Bahaya Congekan Jika Tidak Diobati, Kamu Wajib Waspada!

Jumat 28 Oktober 2022, 14:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Congek atau cairan berbau yang keluar dari lubang telinga merupakan sebuah kondisi yang tidak boleh diremehkan.

Congek bisa menimbulkan berbagai kondisi fatal untuk kesehatan tubuh seseorang.

Penyakit yang memiliki bahasa medis Otitis Media Supuratif Kronis (OMSK) ini merupakan peradangan kronis di bagian tengan telinga yang disertai pecahnya gendang telangi.

Jika seseorang mengalami kondisi tersebut, maka akan keluar cairan berbau dari lubang telinga secara terus menerus atau hilang dan timbul.

Berdasarkan data dari WHO, penderita OMSK di dunia mencapai 65-330 juta orang dan 39-200 juta diantaranya mengalami komplikasi gangguan pendengaran.

Melansir dari Klik Dokter, di negara-negara maju, prevalensi OMSK sekitar 1-46 persen. Sedangkan di negara-negara berkembang jumlahnya bervariasi.

Hal tersebut dikarenakan adanya faktor-faktor seperti, sosioekonomi yang rendah, gizi yang tidak terpenuhi, dan lingkungan tempat tinggal yang kebersihannya kurang terjaga.

Nah selain penjelasan diatas, kamu juga harus tau penyebab serta bahayanyacongekan (OMSK) agar dapat mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

Penyebab Congekan

Seperti yang sebelumnya disebutkan, OMSK ini disebabkan oleh peradangan kronis berulang kali pada telinga bagian tengah.

Biasanya, peradangan itu berasal dari infeksi hidung dan tenggorokan yang juga berulang. Selain itu, bisa juga terjadi karena memiliki alergi (rinitis)

Peradangan yang terus berulang itu akan menimbulkan masalah pada telinga bagian tengah yang dapat menyebabkan gendang telinga robek atau pecah.

Harus kamu tahu, gendang telinga adalah selaput tipis yang memiliki fungsi untuk menyalurkan suara pada tulang-tulang pendengaran.

Pecahnya gendang telinga ini memiliki tingkat keparahan yang berbeda. Ada yang hanya berupa titik kecil, ada punya yang sampai berlubang.

Pecahnya gendang telinga tersebut akan menyebabkan keluar cairan putih kekuningan, cairan bercampur darah yang disertai bau menyengat, dan tentunya mengganggu pendengaran penderitanya.

Bahaya Congekan Jika Tidak Diobati

Ada begitu banyak pengobatan untuk penyakit congekan ini, yang semuanya bergantung pada keparahan.

Umumnya, akan dilakukan tindakan pembersihan pada lubang telinga secara rutin, pemberian antibiotik, hingga yang terparah adalah tindakan operasi timpanoplasti atau penutupan gendang telinga yang pecah.

Namun, jika kamu tidak secepatnya ke dokter atau terlambat mendapatkan penanganan, ada beberapa bahaya yang mengintai, diantaranya adalah:

1. Mengalami Gangguan Pendengaran

Infeksi di sekitar telinga akan mengakibatkan gangguan pendengaran berupa ketulian yang dapat terjadi kapan saja. Komplikasi ini terjadi karena tulang-tulang pendengaran penderitanya rusak.

Selain itu, tidak jarang juga ditemukan keluhan gangguan keseimbangan, karena kemampuan yang satu ini juga berada dalam telinga.

2. Meningitis

Meningitis adalah komplikasi yang sangat sering menyerang sistem saraf pusat dan kondisi ini biasanya menyerang anak-anak.

Infeksi pada telinga yang tidak diobati dengan benar bisa menjadi pintu masuk utama kuman untuk masuk ke dalam sistem saraf pusat manusia.

Sama seperti gejala meningitis pada umumnya, meningitis yang diakibatkan oleh congekan juga memunculkan gejala seperti demam tinggi, kejang, muntah menyembur, dan penurunan kesadaran.

3. Abses Otak

Terbentuknya abses otak atau sekumpulan nanah yang bersarang pada otak merupakan komplikasi yang sangat menakutkan dari congekan. 

Kondisi ini akan mengakibatkan otak mengalami pembengkakan. Keluhan yang dirasakan meliputi sakit kepala yang hebat, jejang, penurunan kesadaran, sulit bergerak, hingga bisa berujung kematian.

Itulah tiga bahaya dan sedikit penjelasan penyakit congekan yang wajib kamu ketahui. Jika lubang telinga kamu mengeluarkan cairan segera temui dokter spesialis THT ya!

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)