Mal di Kota Sukabumi Dibuka Hingga Pukul 18.00 WIB, Khusus Bagi yang Sudah Divaksin

Selasa 24 Agustus 2021, 02:00 WIB
PPKM Level 4 mengharuskan Pengunjung mal Kota Sukabumi yang akan masuk harus menunjukan kartu vaksin.

PPKM Level 4 mengharuskan Pengunjung mal Kota Sukabumi yang akan masuk harus menunjukan kartu vaksin.

SUKABUMIUPDATE.com - Kota Sukabumi, bersama Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi termasuk daerah di Jawa Barat yang melaksanakan PPKM atau Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat level 4 hingga 30 Agustus 2021 mendatang. 

Berbekal izin dari Gubernur Jawa Barat, mal dan pusat perbelanjaan di Kota Sukabumi hari ini Selasa (24/8/2021) mulai dibuka, uji coba dengan sejumlah persyaratan ketat.

Jajaran Forkompimda melakukan pemantauan uji coba ini di citimall di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi. Izin pusat perbelanjaan non-esensial menerapkan persyaratan ketat kepada pengunjung, salah satunya wajib menunjukkan kartu vaksinasi atau scan barcode menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi saat meninjau pembukaan kembali pusat perbelanjaan Citimall Sukabumi, bersama Kapolres Sukabumi Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Sy Zainal Abidin dan Komandan Kodim 0607 Kota Sukabumi Letnan Kolonel Infanteri Danang Hadi Prasetyo.

“Kita berharap para pengelola pusat perbelanjaan betul-betul berkomitmen dengan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatannya. Para pengunjung harus yang sudah divaksin, anak di bawah usia 12 tahun dan lansia tidak boleh masuk, serta dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas pusat perbelanjaan,” ujarnya. 

Fahmi mengaku tak akan segan menutup kembali pusat perbelanjaan yang kedapatan melanggar ketentuan-ketentuan yang telah diberlakukan. "Kalau melanggar, kita akan minta Pak Kapolres dan Pak Dandim untuk menutup lagi. Kan kita sudah berkomitmen. Operasional sampai pukul 18.00 WIB,” jelasnya. 

photoWali Kota Sukabumi bersama Kapolres meninjau dibuka kembali mal yang harus mengikuti aturan pemerintah PPKM Level 4. - (Istimewa)</span

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy Zainal Abidin mengaku akan mendukung penuh pemerintah daerah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Sukabumi. 

“Kami akan terus melakukan upaya pendisiplinan masyarakat. Kita juga ingatkan pengelola untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan menyusul pembukaan pusat perbelanjaan ini. Sistem ganjil-genap sampai saat ini masih kita terapkan. Untuk pelaksanaan evaluatif, saya pikir semakin hari semakin baik,” ungkapnya.

Persyaratan masuk mal ini mendapatkan komentar beragam oleh pengunjung. Pasalnya sebagian belum tahu dan sebagian lain merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai syarat masuk mal. 

Baca Juga :

Manager Citimall Irwansyah menjelaskan persyaratan untuk bisa masuk mal di Kota Sukabumi. "Alhamdulilah kami sudah bisa buka kembali, tetapi dengan persyaratan hanya boleh masuk 50 persen pengunjung. Untuk kapasitas pengunjung disini mencapai 5.000 jadi hanya 2.500. Tetapi jarang pengunjung sampai jumlahnya segitu dan ada syarat tambahan sekarang pengunjung harus bisa menunjukan kartu vaksin atau scan barcode  dari aplikasi Peduli Lindungi," Ujarnya kepada sukabumiupdate.com Selasa (24/8/2021). 

Salah satu pedagang kacamata di Citimall, Tina (34 tahun) mengatakan, untuk aturan syarat masuk ke mal bisa berdampak ke pengunjung sedikit.  "Ya baru buka hari ini tetapi untuk pengunjung ada syaratnya untuk bisa masuk kesini, terus lagi ganjil genap masih berlaku katanya. Pasti berdampak ke pengunjungnya sedikit, dari pagi juga saya belum ada pembeli," ujarnya.

Sementara salah seorang pengunjung wanita, Nuraida (28 tahun) yang tidak bisa masuk karena belum divaksin mengaku bingung.  "Saya tidak diperbolehkan masuk karena saya belum divaksin, karena lagi hamil. Tidak tahu harus ada scan barcode dari aplikasi peduli lindungi, disuruh mendownload dulu tapi ribet, udah ajah balik lagi," ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)