TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Badan POM Ungkap Vaksin Cacar Berpotensi Cegah Penularan Cacar Monyet

Rabu 31 Agt 2022, 09:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan POM mengungkapkan jika dua jenis vaksin cacar (smallpox) yang digunakan di Indonesia dapat berpotensi untuk mencegah penularan penyakit cacar monyet (monkeypox) atau clades. 

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi IX, Selasa, 30 Agustus 2022, Kepala Badan POM Penny K. Lukito menjelaskan bahwa penggunaannya masih dalam tahap uji klinik.

photoCacar Monyet - (WHO)</span

"Vaksin Monkeypox yang kini tersedia secara internasional adalah vaksin Jynneos dan Smallpox yang bisa digunakan, tapi melalui expanded access uji klinik," katanya seperti dikutip dari Antara oleh Suara.com.

Baca Juga :

Kasus Cacar Monyet Pertama Telah Ditemukan di Indonesia

Vaksin Jynneos untuk usia dewasa telah memperoleh persetujuan penggunaan darurat (EUA) oleh Food and Drug Administration (US-FDA) pada 2019, European Medicines Agency (EMA) pada 22 Juli 2022, Therapeutic Goods Administration (TGA) Australia pada 5 Agustus 2022, dan Health Canada pada 12 November 2020.

Sedangkan vaksin Smallpox terdiri atas Dryvax sebagai generasi pertama, ACAM1000 dan ACAM2000 sebagai generasi kedua.

Pada generasi ketiga vaksin Smallpox terdiri atas Modified vaccinia Ankara produksi Bavarian Nordic (MVA-BN) dengan merek dagang Imvanex di Eropa, Imvamune di Kanada, dan Jynneos di Amerika Serikat.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x