., di hadapan puluhan peserta edukasi, Senin, 21 November 2022 di Semarang.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini