Suhu Global Berpotensi Akan Melonjak Hingga 1,5°C Dalam Lima Tahun ke Depan

Jumat 19 Mei 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi- Suhu Global Berpotensi Akan Melonjak Hingga 1,5°C Dalam Lima Tahun ke Depan . | (Sumber : Pixabay.com/horth)

Ilustrasi- Suhu Global Berpotensi Akan Melonjak Hingga 1,5°C Dalam Lima Tahun ke Depan . | (Sumber : Pixabay.com/horth)

SUKABUMIUPDATE.com - Menurut laporan terbaru dari Organisasi Meteorolgi Dunia (WMO), suhu global berpotensi akan melonjak dan memecahkan rekor dalam lima tahun ke depan. Hal itu dipicu oleh gas rumah kaca yang memerangkap panas dan juga peristiwa El Nino yang terjadi secara alami.

Mengutip dari laman wmo.int, ada kemungkinan 66% rata-rata tahunan suhu global meningkat antara tahun 2023 hingga 2027 dan akan lebih dari 1,5°C di atas tingkat pra-industri selama setidaknya satu tahun. 

Berpotensi 98% atau setidaknya satu dari lima tahun kedepan dalam periode lima tahun secara keseluruhan dan bakal menjadi rekor terpanas.

Baca Juga: 5 Penginapan Murah di Sukabumi di Bawah Rp300 Ribuan, Cocok Untuk Backpacker!

“Laporan ini tidak berarti bahwa kita secara permanen akan melampaui tingkat 1,5°C yang ditentukan dalam Perjanjian Paris yang mengacu pada pemanasan jangka panjang selama bertahun-tahun. Namun, WMO membunyikan alarm bahwa kita akan menembus level 1,5°C secara sementara dengan frekuensi yang meningkat,” kata Sekretaris Jenderal WMO Prof. Petteri Taalas, seperti dihimpun via dari laman wmo.int.

“El Niño yang memanas diperkirakan akan berkembang dalam beberapa bulan mendatang dan ini akan digabungkan dengan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia untuk mendorong suhu global ke wilayah yang belum dipetakan,” katanya. “Ini akan berdampak luas bagi kesehatan, ketahanan pangan, pengelolaan air dan lingkungan. Kita harus siap,” kata Prof. Taalas.

Lalu hanya akan ada 32% kemungkinan dalam rata-rata lima tahun dan bakal melebihi ambang batas 1,5°C. Menurut Global Annual to Decadal Climate Update yang dihasilkan oleh Met Office Inggris, pusat utama WMO untuk prediksi tersebut.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Kemudian peluang sementara melebihi 1,5°C sudah meningkat secara stabil pada tahun 2015 saat mendekati nol. Antara tahun 2017 hingga 2021 ada kemungkinan sudah melampaui 10%.

“Suhu rata-rata global diperkirakan akan terus meningkat, semakin menjauhkan kita dari iklim yang biasa kita alami,” kata Dr Leon Hermanson, ilmuwan ahli Met Office yang memimpin laporan tersebut.

Poin-poin  Kunci dalam Peningkatan Suhu Global

  • Suhu rata-rata global pada tahun 2022 sekitar 1,15°C di atas rata-rata tahun 1850-1900. Pengaruh pendinginan kondisi La Niña selama tiga tahun terakhir untuk sementara mengekang tren pemanasan jangka panjang. Tapi La Niña berakhir pada Maret 2023 dan El Niño diperkirakan akan berkembang dalam beberapa bulan mendatang. Biasanya, El Niño meningkatkan suhu global pada tahun setelah terjadinya – dalam hal ini tahun 2024.
  • Rata-rata tahunan suhu dekat permukaan global untuk setiap tahun antara 2023 dan 2027 diperkirakan antara 1,1°C dan 1,8°C lebih tinggi dari rata-rata 1850-1900. Ini digunakan sebagai baseline karena sebelum emisi gas rumah kaca dari aktivitas manusia dan industri.
  • Ada kemungkinan 98% dari setidaknya satu dalam lima tahun ke depan mengalahkan rekor suhu yang ditetapkan pada tahun 2016, ketika terjadi El Niño yang sangat kuat.
  • Peluang rata-rata lima tahun untuk 2023-2027 lebih tinggi dari lima tahun terakhir juga sebesar 98%.
  • Pemanasan Arktik sangat tinggi. Dibandingkan dengan rata-rata 1991-2020, anomali suhu diperkirakan lebih dari tiga kali lebih besar dari anomali rata-rata global ketika dirata-ratakan selama lima musim dingin yang diperpanjang di belahan bumi utara berikutnya.
  • Kemudian pola curah hujan diprediksi rata-rata terjadi Mei hingga September dari tahun 2023-2027 dibandingkan dengan kurun waktu 1991-2020. Curah hujan menunjukan peningkatan di Sahel, Eropa Utara, Alaskan hingga Siberia Utara. Lalu curah hujan di musim ini terjadi di Amazon dan sebagian Negara Australia.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Landa Asia, Bangladesh Tembus 51 Derajat Hingga Aspal India Meleleh

Perjanjian Paris

Selain peningkatan suhu global, gas rumah kaca yang disebabkan oleh manusia menyebabkan lebih banyak pemanasan dan pengasaman laut, pencairan es laut dan gletser, kenaikan permukaan laut, dan cuaca yang lebih ekstrem.

Perjanjian Paris menetapkan tujuan jangka panjang untuk memandu semua negara untuk secara substansial mengurangi emisi gas rumah kaca global untuk membatasi kenaikan suhu global pada abad ini hingga 2 °C sambil mengejar upaya untuk membatasi peningkatan lebih jauh hingga 1,5 °C, untuk menghindari atau mengurangi dampak merugikan dan kerugian dan kerusakan terkait.

Baca Juga: Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim mengatakan bahwa risiko terkait iklim untuk sistem alam dan manusia lebih tinggi untuk pemanasan global sebesar 1,5 °C daripada saat ini, tetapi lebih rendah dari pada 2 °C.

Laporan baru tersebut dirilis menjelang Kongres Meteorologi Dunia (22 Mei hingga 2 Juni) yang akan membahas bagaimana memperkuat layanan cuaca dan iklim untuk mendukung adaptasi perubahan iklim. 

Prioritas untuk diskusi di Kongres termasuk inisiatif Peringatan Dini untuk Semua yang sedang berlangsung untuk melindungi orang dari cuaca yang semakin ekstrem dan Infrastruktur Pemantauan Gas Rumah Kaca baru untuk menginformasikan mitigasi iklim.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert, Minim Interaksi dengan Orang!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 15:18 WIB

Tabrak Ruko hingga Jebol di Ciracap Sukabumi, Pemotor Beat Dilarikan ke RS

Korban melaju dari arah Ujunggenteng menuju rumahnya di Desa Cikangkung.
Sepeda motor korban dan kondisi dinding ruko yang tertabrak di Kampung Cijoho, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (16/5/2024). | Foto: Istimewa
Life16 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Tips Agar Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Semakin Terjalin Dengan Kuat

Meluangkan waktu untuk anak Anda dan membangun hubungan yang kuat akan bermanfaat bagi mereka seiring berjalannya waktu.
Ilustrasi hubungan ayah dan anak perempuan semakin kuat (Sumber : pexels.com/@TatianaSyrikova)
Inspirasi16 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Office Boy Penempatan di Kota Sukabumi, Minimal Lulusan SMA. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life16 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Kerja, Yuk Terapkan!

Konsentrasi saat bekerja adalah impian semua pencari nafkah. Pasalnya, sebagian orang justru tidak tahu kebiasaan yang bisa meningkatkan konsentrasi dalam hidup
Kebiasaan yang dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)