TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mengalami Gejala Keracunan Makanan, Apa yang Harus Dilakukan? Simak Penjelasannya

Dede Imran
Penulis
Jumat 29 Jul 2022, 16:45 WIB
Mengalami Gejala Keracunan Makanan, Apa yang Harus Dilakukan? Simak Penjelasannya

SUKABUMIUPDATE.com - Keracunan makanan merupakan kondisi yang ditandai dengan gejala seperti mual, muntah, atau diare setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, bisa oleh kuman atau racun yang masuk ke dalam makanan.

Menurut laman Alodokter, Gejala keracunan makanan akan bervariasi dan umumnya dapat terlihat setelah beberapa menit, jam, atau hari setelah mengonsumsi makanan tergantung dari jenis makanan dan penyebabnya.

Contohnya seperti bakteri Staphylococcus aureus bisa memunculkan gejala dalam waktu 30 menit sampai 8 jam setelah konsumsi makanan. Sementara gejala yang ditimbulkan akibat bakteri Salmonella biasanya muncul dalam 6 jam sampai 6 hari kemudian.

Baca Juga :

Umumnya keracunan makanan bukanlah kondisi yang serius dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, kondisi tersebut terkadang dapat membahayakan dan membutuhkan penanganan khusus oleh dokter.

Gejala Keracunan Makanan

Dilansir dari laman Hello Sehat, gejala keracunan makanan hampir serupa dengan gejala gastroenteritis atau biasa disebut juga flu perut. Beberapa gejalanya termasuk kram perut, diare berair atau berdarah, mual dan muntah, sakit kepala, demam serta perut kembung.

photo(Ilustrasi) Gejala keracunan makanan - (iStock)</span

Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Gejala Keracunan Makanan

Bila gejala keracunan mulai muncul Anda bisa mengatasinya dengan melakukan langkah-langkah berikut sebagai pertolongan pertama Dilansir dari Hello Sehat.

Baca Juga :

1. Minum Air Putih

Ketika mulai mengalami gejala seperti mual dan muntah, minumlah air putih untuk membantu mencegah dehidrasi. Dan jika gejala disertai dengan diare, Anda bisa minum larutan rehidrasi oral yang bisa didapatkan di apotek.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini