AMSI: Buzzer Jegal BPOM Lindungi Konsumen Air Minum dari Bahaya Galon Guna Ulang

Senin 13 Juni 2022, 19:58 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI menemukan indikasi adanya buzzer dan organisasi siluman yang mencoba jegal BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyusun kebijakan terkait kewajiban pelabelan risiko Bisfenol A (BPA). Hal ini adalah bentuk nyata perlindungan pemerintah atas potensi bahaya dari peredaran luas galon guna ulang di tengah masyarakat.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat, Riana A. Wangsadiredja. “Di saat kita tengah berupaya keras melakukan literasi digital, hadir konten-konten menyesatkan yang dibuat untuk perang. Disinformasi pelabelan BPA ini nampak sengaja dibuat untuk melemahkan upaya BPOM melindungi masyarakat,” katanya, Senin (13/06/2022).

Menurut Riana, perlu ada upaya BPOM untuk mengklarifikasi agar informasi menyesatkan itu tidak terus bergulir. “Pada umumnya penyebaran hoax di media sosial itu bergulir cepat dan terstruktur. Sehingga lama-kelamaan akan dianggap sebagai kebenaran."

Dalam rilisnya AMSI  menyebut BPA adalah bahan kimia yang bisa menyebabkan kanker dan kemandulan. Mengutip Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rita Endang beberapa waktu lalu, pelabelan ini semata untuk perlindungan kesehatan masyarakat, sehingga tidak ada istilah kerugian ekonomi.

BPOM menyebutkan alasan rancangan regulasi pelabelan BPA menyasar produk galon guna ulang, di antaranya saat ini sekitar 50 juta lebih warga Indonesia sehari-harinya mengkonsumsi air kemasan bermerek.

“Pelabelan BPA juga bertujuan mendorong lahirnya iklim kompetisi yang lebih sehat pada industri air kemasan bermerek. Pelabelan risiko BPA juga bertujuan mendidik masyarakat sekaligus memenuhi hak konsumen untuk tahu detail produk yang mereka konsumsi,” imbuhnya.

Baca Juga :

AMSI Ajarkan Media Lokal Genjot Revenue lewat Traffict Website

AMSI mengungkap banyak akun buzzer yang dikerahkan untuk memelintir informasi pelabelan BPA dan menekan BPOM. Contoh @/Ddggmmbbkk dan @/salahsambungya. Contoh pelintiran informasi; akun-akun buzzer ini secara akrobatik membagikan berita lama yang berisi pernyataan BPOM mengenai keamanan BPA. 

"Padahal BPOM sudah mengumumkan hasil uji post market terbaru galon guna ulang yang menunjukkan kontaminasi BPA pada taraf yang mengkhawatirkan," lanjut Riana.

Selain itu, lanjut Riasa, mereka juga secara massif menyebarkan informasi keliru mengenai pelabelan BPA yang akan mematikan usaha kecil atau depot air minum isi ulang. Faktanya, BPOM sudah berkali-kali menegaskan kalau regulasi BPA hanya berlaku untuk produk yang berizin edar, sehingga kebijakan ini tidak akan berdampak pada depot air isi ulang. 

"Disinformasi ini diduga sengaja disebarkan untuk menggalang penolakan dari pengusaha kecil. Bahkan akun-akun buzzer ini tidak segan mencaci maki dengan kata kasar. Contohnya akun Ddggmmbbkk yang mengatakan BPOM sebagai badan sampah," ungkap Ketua AMSI Jabar ini lebih jauh.

Selain akun-akun buzzer, juga bermunculan organisasi-organisasi siluman yang menyerang BPOM terkait regulasi pelabelan BPA. Auhadillah Azizi misalnya, pria yang ditulis sebagai CEO Ruang Lestari ini menuduh ada kepentingan bisnis yang menunggangi regulasi pelabelan BPA.

"Setelah ditelusuri di website resmi ruanglestari.com, tidak ditemukan nama Auhadillah sebagai CEOnya. Begitu juga setelah dilakukan penyelidikan lebih jauh, tidak ada jejak aktivitas organisasi Ruang Lestari yang terkait dengan Auhadillah Azizi. Fakta ini semakin memperkuat dugaan adanya agenda terselubung untuk menggagalkan regulasi pelabelan BPA oleh BPOM," pungkas Riana.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).