Wakili Sukabumi, Mahasiswa Universitas Nusa Putra Ikuti KMHE 2021 Tingkat Nasional

Jumat 06 Agustus 2021, 09:22 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa Universitas Nusa Putra tahun ini kembali mewakili Sukabumi dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 tingkat nasional.

Pada tahun 2020, Universitas Nusa Putra juga sukses meraih gelar Juara Harapan II pada kontes serupa. KMHE 2021 kali ini, tim Universitas Nusa Putra diwakili oleh 5 orang mahasiswa Prodi Teknik Mesin yaitu Maya Siti Nurkholifah (manajer tim), Erik Herdiansyah (driver utama), Ardi Rizaldi (driver cadangan), Heru Maulana (anggota 1), dan Nicolas Mezzalira (anggota 2).

Maya, selaku manajer tim, mengungkapkan bahwa untuk lomba tahun ini dirancang mobil listrik Heulang EV-02 yang merupakan penyempurnaan dari mobil Heulang EV-01 yang dirancang tahun lalu. 

Penyempurnaan yang dilakukan terutama pada peningkatan kekuatan sasis dan mekanisme rem yang digunakan. Penyempurnaan ini ditujukan terutama untuk meningkatkan keamanan dalam penggunaan mobil listrik yang dirancang.

Mukhlis Ali, selaku dosen pembimbing, mengungkapkan bahwa untuk mengikuti lomba kali ini dilakukan persiapan terutama untuk menguatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang mobil listrik. Dalam perancangan mobil listrik ini dimanfaatkan beberapa perangkat lunak seperti Matlab/Simulink untuk perhitungan target kinerja mobil, Autodesk Inventor untuk perancangan mobil bail dalam gambar 2D dan 3D, serta Ansys untuk simulasi aerodinamika dan kekuatan sasis mobil. Mukhlis menambahkan bahwa tim kali ini cukup beruntung karena dibantu Dwi Lestari, dosen teknik mesin alumnus NTUST Taiwan yang merupakan ahli di bidang simulasi Matlab/Simulink dan Ansys.

Dwi Lestari yang juga menjabat selaku Kaprodi Teknik Mesin menyampaikan bahwa mahasiswa Nusa Putra secara umum mempunyai motivasi yang cukup baik dalam mengikuti berbagai kemahasiswaan. Hanya memang perlu pendampingan secara terus menerus agar kompetensinya terus meningkat dan dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain yang sudah lebih lama mengikuti KMHE. 

Baca Juga :

Oleh karena itu pihaknya bekerjasama dengan Kemahasiswaan Universitas Nusa Putra berupaya terus memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi nasional dan internasional. Bahkan, pihaknya akan membentuk suatu unit khusus yang akan menangani peningkatan prestasi mahasiswa ini di tingkat Prodi sehingga ada keberlanjutan dan peningkatan prestasi secara terus menerus. Unit ini rencananya akan diluncurkan pada bulan ini juga, sehingga dapat segera bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan tersebut.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Muhammad Muslih berharap tim KMHE tahun ini dapat berprestasi lebih baik dari tahun kemarin. Selain itu ia mengaku cukup terkejut karena anggota tim ini justru berasal dari daerah-daerah di Kabupaten Sukabumi seperti Cisaat, Ciambar, dan Parakansalak. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Nusa Putra punya kemauan kuat untuk mendorong mahasiswa dari berbagai daerah untuk berprestasi setinggi mungkin. Oleh karena itu ia mengajak para lulusan SLTA yang ingin maju dan berprestasi untuk tidak ragu kuliah di Universitas Nusa Putra.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich