Klarifikasi Homestay Pantai Cibuaya Sukabumi Soal Wisatawan Tertipu Booking Online

Minggu 08 Mei 2022, 01:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Curhat salah seorang wisatawan berinisial MG (22 tahun) yang merasa tertipu booking homestay online saat akan berlibur bersama kekasihnya di Pantai Cibuaya, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu 4 Mei 2022 menjadi buah bibir netizen.

MG yang sudah membayar kamar di OYO Sandi Homestay yang dipesannya via Aplikasi Agoda harus gagal "Check-In" karena berdasarkan penuturan MG, ia dianggap tidak pernah booking tempat.

Menurut pemilik Sandi Homestay, rumah yang ia sewakan memang ada, namun menurut MG, Sandi Homestay menggunakan foto-foto bangunan penginapan dan fasilitas-fasilitas mewah dari penginapan lain di Pantai Cibuaya.

Reporter sukabumiupdate.com kemudian menelusuri lokasi penginapan berupa rumah warga tersebut. Ternyata Sandi Homestay memanglah ada, lokasinya masih di Kawasan Pantai Cibuaya. Hanya saja, bentuk bangunannya tak seluas yang ada di foto yang tertera di aplikasi dan tak memiliki banyak kamar. Sandi Homestay terpantau hanya memiliki dua kamar, itupun untuk satu pemesan saja.

Baca Juga :

Saat dimintai klarifikasi, Sandi selaku pemilik Sandi Homestay mengakui adanya sejumlah konsumen atau wisatawan yang telah pesan penginapan OYO Sandi Homestay lewat aplikasi namun harus gagal menginap. Menurut Sandi, hal itu diakibatkan penginapannya sudah terisi atau sold out oleh pengunjung yang lain.

"Saya bekerjasama dengan OYO, baru satu bulan. Sebenarnya kepada pihak OYO sudah minta ditutup, terutama untuk libur panjang lebaran. Memang sebelum lebaran juga pada aplikasi OYO Sandi Homestay sudah ada keterangan terjual habis (sold out), namun saya juga heran kenapa masih ada juga tamu yang booking," kata Sandi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 7 Mei 2022.

photoKondisi Sandi Homestay yang berada di kawasan Pantai Cibuaya Sukabumi. - (SU/Ragil)</span

Menurut Sandi, hingga Jumat 6 Mei 2022 diperkirakan sudah hampir 30 konsumen yang mendatangi penginapannya namun gagal menginap.

"Mereka kan punya aplikasi masing-masing, baik Agoda, Tiket.com, atau Booking.com. Mereka kirim uang ke aplikasi tersebut. Saya sudah jelaskan kepada mereka, bahwa dengan kejadian ini, saya pun jadi korban, karena harganya sangat murah ada yang Rp.120 ribu, Rp.130 ribu, Rp.200 ribu lebih tergantung tipe, bahkan ada yang Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu dua kamar. Yang lebih herannya kenapa aplikasi tersebut masih update atau menjual OYO Sandi Homestay, padahal sudah habis (sold out)," bebernya.

Karena banyak yang merasa dirugikan terutama juga dirinya, Sandi mengaku bahwa mulai hari ini pemesanan kamar di OYO Sandi Homestay sudah ditutup dari semua aplikasi. Adapun saran darinya untuk pengembalian dana (refund) kepada konsumen yang sudah terlanjur membayar, bisa melalui aplikasi masing-masing yang sudah di booking.

"Saya sudah menghubungi pihak OYO, untuk memproses satu persatu pengembalian konsumen yang sudah booking dan melakukan refund. Karena lewat aplikasi, tentunya butuh proses, biasanya pengembalian butuh waktu tiga hari atau seminggu," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih30 April 2024, 23:51 WIB

Gerindra Pastikan Soal Dukungan di Pilkada Sukabumi Ikuti Arahan DPP

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menegaskan soal dukungan terhadap bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi tidak akan mendahului arahan dari DPD Gerindra Jawa Barat dan DPP Gerindra.
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara | Foto : ist
Sukabumi30 April 2024, 23:45 WIB

Gadis 16 Tahun Asal Kalibunder Sukabumi yang Hilang Akhirnya Ditemukan

Polisi akhirnya menemukan gadis 16 tahun asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua pria tak dikenal.
Gadis asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput 2 pria tak dikenal akhirnya ditemukan. (Sumber : Istimewa)
Life30 April 2024, 23:20 WIB

Segera Tangani, Ini 4 Alasan dan Cara Mengatasi Anak yang Berbohong

Anak-anak sering kali mulai berbohong untuk menutupi tindakan yang mereka tahu salah.
Ilustrasi mengatasi anak berbohong. / Sumber : pexels.com/@wutthichai charoenburi
Arena30 April 2024, 23:16 WIB

Pevoli Wanita Asal Kota Sukabumi Aulia Suci Ikut Seleksi Liga Voli Korea 2024

Pemain Voli asal kelahiran Subangjaya, Kota Sukabumi, Aulia Suci Nurfadila mengikuti try out atau tes untuk bisa masuk kuota pemain Asia di Liga Voli Korea 2024.
Aulia Suci Nurfadila, Pemain Voli kelahiran Subangjaya Kota Sukabumi | Foto : Instagram @auliasuciii21
Life30 April 2024, 23:05 WIB

Patut Dicoba, Berikut 8 Cara Mendorong Anak Agar Senang Berbagi

Berbagi adalah suatu hal yang sangat mulia. Dan Anda bisa mengajarkannya kepada anak Anda agar mereka bermurah hati.
Ilustrasi mendorong anak senang berbagi / Sumber : pexels.com/@cottonbro studio
Life30 April 2024, 22:55 WIB

Sensitif Terhadap Lingkungannya, Simak 8 Alasan Mengapa Bayi Sulit Tidur Di Malam Hari

Ingin menyempurnakan kebiasaan tidur bayi Anda? Kami punya solusi untuk menghentikan bayi Anda yang kesulitan tidur.
Ilustrasi bayi sulit tidur | Foto : pexels.com/@Tatiana Syrikova
Opini30 April 2024, 22:44 WIB

May Day dan Permasalahan Strategy Marketing

May Day, atau yang dikenal juga sebagai Hari Buruh Internasional, adalah momen penting yang diperingati di seluruh dunia untuk menghormati dan merayakan perjuangan buruh serta menegaskan pentingnya hak-hak pekerja·
Hari Buruh Internasional 1 mei 2024 dan Permasalahan Strategy Marketing | Foto : Pixabay
Life30 April 2024, 22:33 WIB

Tetapkan Aturan, Terapkan 5 Teknik Pengendalian Impuls yang Berhasil untuk Anak-anak

Adalah normal bagi anak kecil untuk bersikap impulsif secara fisik. Memukul, melompat dari furnitur, atau berlarian di toko kelontong adalah masalah pengendalian impuls yang umum.
Ilustrasi pengendalian impuls pada anak | Foto : pexels.com/@Eren Li
Life30 April 2024, 22:27 WIB

Ajarkan Strategi Mengatasinya, Ini 5 Cara Mengajari Anak Tentang Perasaannya

Ketika anak melakukan kesalahan dengan melampiaskan sesuatu karena marah mereka frustasi, anggaplah ini sebagai kesempatan untuk mengajari mereka cara berbuat lebih baik di lain waktu.
Ilustrasi mengajari anak tentang perasaanya | Foto : Pexels.com/@Tran Lang
Life30 April 2024, 22:20 WIB

Ajarkan Perilaku Yang Pantas, Berikut 6 Cara Merespon Pukulan Anak

Ketika anak memukul anda, maka anda akan merasa malu jika hal itu dilakukan didepan orang banyak. Naun lakukan hal berikut untuk merespon pukulan anak
Ilustrasi merespon pukulan anak | Foto pexels.com/@Ketut Subiyanto