bankbjb

Waspada Banjir, Inilah 5 Penyakit Menular yang Sering Menyerang

Administrator
Penulis
Kamis 6 Okt 2022, 17:00 WIB
Waspada Banjir, Inilah 5 Penyakit Menular yang Sering Menyerang

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian wilayah Indonesia sedang dilanda hujan deras disertai angin kencang dan banjir pada awal Oktober ini, seperti halnya kawasan Jabodetabek yang diguyur hujan lebat pada Selasa 4 Oktober 2022 kemarin.

Bencana banjir membuat banyak orang mengungsi dari rumah mereka. Bahkan, setelah bahaya tenggelam atau hanyut, badai masih menyisakan kondisi berbahaya yang berlangsung lama setelah angin dan hujan berhenti.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dalam laman resminya, mencatat air banjir bisa berbahaya dan membuat rentan terhadap penyakit menular, bahaya bahan kimia, dan cedera.

Baca Juga :

Mengandung banyak hal yang dapat membahayakan kesehatan, air banjir kemungkinan membawa jaringan listrik putus, berbagai jenis limbah seperti: limbah manusia dan ternak, limbah B3 rumah tangga, medis, dan industri, limbah batu bara, dan lainnya yang menyebabkan penyakit. 

Penyakit Datang Saat Banjir

Paparan air banjir yang terkontaminasi mengakibatkan infeksi luka, ruam kulit,masalah gastrointestinal, tetanus, dan leptospirosis. 

Berikut kami telah mengutip dari Tempo.co yang melansir dari verywellhealth, inilah lima penyakit yang ditularkan melalui air:

1.Disentri bakteri

Disentri bakteri menimbulkan gejala termasuk buang air besar yang menyakitkan, sakit perut, dan demam. Karena bakteri penyebab disentri ini menyerang usus besar dan rektum, nanah, dan darah dalam tinja. 


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini