TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Minta Tambang di Lokasi Hiroshima 2 Sukabumi Setop Sementara, Polisi Panggil Semua Pihak

Rabu 7 Apr 2021, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Polemik aktivitas perusahaan tambang dan pengolahan batu andesit di kawasan Gunung Kekenceng, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi masih berlanjut. Kini pihak kepolisian telah meminta perusahaan menyetop sementara aktivitas yang berdekatan dengan kompleks Hiroshima 2 itu.

"Iya kemarin saya bilang begitu, minta tolong dulu ke pihak perusahaan jangan melakukan aktivitas dulu," kata Kepala Kepolisian Resor Sukabumi Kota Ajun Komisaris Besar Polisi Sumarni kepada sukabumiupdate.com, Rabu, 7 April 2021 melalui sambungan telepon.

Keputusan ini diambil hingga duduk perkara dari aktivitas tambang yang dituding mengancam kompleks Hiroshima 2 tersebut mendapat kejelasan dari seluruh pihak.

"Sudah dipanggil beberapa pihak. Kita juga sudah minta pihak Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Sukabumi untuk sama-sama kita ngecek ke lapangan," jelas Sumarni.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Sukabumi Kota Ajun Komisaris Polisi Cepi Hermawan menambahkan seluruh pihak yang terlibat, termasuk sejumlah satuan kerja perangkat daerah atau SKPD di Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat, akan meninjau lokasi pertambangan tersebut pada Kamis, 8 April 2021.

Baca Juga :

Hiroshima 2, Warisan Jepang di Sukabumi yang Kini Terancam Aktivitas Tambang

"Harus ditangani semua pihak karena terkait pertambangan, nanti apakah mereka ada izin resmi dari pemerintah. Kita juga akan mengkonfirmasi soal cagar budaya itu," ungkap Cepi.

Cepi mengaku belum bisa memberikan informasi apapun ihwal penanganan kasus tersebut hingga diperoleh informasi yang utuh.

"Kita harus tahu dulu apakah dia punya izin atau tidak. Kalau dia misalkan tidak ada izin, bukan hanya disetop, kita berhentikan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Kekenceng yang terletak di Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi saat ini terancam aktivitas eksploitasi salah satu perusahaan tambang dan pengolahan batu andesit.

Gunung yang berdekatan dengan Hiroshima 2 ini tengah dibongkar oleh perusahaan yang dipertanyakan perizinannya.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x