bankbjb

Tradisi Munggahan di Pasar Pelita Sukabumi, Para Guru Joget dan Belanja Bareng

Fitriansyah
Penulis
Jumat 1 Apr 2022, 00:00 WIB
Tradisi Munggahan di Pasar Pelita Sukabumi, Para Guru Joget dan Belanja Bareng

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan guru di Kota Sukabumi, khususnya kaum emak-emak meramaikan hari belanja bareng di Pasar Pelita, Jumat (1/4/2022). Mobilisasi kaum guru ini untuk menghidupkan kembali Pasar Pelita dan tradisi munggahan atau belanja bersama jelang Ramadan yang lama mati suri karena dikunci pandemi dan proses pembangunan.

Acara diawali dengan senam dan joget bareng para guru di halaman parkir Pasar Pelita, diiringi lagu dangdut kereta malam. "Iya, kegiatannya mau Belanja bareng, hiburan dulu sambil menunggu seremoni pembukaan, infonya Pak Wali Kota mau datang," ujar salah seorang guru SDN di Gunungpuyuh yang minta namanya tak perlu disebutkan.

Baca Juga :

Dia sengaja datang ke Pasar Pelita dari pagi, rencanannya mau belanja kebutuhan awal ramadan. "Insyaallah mungkin untuk persiapan munggah, bulan puasa. Mau beli sembako aja, Kurang lebih ya sekitar Rp300 saya bawa uang," jelasnya. 

Tak semua guru ikut joget, banyak juga yang hanya jadi penonton. Hari ini para pelajar di Kota Sukabumi diliburkan, tanggal 1 April 2022 selain jelang ramadan juga bertepatan dengan hari hadi Kota Sukabumi yang ke 108 tahun.

Acara belanja bareng yang diinisiasi kaum guru ke Pasar Pelita ini diharapkan mampu mengembalikan denyut perekonomian Kota Sukabumi selama lama dikunci pandemi. Ini juga tradisi munggahan pertama Pasar Pelita Kota Sukabumi, setelah bertahun-tahun tak beroperasi karena proses pembangunan.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini