Apa yang Terjadi Jika Air Laut Tidak Asin Dan Bagaimana Dampaknya Bagi Manusia?

Senin 17 Juli 2023, 18:45 WIB
Ilustrasi. Inilah yang akan terjadi saat air laut tidak asin bagi kehidupan di Bumi | Foto: Pixabay/0fjd125gk87

Ilustrasi. Inilah yang akan terjadi saat air laut tidak asin bagi kehidupan di Bumi | Foto: Pixabay/0fjd125gk87

SUKABUMIUPDATE.com - Kita semua tahu jika air laut memiliki rasa asin karena mengandung garam yang sangat banyak. Tapi bagaimana jika air laut tidak lagi asin, apa yang akan terjadi?

Sebelum itu kita harus tahu dulu dari mana garam-garam di laut dihasilkan sehingga rasanya menjadi asin.
Melansir dari laman oceanliteracy.unesco.org, terdapat dua cara garam di laut dihasilkan.

1. Runoff dari darat

Proses ini yaitu saat hujan mengangkut ion mineral dari darat ke air. Air hujan sedikit asam, karena beberapa karbon dioksida di udara larut di dalamnya. Saat hujan turun di bebatuan, garam mineral dilepaskan, yang terpisah menjadi ion.

Ion-ion ini kemudian dibawa oleh air limpasan dan akhirnya berakhir di laut. Lebih dari 90% dari semua ion yang ditemukan dalam air asin adalah natrium dan klorida, bahan utama dari jenis garam yang digunakan untuk memasak.

2. Bukaan atau ventilasi di dasar laut

Cairan hidrotermal, sumber garam lain di lautan. Air laut merembes melalui celah dasar laut dan dipanaskan oleh lahar dari inti bumi. Berbagai reaksi kimia dipicu oleh panas. Air cenderung kehilangan oksigen, magnesium, dan sulfat sambil mengambil logam seperti besi, seng, dan tembaga dari bebatuan di sekitarnya.

Logam-logam tersebut terbawa oleh air panas saat dikeluarkan dari ventilasi di dasar laut. Beberapa garam laut terbentuk oleh letusan gunung berapi bawah laut yang melepaskan mineral langsung ke laut.

Dampak Air Laut Tidak Asin

Lalu bagaimana jika garam-garam itu tidak lagi dihasilkan sehingga air laut tidak lagi asin. Merangkum dari berbagai sumber, Jika air laut tidak asin, dampaknya akan sangat signifikan bagi kehidupan di Bumi.

1. Gangguan pada ekosistem laut

Banyak organisme laut, terutama hewan dan tumbuhan laut, telah beradaptasi dengan kondisi air laut yang asin. Jika air laut kehilangan keasinannya, organisme laut ini akan mengalami kesulitan dalam bertahan hidup. Beberapa spesies bahkan mungkin tidak mampu bertahan hidup dalam kondisi udara yang kurang asin.

2. Perubahan dalam rantai makanan

Gangguan pada ekosistem laut akan berdampak pada rantai makanan laut. Organisme yang bergantung pada organisme laut yang terpengaruh akan mengalami kelangkaan makanan dan mungkin juga kesulitan bertahan hidup.

3. Perubahan pada sirkulasi termal global

Sistem sirkulasi termal global, seperti Arus Lintang Besar, didorong oleh perbedaan densitas air laut yang disebabkan oleh salinitas. Jika udara laut kehilangan keasinannya, mekanisme ini akan terganggu, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi iklim global dan pola cuaca.

4. Pengaruh pada manusia

Air laut yang tidak asin akan berdampak langsung pada manusia. Air laut yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti irigasi, pemurnian air, atau pendinginan akan memiliki komposisi kimia yang berbeda dan mungkin mempengaruhi kualitas udara tersebut. Selain itu, industri yang bergantung pada sumber daya laut, seperti perikanan dan industri garam, juga akan terpengaruh secara signifikan.

5. Ada bahaya bagi Makhluk hidup

Salah satu dampak lain saat air laut tidak asin yaitu laut akan menjadi pusat dari berbagai penyakit. Pasalnya saat terdapat bangkai makhluk hidup yang mati di laut maka akan sangat mudah membusuk dan mengundang berbagai hewan pembawa penyakit.

Salinitas kadar garam yang terdapat di air laut berfungsi untuk mensterilkan air sehingga mencegah terjadinya pembusukan dan pekembangan penyakit.

Namun perlu dicatat bahwa kondisi udara laut yang tidak asin secara alami sangat sulit terjadi di Bumi. Salinitas air laut sangat terkait dengan siklus air, penguapan, dan pengaruh mineral dari batuan dan proses geologi lainnya. Kehadiran garam di air laut adalah hal yang normal dan penting untuk mempertahankan kehidupan di Bumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Sukabumi

Maut di Laut Sukabumi

Minggu 25 Juni 2023, 10:04 WIB
Maut di Laut Sukabumi
Berita Terkini
Internasional21 Mei 2024, 14:00 WIB

Covid-19 di Singapura Meledak Nyaris Dua Kali Lipat, Warga Diminta Pakai Masker

Warga diminta pakai masker, imbas kasus Covid-19 di Singapura kembali meledak
Ilustrasi. Warga diminta pakai masker, imbas kasus Covid-19 di Singapura kembali meledak. (Sumber : pixabay.com/@Tumisu)
Sukabumi21 Mei 2024, 13:55 WIB

Pemkot Sukabumi Komitmen Dukung PPDB Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Kusmana menekankan pentingnya komitmen semua pihak untuk mematuhi aturan yang berlaku dalam PPDB.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menandatangani komitmen dukungan penyelenggaraan PPDB pada Selasa (21/5/2024) di Oproom Setda Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat21 Mei 2024, 13:45 WIB

5 Makanan Terburuk Untuk Kadar Gula Darah, Hindari Sebisa Mungkin!

Ada beberapa makanan buruk yang dapat menjadi penyebab kadar gula darah meningkat, lalu akhirnya menimbulkan berbagai penyakit. Maka dari itu mulailah untuk coba hidup sehat dengan mengubah pola makan lebih sehat
Ilustrasi permen adalah salah satu makanan terburuk yang berpengaruh pada lonjakan gula darah (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih21 Mei 2024, 13:37 WIB

Kurang Data Pendukung, MK Tolak Gugatan PDIP Soal Suara PAN di Sukabumi

Mahkamah Konstitusi menyatakan menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR RI yang diajukan oleh PDIP terkait dugaan penggelembungan suara PAN di daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi
Sidang Mahkamah Konstitusi soal gugatan PDIP terkait penggelembungan suara PAN di Dapil Jabar IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. MK
Kecantikan21 Mei 2024, 13:30 WIB

9 Bahan Alami Masker Wajah yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Bisa Iritasi!

Memilih bahan alami yang aman dan cocok untuk jenis kulit adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa risiko iritasi atau kerusakan kulit.
Ilustrasi. Bahan Alami Masker Wajah yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Bisa Iritasi! (Sumber : Pexel.com/AndreaPiacquadio)
Life21 Mei 2024, 13:15 WIB

10 Kesalahan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak, Jangan Mempermalukannya!

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak. (Sumber : pexels/augustderichelieu)
Sehat21 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh dan Cara Mengelolanya

Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh. Kurangnya aktivitas fisik dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan resistensi insulin, yang keduanya dapat meningkatkan risiko asam urat.
Ilustrasi. Orang dewasa sakit asam urat sedang istirahat. (Sumber : Pexels.com/ MarcusAurelius)
Keuangan21 Mei 2024, 12:56 WIB

9,9 Juta Anak Muda Nganggur dan Tak Sekolah, Kerja Sulit Sekolah Mahal?

Disebutkan hingga tahun 2023, ada 9 juta penduduk indonesia khususnya generasi muda usia 14 - 24 tahun tidak bekerja alias nganggur alias jadi pengangguran atau tidak bekerja bahkan tidak bersekolah.
Ilustrasi pencari kerja. BPS catat 9,9 juta anak muda (generasi Z) di indonesia nganggur dan tak sekolah (Sumber: istimewa)
Sehat21 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tulang dan Sendi Tetap Sehat di Usia 40-an

Jika memiliki keinginan agar tulang dan sendi tetap sehat di usia 40-an adalah dengan terus menjaga kesehatan seperti olahraga secara rutin, mengubah pola makan, ganti gaya hidup jadi lebih sehat dari sebelumnya.
Ilustrasi olahraga secara rutin jika ingin tulang dan sendi tetap sehat hingga usia 40-an (Sumber : Freepik.com)
Life21 Mei 2024, 12:30 WIB

7 Strategi Disiplin Balita yang Jarang Diketahui Orang Tua, Yuk Cari Tahu Bunda

Dengan hanya mengatakan “tidak” pada anak ketika melarang melakukan sesuatu, biasanya hal itu tidak selalu berhasil. Selain itu, sebagai orang tua perlu membuat mereka belajar untuk tidak kehilangan ketenangan dalam prosesnya
Ilustrasi strategi untuk membuat balita displin agar bisa menikmati masa pertumbuhannya (Sumber : Pexels.com/@Brettsayles)