SENAKOTA Universitas Nusa Putra, Faisal Basri: Akuntan Bantu Sesuaikan Proses Bisnis ke Digital

Selasa 01 Juni 2021, 06:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Senior Ekonom Indef Faisal Basri, S.E., M.A menjadi salah satu narasumber dalam Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi (SENAKOTA) 2021 yang diselenggarakan Universitas Nusa Putra secara virtual. Kegiatan yang bertema ‘Tantangan Pengelolaan Keuangan dalam Pemulihan Perekonomian Nasional di Masa Pandemi’ ini diisi dengan para narasumber yang kompeten dengan pembahasan yang menarik.

Dalam kegiatan tersebut Faisal Basri menyatakan, pandemi Covid-19 yang dampaknya dirasakan secara global menyebabkan pergeseran pola hidup.

Baca Juga :

SENAKOTA Universitas Nusa Putra: Pakar Ungkap Strategi Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi

“Di masa pandemi ini berdampak secara global dimana dampak yang dirasakan oleh tiap organisasi berbeda-beda tergantung dari sifat operasional organisasi. Covid-19 berdampak pada beberapa sektor yang mengakibatkan pergeseran pola hidup karena tidak bisa beraktivitas sebagaimana biasanya sehingga kebutuhan hidup juga mengalami perubahan, seperti dalam sektor tekstil, sektor kesehatan, sektor makanan dan minuman, dan lain-lain,” ungkap Faisal Basri yang menyampaikan Materi Terkait Perekonomian Indonesia.

Faisal juga mengungkapkan bahwa pembatasan sosial yang terjadi selama pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas masyarakat di luar rumah berkurang. Hal ini meningkatkan ceruk pasar e-commerce terutama sektor ritel dan grosir, seperti penjualan yang meningkat sebesar $ 2,4 miliar atau 3,6 triliun.

Strategi pada era digital memberikan efisiensi operasional. Untuk memperbaiki perekonomian maka profesi akuntan harus membantu perusahaan, pengusaha, UMKM untuk menyesuaikan dan restrukturisasi proses bisnis menuju ke digital. 

Selain itu, beliau mengungkapkan sangat senang dapat diundang dalam acara Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi di Sukabumi dikarenakan beliau pernah menetap di Sukabumi dalam waktu yang cukup lama dan sudah menganggap Sukabumi seperti rumah keduanya.

Sementara itu, Seminar Nasional Ekonomi dan Akuntansi (SENAKOTA) 2021 Universitas Nusa Putra diselenggarakan dengan tujuan mencari solusi dari pandemi Covid-19 yang berdampak ke berbagai sektor, terutama ekonomi.

Mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi terlebih dalam situasi pandemi Covid-19. Dampak Covid-19 terhadap perekonomian dan keuangan memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbagai tantangan dalam pengelolaan keuangan kian bermunculan. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah ini sangat mempengaruhi manajemen keuangan banyak orang. Kondisi luar biasa ini menyebabkan pemerintah harus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang biasanya tidak dilakukan dalam kondisi normal agar keadaan ekonomi negara tidak kacau.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life12 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Cara Melatih Kesabaran Anak Agar Bermental Kuat Saat Tumbuh Dewasa

Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti.
Ilustrasi - Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti. (Sumber : Pexels/Matilda Wormwood).
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 14:26 WIB

Apresiasi Geopark Ciletuh Run 2024, DPRD Sukabumi: Berdampak ke Ekonomi Masyarakat

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengapresiasi perhelatan Geopark Ciletuh Run 2024, yang digelar hari ini, Minggu, (12/5/ 2024) di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.
Andri Hidayana, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi saat hadir dalam acara Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 14:00 WIB

Sering Disepelekan Orang Tua, 5 Dampak Buruk Sering Berbohong kepada Anak

Kebiasaan berbohong kepada anak sesungguhnya tidak baik dalam masa asuhnya. Bahkan cenderung memiliki bahaya yang efeknya tergolong negatif.
Ilustrasi - Kebiasaan berbohong kepada anak sesungguhnya tidak baik dalam masa asuhnya. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production).
Life12 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Manfaat Bermain Sendiri untuk Anak-Anak yang Bantu Menumbuhkan Imajinasi

Ketika anak bermain sendiri, hal ini akan membangun keterampilan serta kemandirian dan meningkatkan kreativitas mereka.
Ilustrasi - Imajinasi selalu bergerak ketika orang tua mendorong anaknya untuk bermain sendiri. (Sumber : Pexels.com/@Polesie Toys).
Life12 Mei 2024, 13:15 WIB

Terbelenggu dalam Kesengsaraan: 10 Gaya Hidup Orang Miskin yang Bikin Sulit Kaya

Ada beberapa gaya hidup orang miskin yang membuatnya sulit kaya.
Ilustrasi - Ada beberapa gaya hidup orang miskin yang membuatnya sulit kaya. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio)
Sukabumi12 Mei 2024, 13:08 WIB

600 Peserta Meriahkan Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi ini diikuti oleh 600 peserta yang berasal dari berbagai daerah
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat melepas 600 peserta Geopark Ciletuh Run 202, Minggu (12/5/2024) | Foto : Dokpim
Sehat12 Mei 2024, 13:00 WIB

Tetap Bisa Makan Enak, 7 Makanan Rendah Purin yang Aman untuk Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@Vanessa Loring).
Jawa Barat12 Mei 2024, 12:33 WIB

Anggota DPRD Jabar Hasim Adnan Tinjau Jembatan Rusak di Curugkembar Sukabumi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasim Adnan akan mendorong anggaran pemprov Jawa Barat untuk perbaiki Jembatan Cibodas rusak di Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi.
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan saat meninjau jembatan Cibodas Curugkembar Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life12 Mei 2024, 12:30 WIB

Wajib Diterapkan Bund! 5 Tips Jitu Mengajari Anak Berpikir Sendiri Sejak Dini

Membesarkan anak yang tidak mengikuti orang banyak lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.
Ilustrasi - Membesarkan anak agar mereka dapat berpikir sendiri menjadi tantangan bagi orang tua. (Sumber : Pexels.com/@Karolina Grabowska).
Life12 Mei 2024, 12:00 WIB

Patut Diterapkan, 5 Cara Membangun Keterampilan Sosial Anak Dari Rumah

Aktivitas mudah yang berfokus pada mendengarkan, berinteraksi, dan bercerita ini akan membuat anak Anda tetap terlibat secara sosial sepanjang hari bahkan di rumah.
Ilustrasi - Membangun keterampilan sosial anak dapat dimulai dari rumah dengan hal sederhana. (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova).