TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Ekstrak Cacing Tanah Bisa Obati Penyakit Tipes? Simak Penjelasan Dokter

Dede Imran
Penulis
Rabu 21 Sep 2022, 22:00 WIB
Ekstrak Cacing Tanah Bisa Obati Penyakit Tipes? Simak Penjelasan Dokter

SUKABUMIUPDATE.com - Cacing tanah bisa mengobati penyakit tipes masih dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia. Apakah hal tersebut benar, atau hanya keyakinan semata? Simak penjelasannya menurut Dokter berikut.

Dilansir dari Suara.com, menurut Healthlibrary, tipes merupakan infeksi bakteri yang tidak hanya menyerang satu organ saja dan menyebar melalui aliran darah. Bakteri ini menyerang saluran pencernaan, hati, limpa serta otot.

Sedangkan air cacing yang dimaksud adalah air rebusan cacing ataupun ekstrak cacing tanah. Jika menilik lagi sejarah tentang penggunaan cacing sebagai salah satu obat herbal, ini sudah digunakan oleh berbagai negara seperti Cina dan Korea sejak dulu.

Baca Juga :

Spesialis penyakit dalam dr. Adaninggar di laman Instagramnya menyebut sebuah penelitian yang dilakukan pada 1999. Penelitian itu mengungkap dalam perut cacing tanah terdapat antibakteri.

Hal ini dilanjutkan dengan penemuan pada 2009 di negara-negara Asia Tenggara. Saat itu ditemukan orang yang gemar mengonsumsi cacing ternyata kebiasaan ini bisa membantu mengobati diare. 

Dari sini, banyak asumsi kemudian muncul bahwa cacing bisa menyembuhkan tipes sebagai salah satu penyakit saluran pencernaan seperti diare.

Mahalnya obat tipes pada saat itu sehingga cacing dianggap bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit tersebut. Hal ini kemudian memunculkan berbagai penelitian yang mengungkap khasiat cacing pada penderita tipes.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini