Ada 150 Meteor Per Jam, Ini 4 Hujan Meteor di Bulan Desember 2023

Selasa 05 Desember 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi. Ada 150 Meteor Per Jam, Ini 4 Hujan Meteor di Bulan Desember 2023 (Sumber : iStock)

Ilustrasi. Ada 150 Meteor Per Jam, Ini 4 Hujan Meteor di Bulan Desember 2023 (Sumber : iStock)

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Desember akan dihiasi oleh fenomena langit hujan meteor, fenomena ini bisa diamati dari Bumi. Ini akan menjadi kesempatan baik bagi penggemar astronomi.

Diketahui ada empat puncak hujan meteor yang akan menghiasi langit, bahkan salah satunya akan memiliki hingga 150 meteor per jamnya ketika puncak fenomena itu terjadi.

Namun, jika ingin mengamati hujan meteor itu, perlu diingat jika langit harus dalam kondisi cerah. Berikut hujan meteor yang akan menghiasi langit bulan Desember 2023 seperti dikutip dari laman Langit Selatan.

Baca Juga: Ada Banyak Hujan Meteor, 10 Fenomena Langit Sepanjang Desember 2023

1. Hujan Meteor Phoenicid

Hujan meteor Phoenicid sebenarnya telah berlangsung dari tanggal 28 November – 9 Desember. Namun, puncak dari fenomena ini sudah lewat yakni terjadi pada tanggal 2 Desember.

Hujan meteor ini akan muncul dari rasi Phoenix. Saat di fase puncaknya, setidaknya ada 12 meteor per jamnya. Hujan meteor Phoenicid ini berasal dari puing-puing komet D/1819 W1 (Blanpain).

2. Hujan Meteor Puppid Velids

Hujan meteor Puppid Velids ini telah berlangsung dari tanggal 1-15 Desember dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 7 Desember.

Saat hujan meteor ini mencapai puncaknya akan memiliki laju 10 meteor per jam saat mencapai maksimum. Hujan meteor ini bisa diamati setelah rasi Puppis dan akan terbit pada pukul 20:27 WIB sampai fajar menyingsing.

Baca Juga: 4 Pemandian Air Panas di Cianjur, Alternatif Liburan Saat Musim Hujan

Waktu terbaik untuk mengamati puncak hujan meteor Puppid Velids adalah pukul 03:00 WIB saat titik arah datang meteor berada pada titik tertinggi di langit. Bulan yang baru melewati fase perbani akhir terbit tengah malam.

3. Hujan Meteor Geminid

Hujan meteor Geminid akan menjadi merupakan atraksi menarik di langit malam. Saat fase puncak terjadi, fenomena ini akan menghadirkan hingga 150 meteor per jam.

Hujan meteor ini akan tampak datang dari rasi kembar Gemini. Sebenarnya, hujan meteor ini telah berlangsung dari tanggal 19 november sampai 24 Desember 2023, dan puncaknya akan terjadi tanggal 14 Desember.

Hujan meteor Geminid yang berasal dari puing-puing asteroid 3200 Phaethon. Fenomena ini bisa diamati setelah rasi Gemini terbit pukul 20:03 WIB.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Ban Motor yang Aman Untuk Musim Hujan

4. Hujan Meteor Ursid

Hujan meteor Ursid yang berlangsung dari tanggal 13 sampai 24 Desember 2023, dan tampak datang dari rasi Ursa Minor. Artinya, hanya pengamat di belahan Bumi Utara atau di atas garis khatulistiwa yang bisa menikmati lintasan meteor Ursid ini.

Puncak hujan meteor Ursid akan terjadi tanggal 21 sampai 22 Desember 2023 dan meteor yang melintas di langit akan bergerak dengan kecepatan 33 km/jam.

Saat mencapai intensitas maksimum, pengamat hanya bisa melihat 10 meteor per jam dari sisa komet 8P/Tuttle yang dilintasi Bumi.

Itulah beberapa fenomena hujan meteor yang akan menghiasi langit bulan Desember 2023.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Science

Bagaimana Proses Pembuatan Hujan Buatan?

Kamis 16 November 2023, 14:38 WIB
Bagaimana Proses Pembuatan Hujan Buatan?
Science

Bagaimana Proses Pembuatan Hujan Buatan?

Kamis 16 November 2023, 14:38 WIB
Bagaimana Proses Pembuatan Hujan Buatan?
Berita Terkini
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat ini masih terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Sehat14 Mei 2024, 19:30 WIB

Asam Urat: Jenis-jenis Ikan Laut Lengkap dengan Kandungan Purin Per 100 Gram

Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya.
Ilustrasi ikan laut mackerel - Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi14 Mei 2024, 19:29 WIB

Polisi Selidiki Kasus Belasan Murid SD Keracunan Jajanan di Sukaraja Sukabumi

Update kasus keracunan massal murid SD di Sukaraja Sukabumi, dua siswa masih belum masuk sekolah.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:18 WIB

Bayi Lahir Tanpa Anus di Cibadak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Seorang bayi di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilahirkan tanpa lubang anus. Bayi lelaki bernama Muhamad Rifki Sunandar baru berusia 50 hari ini
Muhamad Rifki Sunandar (50 hari) dan sang ibu, Imas (27 tahun) di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 19:15 WIB

5 Olahraga Sederhana Ini Efektif Untuk Turunkan Kolesterol dan Bugarkan Tubuh

Melakukan olahraga secara rutin dan efektif dinilai ampuh untuk menurunkan kolesterol. Selain itu bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar sehingga terhindar dari berbagai penyakit.
Lakukan olahraga sederhana dan efektif agar kolesterol pada tubuh bisa turun. (Sumber : freepik.com/jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 19:00 WIB

Ada Tuna! Ini 5 Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Tuna adalah jenis ikan laut yang sering dikonsumsi dan memiliki jumlah purin yang sedang. Meskipun demikian, sebagian besar penderita asam urat masih dapat menikmati tuna dalam jumlah yang moderat.
Ilustrasi. Olahan Ikan Tuna. Contoh Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Instagram/@fatmadeden)