FKUB Kota Manado Belajar Kerukunan Beragama di Kabupaten Sukabumi

Kamis 15 April 2021, 16:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik kunjungan kerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado dengan tujuan melakukan kajian komparatif tentang kerukunan umat beragama di Kabupaten Sukabumi.

Rombongan FKUB Kota Manado yang dipimpin Pendeta Renata T Ticonuwu ini diterima Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri di Pendopo Sukabumi, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga :

Pendeta Renata T Ticonuwu, menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi atas penerimaan kunjungan kerja FKUB Kota Manado. "Kami bermaksud melakukan studi banding mengenai kerukunan umat beragama di Kabupaten Sukabumi dan belajar bagaimana saling menghargai kerukunan antar umat beragama," terangnya .

Menurut Pendeta Renata, Pemkab Sukabumi dinilai mampu menjaga kerukunan antar umat beragama demikian juga di kota Manado sejauh ini dapat menjaga hubungan baik umat beragama dan tidak terjadi hal-hal yang bisa mengganggu kerukunan.

Sementara itu, dalam sambutannya Iyos mengatakan suatu Kehormatan dapat menerima kunjungan kerja FKUB Kota Manado untuk Studi banding tentang kerukunan umat beragama.

Hal itu kata Wabup sangat penting mengingat kerukunan umat beragama merupakan salah satu modal dasar untuk merealisasikan suksesnya pembangunan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Melalui kunjungan kerja ini, saya harapkan dapat menjadi sarana yang tepat untuk bertukar informasi, wawasan dan pengalaman dalam mengelola kerukunan umat beragama  termasuk dalam memberikan layanan dan fasilitas kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama" jelasnya.

Iyos menambahkan, menerapkan nilai nilai beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional maupun global, sebab nilai-nilai tersebut merupakan kebajikan yang mendorong terciptanya harmoni sosial dan keseimbangan dalam kehidupan personal keluarga dan masyarakat.

"Saya menyambut baik kunjungan kerja ini apalagi didalamnya ada penerapan moderasi beragam untuk menjaga kerukunan umat beragama di masing-masing daerah melalui sinergitas informasi dan data pendukung dalam penerapan moderasi beragama, semua itu dilakukan untuk merawat kerukunan serta bersama-sama mencegah serta melawan radikalisme dan terorisme" pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)