DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Dorong UKM dan IKM Produksi Pangan Sehat

Sabtu 16 April 2022, 17:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi penetapan pemberian fasilitas dan insentif daerah untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di ruang rapat PKK Pendopo Sukabumi, Rabu 13 April 2022, DPTMPSP juga memfasilitasi pemberian Izin usaha secara gratis kepada 30 peserta dari kalangan pelaku UKM dan IKM di Kabupaten Sukabumi yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu dilakukan penyuluhan mengenai keamanan pangan. 

Baca Juga :

Karena terkait dengan UKM dan IKM, turut hadir Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan kemudian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi yang menyampaikan materi mengenai keamanan pangan.

Ketua Panitia, Nina Widiawati menuturkan kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi layanan perizinan usaha kepada pelaku UKM dan IKM  sebagai bentuk dukungan pemberdayaan dan pengembangan usaha sebagai faktor penting pemulihan ekonomi nasional.

“Selain itu untuk proteksi masyarakat dari pangan yang tidak sehat, adanya panduan keamanan pangan untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat, dan memberikan pemahaman kepada pelaku UKM dan IKM terkait produk pangan yang baik dan sehat," ujar Nina yang merupakan Koordinator PTSP DPTMPSP Kabupaten Sukabumi.

Dengan produk yang memenuhi unsur keamanan pangan, maka produk UKM dan IKM Kabupaten Sukabumi bisa tembus ke minimarket hingga swalayan.

Menurut Sekretaris DPMPTSP,  Endang Suherman, keamanan pangan termasuk isu sentral yang berkembang di masyarakat, hal itu mengindikasikan bahwa kesadaran dan tuntutan terhadap makanan yang baik dan sehat semakin meningkat .

“Karena itu tata kelola keamanan pangan diselenggarakan untuk menjaga pangan tetap aman, higienis bermutu tidak bertentangan dengan norma serta budaya masyarakat,” jelas Endang.

Endang menegaskan hal yang sangat penting dan strategis dari kegiatan penyuluhan tersebut adalah fasilitasi perizinan usaha 

“Tindak lanjut kegiatan ini adalah fasilitasi perizinan usaha secara gratis kepada peserta, sehingga dapat menjalankan kegiatan usaha dan dilindungi peraturan sehingga menciptakan iklim investasi yang sehat dan ekosistem bisnis yang kompetitif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika menyatakan Dekranasda menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan  yang diinisiasi DPMPTSP. Menurutnya keamanan pangan erat kaitannya dengan kualitas sumberdaya manusia 

“Pemahaman tentang keamanan pangan mampu mendorong perubahan pola pikir masyarakat tentang pentingnya pangan dari sisi kesehatan untuk menumbuhkan masyarakat cerdas, sehat, cerdas dan berdaya saing sehingga masyarakat Kabupaten Sukabumi yang sejahtera dan mandiri akan terwujud,” ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 14:38 WIB

Botram Bareng Ayep Zaki, Bangun Hubungan Erat Antar Calon Pemimpin dan Masyarakat

Bacalon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki sosialisasikan visi dan misinya lewat botram bareng masyarakat.
Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki botram bareng warga, sampaikan visi dan misinya dalam memberantas kemiskinan. (Sumber : Istimewa)
Life06 Mei 2024, 14:30 WIB

Begini 7 Cara Ampuh Melerai Pertengkaran Anak, Yuk Lakukan!

Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka dicintai secara setara dan istimewa, terlepas dari bagaimana mereka bertindak.
Ilustrasi. Cara ampuh memisahkan pertengkaran anak. Sumber : pexels.com/@Vika Glitter
Inspirasi06 Mei 2024, 14:22 WIB

Media Lokal Harus Naik Kelas, SMS 2024 Cetak Sejarah

Kick Off program yang dipusatkan di Hotel Aryaduta Pelembang, Senin (6/5/2024), ini dibuka secara simbolis oleh Editor in Chief sekaligus CEO Suara.com Suwarjono.
Sumatera Media Summit (SMS) 2024, mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Andalas. (Sumber: SMS 2024)
Life06 Mei 2024, 14:00 WIB

Stres Bukan Hal Sepele! Kenali 4 Dampak Bahayanya yang Mengancam Kesehatan

Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan.
Ilustrasi - Stres sangat berbahaya apabila dibiarkan dalam waktu yang berkepanjangan. (Sumber : pexels.com/@emre keshavarz)
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)
Life06 Mei 2024, 13:30 WIB

Beri Ruang Untuk Emosi Mereka, 7 Cara Mendisiplinkan Anak di Depan Umum

Mendisiplinkan anak di luar rumah bisa membuat stres. Namun kuncinya adalah tetap berpegang pada teknik disiplin yang biasa dilakukan dan tetap memperhatikan tujuan jangka panjang.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak di depan umum dengan memberikan ruang emosi. Sumber : pexels.com/@Scott Webb