Marwan Hamami Beberkan Keberhasilan Sepanjang Menjabat Bupati Sukabumi

Senin 05 Oktober 2020, 07:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi sebagai Kabupaten terluas kedua di pulau Jawa tentunya memiliki segudang permasalahan infrastruktur. Dengan luas wilayah 4.145,70 km persegi yang dihuni 2.523.992 jiwa, dengan sebaran penduduk mencapai 609 jiwa per kilometer persegi, Pemkab Sukabumi membawahi 47 Kecamatan, 381 Desa dan 5 Kelurahan. 

Dalam kurun waktu lima tahun terhitung dari tahun 2016 hingga 2020, Kabupaten Sukabumi memiliki peningkatan pencapaian pembangunan di bawah pemerintahan Marwan Hamami

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bappeda dan Humas Pemerintah Kabupaten Sukabumi, pencapaian 86 program pembangunan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Sukabumi tahun 2016-2021 memiliki kenaikan dalam Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sampai tahun 2019  sebesar 2,21 persen.

BACA JUGA: Marwan - Iyos Dapat Dukungan Senior PP, Drajat Sayoeti: Kader Tidak Searah Ganti!

Sementara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2019 Mencapai Angka 66.87 Poin. Selanjutnya untuk tingkat kemiskinan menurun sampai angka 6,22 persen di tahun 2019, lebih rendah dari Provinsi Jawa Barat dan Nasional.

Selain itu peningkatan pembangunan jalan sejak tahun 2016 sampai 2019, juga berhasil dintervensi sebanyak 1.332,67 km jalan Kabupaten dan berhasil meningkatkan kemantapan jalan dari 51,11 persen (tahun 2016) menjadi 61,13 persen pada tahun 2019. Hasil capaian ini jauh melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD yaitu sebesar 54,85 persen.

Selanjutnya dalam bidang Penangangan Rumah Tidak Layak Huni yang sudah terintervensi Sebanyak 22.804 RTLH, termasuk 1.600 unit di tahun 2020 dari APBD melalui Program Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) yang telah di anggarkan secara rutin senilai Rp 45 miliar per tahun. 

BACA JUGA: Ke Relawan, Calon Bupati Sukabumi Marwan Hamami Minta Gerakan Nyata Bukan Retorika

Sementara itu untuk anggaran Dana Desa yang sudah terealisasi antara lain 2.303 km Jalan Desa, 2.850 meter Jembatan, 12 unit Pasar Desa, 3 unit Bumdes, 2 unit Embung, 206 unit Irigasi, 3 unit Sarana Olahraga, 35.155 unit TPT, 397 unit air bersih, 846 unit MCK, 89 unit Polindes, 40 km Drainase, 521 unit Paud, 510 unit Posyandu, 32 unit Sumur BOR.

Marwan Hamami berpesan pada masyarakat untuk dapat menikmati hasil pembangunan dan mengajak masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Sukabumi dengan melanjutkan kebaikan demi terciptanya Sukabumi yang religius, maju, inovatif, sejahtera lahir dan bathin.

Terkait bidang pendidikan Marwan Hamami menyampaikan di masa pemerintahannya ia telah membangun ruang kelas, baik untuk tingkat SD maupun tingkat SMP. "Bangunan untuk SD dan SMP terus semakin membaik. kondisi ruang kelas SD yang baik telah mencapai 73.92 persen, sedangkan ruang kelas SMP yang baik telah baik mencapai 79.69 persen," ungkapnya.

BACA JUGA: Pilkada Sukabumi, Marwan: Visi Misi Kami 75 Persen Harapan Kiai dan Ulama

Sementara itu terkait kesehatan, Marwan menyampaikan bahwa selama menjabat Bupati Sukabumi ia berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sukabumi salah satunya dengan pembangunan RSUD Sagaranten.

"Ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di wilayah Sagaranten dan sekitarnya termasuk wilayah Cianjur, sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit," sambungnya.

Untuk kegiatan Proyek Strategis yang telah dijalankan di tahun 2020 H.Marwan Hamami menyampaikan kegiatan diantaranya Pembangunan jembatan Cibuni yang sudah terbengkalai selama 37 tahun.

"Kita dorong persiapan Pemekaran Kabupaten Sukabumi salah satunya Penataan lapang Cangehgar dan pembangunan komplek perkantoran Cangehgar, selain itu Peningkatan dan pemeliharaan jalan akses perekonomian masyarakat dan Peningkatan serta pemeliharaan irigasi pendukung perekonomian masyarakat dan ketahanan pangan," jelasnya.

BACA JUGA: Kunjungi Cireunghas Sukabumi, Marwan Dukung Program Bank Sampah

Untuk beberapa program pembangunan yang telah direncanakan di tahun 2020 perlu dilakukan beberapa penyesuaian di tahun 2021 dalam rangka pemulihan ekonomi pasca covid-19 serta pengoptimalan sektor pariwisata terutama di kawasan CPUGG, yaitu dengan pengembangan dan penataan sarana dan prasarana dibeberapa objek wisata.

Dalam masa pemerintahan Marwan Hamami, Kabupaten Sukabumi tercatat telah meraih 161 penghargaan bergengsi dan merupakan bukti kinerja Marwan Hamami yang harus diapresiasi. Sementara dari hasil evaluasi terhadap data indikator makro pembangunan Kabupaten Sukabumi secara umum.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)