Santuni Yatim Piatu, Cara KPPN Sukabumi Bantu Ekonomi Warga saat Pandemi

Sabtu 12 Maret 2022, 09:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terjadi. Berbagai varian virus pun terus bermunculan, yang teranyar adalah Omicron. Di sisi lain, pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk menekan penyebaran virus Corona, salah satunya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Selain kesehatan, pandemi Covid-19 juga telah memberikan efek domino di berbagai bidang seperti sosial, budaya, maupun ekonomi. Pada sektor konsumsi rumah tangga, terjadi ancaman kehilangan pendapatan masyarakat karena selama pemberlakuan PPKM, mereka sulit bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ancaman pengangguran dan kemiskinan pun diprediksi akan meningkat. Kegiatan usaha menurun, yang berdampak kepada ancaman kebangkrutan yang pada akhirnya berdampak pula kepada meningkatnya pengangguran.

photoKPPN Sukabumi. - (KPPN Sukabumi)

Baca Juga :

Siswa dan mahasiswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan maksimal karena kegiatan belajar mengajar dilaksanakan melalui daring. Kebutuhan akan kuota internet otomatis meningkat. Begitu juga dengan kebutuhan perangkat gawai guna mengakses proses pembelajaran secara daring. Sementara pendapatan masyarakat tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena terbatasnya aktivitas ekonomi. 

Sebagai seorang ASN, patut bersyukur karena penghasilan masih terus diterima tanpa ada ancaman pemotongan gaji ataupun pemberhentian. Keberadaan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN Sukabumi di tengah kota, perlu memberikan dampak sosial kepada masyarakat sekitar. Bukan hanya pemberian layanan kepada publik.

Sehingga keberadaan kantor tidak bersifat eksklusif, tetapi berbaur dengan masyarakat sekitar dan memberi manfaat sosial. Untuk maksud tersebut, maka pada Rabu, 10 Maret 2022, KPPN Sukabumi mengadakan kegiatan pemberian santunan kepada 15 anak yatim/piatu yang berada di sekitar kantor. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian Perbendaharaan Harmonis dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan ke-18.

"Eksistensi suatu kantor pemerintahan di masyarakat hendaknya tidak bersifat eksklusif, bisa berbaur dan memberikan pula manfaat sosial kepada masyarakat," kata Plt Kepala KPPN Sukabumi saat memberikan sambutan. 

"Pemberian santunan ini merupakan bentuk kepedulian para pegawai KPPN Sukabumi kepada masyarakat sekitar, terutama anak yatim/piatu yang sangat membutuhkan, agar tetap bisa melanjutkan pendidikan sehingga dapat menggapai impian sebagaimana anak-anak lainnya yang memiliki orang tua. Ditambah lagi di masa pandemi, di mana banyak keterbatasan dan kesulitan," jelas pria asli Sukabumi ini.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Ketua RW 05, Jalil Effendi terharu atas niat baik para pegawai KPPN Sukabumi. Ia mendoakan, agar niat baik para pegawai KPPN Sukabumi ini dibalas oleh Allah SWT dan membuat rezeki para pegawai KPPN Sukabumi tidak buntu, terus mengalir bagaikan air sehingga terus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

SUMBER: SIARAN PERS KPPN SUKABUMI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing